Motor Honda Monkey 2019! Rilis di Indonesia Dengan Harga Fantastis!

Motor Honda Monkey

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar motor Honda Monkey? Terdengar unik dan lucu bukan?. Sudah pasti terbersit dipikiran kita dengan seekor monyet kecil yang lincah.

Ternyata Honda Monkey memang se lincah dan ukuran nya pun mungil seperti ukuran sosok yang kita pikirkan tersebut. Honda Monkey hadir dengan desainnya yang mini.

Dan ternyata motor mini Honda ini sudah rilis tapi baru di negara tetangga kita yaitu Malaysia untuk negara Indonesia rencananya akan segera rilis di bulan Juli 2019.

Harga Indonesia Motor Honda Monkey 2019

Motor Honda Monkey terkenal karena desain nya yang sangat ikonik legendaris berdimensi mungil.

Honda Monkey di Malaysia dipasarkan dengan harga 13.999 Ringgit atau setara Rp48,8 juta jika di kurs Rupiah kan.

Penampakan sekilas dari motor ini seperti layaknya motor mainan untuk anak-anak, tapi siapa sangka jika Honda Monkey ini memiliki mesin berkapasitas 125 cc.

Dikarenakan bentuknya yang kecil dan persis mainan anak sebab itulah motor mungil ini mendapat julukan Honda Monkey. Honda Monkey ini sebenarnya telah diproduksi sejak tahun 1963.

Pabrikan Honda membenamkan kode Z50 ke Honda monkey dan series ini hadir di segmen motor mini.

Generasi terbarunya yang baru dirilis di Malaysia memiliki mesin berkapasitas 125 cc.

Sejak diproduksi dari tahun 1963 lalu, Honda Monkey memiliki segmen pasarnya sendiri yakni penggemar motor mungil.

Memang Motor Honda Monkey ini belum dipasarkan secara resmi di tanah air maka dari itu bagi para peminat motor mini ini mereka membeli Honda Monkey melalui jasa importir umum.

Ada 3 pilihan warna menarik yang ditawarkan untuk pemasaran di malaysia dari Honda Monkey yakni Pearl Nebula Red, Pearl Gliterring Blue, dan Banana Yellow.

Motor Honda Monkey Berkapasitas mesin besar.

Motor Honda Monkey 2019
Mesin Honda Monkey 2019

Beberapa seri Honda Monkey ini diantaranya Z50A, Z50J, Z50M, Z50R, dan ZB50.

Sebenarnya Honda sempat mengakhiri penjualan Honda Monkey pada Agustus 2017 lalu. Tentu saja perilisan Honda Monkey edisi terbaru ini akan memunculkan pertanyaan.

Honda Monkey ini juga telah resmi dirilis di Malaysia pada September 2018 lalu.

Honda Monkey edisi Malaysia ini menggunakan mesin 125S SF yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara, PGM-Fl yang mampu mengatrol tenaganya.

Berbicara kapasitas mesinnya yang mencapai 125 cc, Honda Monkey mampu menghantarkan tenaga maksimal sebesar 9,6 tk dan torsi 10,5 Nm.

Tenaga tersebut ditransferkan ke roda belakang dengan sistem transmisi 4-percepatan manual. Selain itu motor mini ini memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 5,6 liter.

Seperti pendahulunya, Honda Monkey terbaru hadir dengan desain klasik dan bernuansa retro seperti model Honda Monkey 50cc.

Kendati demikian Honda tetap menyematkan fitur keselamatan modern seperti rem double cakram dengan dimensi 220 mm di bagian depan dan 190mm di bagian belakang. Jarak tinggi tempat duduk hanya sebesar 776 mm saja.

Bobot motor ini sekitar 107 kg dan punya jarak sumbu roda 1.181 mm dengan ketinggian jok 777 mm, serta menggunakan material tebal yang empuk.

Dengan bentuk dan ukuran tersebut menjadikan posisi berkendara tak terlalu menyulitkan.

Dan untuk tinggi rata-rata orang dewasa Indonesia tentu masih bisa menikmati. Setang motor juga dibuat dengan posisi agak tinggi.

Sistem pencahayaan Honda Monkey juga sudah didukung dengan teknologi lampu LED yang lebih terang dan tajam.

Motor mini ini tampil dengan Lampu utama bergaya klasik dengan desain retro membulat dan speedometer yang berbentuk digital.

Pemakaian rem menggunakan cakram, 220 mm di depan dan 190 mm di belakang. Untuk lebih menjamin keselamatan disertakan juga fitur pengereman dengan antilock brake system (ABS).

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan starter elektrik. Suspensi depan Monkey sudah upside down dan suspensi belakang ganda dengan travel 104 mm, terbilang cukup untuk peredaman motor berukuran mini.

Meski di pasaran Malaysia Honda Monkey dijual di kisaran harga Rp 40 jutaan, namun untuk pasar Eropa motor mungil tersebut dipasarkan dengan harga lebih mahal seharga EUR 4090 atau setara Rp71,5 juta.

Motor ini menggunakan Velg berukuran 12 inci 10 palang dan dibalut ban tebal, meningkatkan aura retro sekaligus nilai fungsi pengendaraan dan pengendalian.

Harga Honda Monkey di Indonesia memang belum resmi dirilis tapi Kemungkinan harganya tidak berbeda jauh dengan Super Cub C125 yang dijual Rp 55 juta di sini.

Bicara tentang desain motor honda monkey yang tidak kalah menarik nya adalah pada tampilan luar yakni lengan ayun dan suspensi depan memakai warna senada bodi.

Warna putih pada tangki bagian bawah menguatkan aura klasik. Deteksi elemen klasik lain pada lampu depan, spion dan lampu belakang memakai desain bulat.

Lampu dan sein belakang desainnya menyatu dan sangat retro. Sementara lapisan chrome bisa dijumpai pada beberapa bagian motor.

Sedikit berbeda dari pendahulunya, Honda Monkey baru kurang pas kalau disebut mini trail. Mungkin lebih cocok mini ADV dengan penggunaan urban, sesekali ke kawasan sub-urban.

Dikarenakan tidak adanya pelat pelindung di bawah mesin. Sedang ban tebal berukuran 120/80 di depan dan 130/80 ban belakang lebih cocok untuk penggunaan jalan lebih mulus.

Lalu bagaimana dengan Konsumsi BBM nya? Mesin Monkey berkode MSX125 dayanya mencapai 9,6 hp pada 7.000 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 5.500 rpm.

Teknologi injeksi andalan PGM-Fi sudah dibenamkan. Penyalur daya 4-speed dengan tuas kopling. Itu bakal sedikit merepotkan bagi yang ingin berkendara lebih santai.

Tangki bahan bakar bisa diisi penuh sampai 5,6 liter. Yang menarik, klaim konsumsi bbm dari Honda di benua Eropa, Monkey bisa menempuh 67 km dengan satu liter bensin.

Itu artinya dapat kita asumsikan Honda Monkey dalam keadaan tangki full BBM dapat menempuh jarak lebih dari 350 Km.

Berikut Spesifikasi Honda Monkey 2019
– Tipe mesin: Pendingin udara satu silinder
– Kapasitas Mesin: 125 cc
– Tenaga dan Torsi: N/A
– Transmisi: 4 percepatan
– Rangka: Steel backbone
– Jarak Sumbu Roda: 1.150 mm
– Tinggi Jok: 777 mm
– Suspensi Depan: Inverted 31 mm
– Suspensi Belakang
– Rem Depan: Dua piston kaliper 220 mm
– Rem Belakang: Satu piston kaliper 190 mm
– Kapasitas Tangki: 5,6 L
– Bobot : 107 kg

Baca Juga : “Cairan Anti Bocor Ban Tubeless? Sebelum Pakai Simak Dulu Plus Minusnya Yuk!

Demikian tadi sekilas info terkait motor honda monkey yang resmi rilis di Indonesia sekitar bulan Juli 2019.

Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang geliat dunia otomotif sekarang ini.

Dan dapat juga memberikan manfaat terutama bagi anda yang sedang mencari informasi terkait dengan motor honda monkey tersebut. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.