Motor Honda WIN adalah salah satu motor edisi lama Honda. Motor Honda WIN terkenal dengan sebutan motor lurah atau camat. Hal ini karena, setiap lurah dan camat yang berdinas akan mendapatkan fasilitas kendaraan ini. Saat ini motor ini terkenal sebagi motor laki untuk sport touring.

Honda WIN pertama kali ddiproduksi tahun 1980 an. Saat itu, motor ini sangat terkenal. Namun, memasuki era 2000 an, pamor motor ini meredup. Hingga memasuki tahu 2017 an, Honda WIN kembali menarik perhatian masyarakat.

Nama Honda WIN mulai menjadi primadona lagi saat ini. Sehingga, tidak heran jika Honda WIN dijual dengan harga yang lumayan menguras kantong. Bahkan terkadang tidak masuk akal.

Motor ini dapat mencapai harga 50 jutaan. Harga tergantung banyak hal. Misalnya keoriginalan motor atau modifikasi yang dilakukan pada motor. Selain itu ada yang menawarkan dengan harga 4 jutaan. Namun dengan kondisi dengan kondisi bahan atau seadanya.

Honda WIN terkenal sebagai motor yang bandel. Selain itu, motor ini terkenal dengan memiliki tenaga yang cukup besar. Sehingga tidak heran jika motor ini banyak digunakan dan dibuat menjadi motor trail.

Sementara itu ternyata motor ini juga sangat ramah terhadap lingkungan hal ini juga berkat adanya mesin 4 tak dengan kapasitas mesin 100 cc.
Sementara itu motor ini juga menggunakan bahan bakar premium sehingga akan lebih hemat ongkos.

Jadi, selain motor ini adalah motor jadul Honda WIN juga terkenal dengan spesifikasinya yang bagus. Lalu, fitur apa saja yang dimiliki motor ini?. Apa kelebihan dan kekuranagn motor yang satu ini?. Berikut ulasannya untuk Anda.

Spesifikasi Motor Honda WIN

motor honda win

Selain merupakan motor klasik, spesifikasi motor ini juga menjadi pertimbangan. Honda WIN dilengkapi dengan mesin yang bandel. Bahkan motor ini mendapatkan julukan”Asalkan ada bensi, motor pasti jalan”. Hal ini karena perawatan mesinya yang mudah.

Hal ini karena mesin horizontal yang mudah untuk diservis maupun dibersihkan. Sparepart Honda WIN masih mudah ditemui di bengkel – bengkel. Sebab ebagian besar sparepart mesin sama dengan generasi honda c 100 lainnya seperti klep, kampas kopling, plat kopling, bisa substitusi dengan motor honda lain macam honda grand.

Mesin Horizontal memiliki kapasitas skitar 97,2 cc. Selain itu, tenaga yang dihasilkan terbilang besar jika dibandingkan bebek horizontal zaman now. Motor ini dapat meghasilkan 10,8 HP pada 8000 RPM, dan torsi 9,2 NM pada 6000 RPM. Sehingga, untuk kapasitas mesin 100 cc horizontal 4 langkah sampai saat ini mesin inilah yang paling besar tenaga maupun torsinya.

Motor Honda WIN ini juga dibekali dengan teknologi OHC. Teknologi ini menjadikan perfoma mesin motor makin tangguh. Selain itu Honda juga melengkapinya dengan transmisi manual 4 speed maju mundur khas motor sport. Konsumsi bahan bakarnya pun tergolong irit jika dalam kondisi standart dan sehat angka 50 km/ liter bukan angka yang sulit dicapai.

Sedangkan dibagian dalam mesin motor ini juga terdapat di berpadingan kompresi sebesar 8,8 : 1 dengan ukuran diameter bore dan stroke 50 x 49,5 mm. Pada honda win produksi 1980-1990 paling di gemari karena meski tua secara umur tapi banyak part mesinnya masih impor dari Jepang hal itu ditandai dengan tulisan made in Japan pada blok mesinnya.

Motor Honda WIN memilik tubuh yan ramping dan kecil. Bobot Honda WIN hanya sekitar 100kg. Sedangkan untuk panjang motor sekitar 1910 mm, lebar 700 mm serta tinggi motor yang mencapai 1065 mm. Sehingga moto ini dianggap sangat cocok untuk orang Indonesia.

Motor ini semakin sporty dengan tangki motor yang kecil. Dimana posisi tangki hampir sejajar dengan posisi jok. Daya tampung tangki bensin sebesar 8 liter.

Honda WIN memiliki posisi stang motor yang cukup tinggi akan membuat kalian lebih nyaman dalam mengendarai motor. Mengandalkan sistem rangka berupa Diamond Steel, motor sport touring ini juga sangat mengandalkan roda-roda yang berukuran cukup besar. Dimana motor ini menggunakan velg ukuran 18 inchi dengan ukuran ban depan sebesar 2,75 – 18 – 42P dan belakang yang berukuran 3,00 – 18 – 44P.

Kelebihan Motor Honda WIN

Sama dengan motor pada umumnya, tentu motor yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurang ini lah yang dapat menjadi acuan unuk melakukan perawatan pada motor ini.

Motor jadul yang satu ini menjadi motor yang mudah untuk dimodifikasi. Hal ini adalah kelebihan dari Honda WIN. Banyak yang memodifikasi motor ini menjadi motor trail yang sesuai dengan keinginan pemilik. Bahkan ada juga yang memodifikasi menjadi bentuk ceper.

Baca Juga: Motor Mogok: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya

Kelebihan selanjutnya dari motor ini tentu saja keiritannya. Motor ini juga terkenal sangat irit. Dengan jarak 50 km, motor ini hanya menggunakan 1 liter bensin. Ditambah Honda win juga mempunyai mesin yang bandel.
Hal ini merupakan kelebihan dar Honda WIN juga. Sehingga, orang sangat menyukai motor klasik yang satu ini.

Perlu di ketahui rantai kenteng nya mampu menembus waktu belasan tahun. Sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya. Memang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi motor keluaran jepang itu lebih awet bila di bandingkan dengan negara lain.

Kelebihan selanjutnya dari motor ini adalah part yang sangat banyak di pasaran, sehingga memudahkan para pengguna jika terjadi masalah. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan untuk motor yang tergolong jadul.

Motor Honda WIN Kembali diminati Masyarakat, Berikut Spesifikasinya 1
Motor Honda WIN
(Sumber Gambar: Google)

Kekurangan Motor Honda WIN

Itulah kelebihan dari Honda WIN yang tentu menjadi alsan utama kenapa motor jadul ini diminati. Namun, dibalik itu semua tentu motor ini juga mempunyai kekurangan. Tentu saja kekurangganya berkaitan dengan “jadul”. Hal ini karena motor ini merupakan motor lama.

Kekurangan yang pertama dari motor Honda WIN adalah penggunaan tromol bagian depan maupun belakang. Selain itu, karena motor jadul, Honda WIN masih serba manual. Mungkin ini akan sedikit merepotkan bagi anak zaman sekarang. Mengingat, motor zaman sekarang yang semuanya serba elektrik.

Selain itu, Suspensi yang di gunakan juga masih tergolong masih kecil yakni berukuran diameter tabung nya 27mm seperti ukuran pada motor bebek umum nya. Selanjutnya adalah design Honda WIN.

Baca Juga: Motor Trail Mini yang Cocok untuk Pemula, Ada 4 Rekomendasi!!!

Kelebihan dan kekurangan pasti selalu dimiliki pada setiap motor. Termasuk Honda WIN. Motor yang kini mulai jadi incaran para kolektor atau pecinta motir jadul memiliki harga jual yang cukup tinggi. Motor Honda WIN masih sangat pas untuk di miliki untuk era saat ini. Hal ini karena motor ini tidak hanya klasik namun juga memiliki tenaga yang bandel. Sehingga dapat bisa di perhitungkan untuk dijadika kendaraan pilihan.

Baca Juga: Mobil Terbaru Honda: 5 Mobil Terbaru, Mewah dan Ramah dikantong!

Untuk harga, tidak ada angka pasti untuk motor ini. Semua tergantung dari keoriginalan motor. Ataupun hal – hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *