Motor CRF bekas mungkin dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ini memiliki trail dengan harga yang lebih murah. Sehingga, dapat disesuaikan dengan dana yang terbatas. Meskipun bekas, biasanya motor CRF masih mempunyai kwalitas yang baik.

Motor CRF merupakan merk dari Honda. Dimana merk ini masih merajai motor trail di Indonesia. Honda mulai ikut meramaikan pasar motor trail sejak hampir dua tahun lalu tapatnya tahun 2017.

Berbeda dengan motor bekas matic ataupun konvensional yang banyak dijual lewat diler motor bekas. Motor trail seperti Motor CRF bekas jarang sekali dijual kembali lewat diler motor bekas. Biasanya peredaran motor bekas seperti ini dilepas kepada sesama penyuka atau terbatas hanya di antara komunitas.

Kebanyakan motor CRF bekas yang dijual masih dalam keadaan bagus. Hal ini karena motor ini belum lama dirilis di pasaran. Namun, alangkah lebih baiknya Anda tetap mengetahui hal – hal yang harus diperhatikan ketika memutuskan membeli CRF bekas.

Sebelum kita membahas hal – hal yang perlu diperhatikan saat membeli Motor CRF bekas. Berikut akan kami sampaikan jeni – jenis motor CRF yang ada dipasaran. Sehingga, Anda tidak hanya dapat membeli motor trail sesuai keuangan namun juga, sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Motor CRF

Meskipun motor CRF belum lama meramaikan pasar motor trail namun, motor ini sudah banyak tersedia dalam berbagai series. Bahkan setiap jenis juga terdapat banyak pilihan dari setiap series. Tentu saja setiap series dilengkapi dengan keunggulan dan kekurangganya masih – masing.

Series yang pertama adalah honda CRF-F. Series CRF-F ini juga memiliki banyak pilihan. Total ada delapan pilihan yang akan membuat Anda biingung ketika memilih series ini. Motor yang termasuk kedalam series ini adalah CRF50F, CRF70F, CRF110F, CRF80F, CRF100F, CRF125F, CRF150F,dan CRF230F.

Series ini dirakit tanpa mengusung teknologi canggih didalamnya. Apalagi jika kita bandigkan dengan series CRF lain yang sudah memiliki kecanggihan.

Series selanjutnya adalah Honda CRF-R. Motor ini memang dirakit khusus untuk kompetisi. Sehingga, semua spek motor ini sangat memadai untuk melakukan kompetisi. Series ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kompetisi motorcross.

Jadi, motor ini dapat jadi pilihan jika Anda masih bingung memilih motor untuk motorcross. Motor ini juga tersedia dalam banyak pilihan series. Pilihan tersebut adalah CRF150R, CRF250R, dan CRF450R.

honda crf bekas

Series ketiga yang akan dibahas adalah Honda CRF-X. Motor ini juga dirancang untuk bekompetensi. Namun, motor ini khusus untuk kompetisi enduro. Motor yang termasuk dalam keluarga series ini adalah CRF250X dan CRF450X. Motor ini memiliki starter elektrik, lampu, dan tangki yang lebih besar. Sehingga akan sangat cocok untuk balapan enduro.

Honda CRF-RX menjadi series selanjutnya. Motor ini dilengkapi dengan starter elektrik, tangki bensin lebih besar, dan pelek belakang berukuran 18 inci. Hal ini dikarenakan peruntukannya untuk kompetisi hard enduro, hare scramble, hingga kompetisi Grand National Cross Country (GNCC).

Honda CRF selanjutnya adalah series yang mungkin paling terkenal dimasyarakat. Series tersebut adalah Honda CRF-L. Honda CRF-L dilengkapi dengan banyak perabotan yang membuatnya aman dikendarai di jalan raya seperti spion dan lampu-lampu. Keluarga dari series ini adalah CRF150L, CRF250L Rally, sampai CRF1000L Africa Twin.

Series yang terakhir adalah Honda CRF-M. Montor ini merupakan motor supermoto. Apa itu motor supermoto?. Supermoto adalah hasil persilangan antara motor trail dengan motor jalan raya. Bentuk motor ini terlihat tinggi dan macho layaknya trail. Namun bannya halus dan nyaman untuk melaju di jalan raya.

Namun, walaupun merupakan motor persilangan, motor ini akan terasa kurang nyaman digunakan berkendara di jalanan semi off-road dan off-road. Ukuran ban depan dan belakang motard biasanya sama, yakni memakai ukuran ring 17 inci. Sementara, motor trail diatur dengan ban depan yang lebih besar dari ban belakang.

Harga Motor CRF Bekas

Harga motor CRF baru tentu saja berbeda – beda. Sehingga ini akan berpengaruh pada harga bekasnya. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa motor trail ini belum lama dirilis. Jadi, meskipun bekas motor CRF pasti tidak banyak mengalami penurunan kwalitas.

Harga bekas motor ini berbeda – beda setiap pasaran dan juga seriesnya. Namun harga motor crf bekas dimulai dari 26 juta samapi 33 juta. Karena masih keluaran baru, motor bekasnyapun masih sulit ditemui. Karena biasanya motor ini berda di komunitas tertentu saja.

Tips Membeli Motor CRF Bekas

Meskipun bekasnya masih tergolong baru juga. Namun, Anda tetap masih harus memperhatikan saat melakukan pembelian. Berikut adalah hal – hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama yang harus diperhatikan ketika memutuskan membeli Motor CRF bekas adalah memastikan mesin. Pertama pastikan kondisi seal sokbreker bebas dari rembesan oli. Selanjutnya cek unitrack dari kotoran serta pastikan kelistrikan berfungsi normal. Terakhir, bagian mesin harus bebas dari rembesan oli.

Selain perlu memperhatikan mesin, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal diluar mesin motor. Hal – hal tersebut seperti kebutuhan Anda membeli motor CRF. Banyak sekali series motor CRF. Bahkan untuk kompetisi motor ini memiliki seriesnya masing –masing. Sehingga, Anda perlu memastikan keperluannya agar tidak salah pilih.

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengecek harga pasaran. Carilah informasi sebanyak banyaknya mengenai motor yang Anda inginkan. Jangan sampai harganya kemahalan ataupu harganya yang murah namun mengecewakan.

Baca Juga: Motor Vespa Matic: Tips Simple Merawat Vespa Matic

Saat membeli motor CRF bekas, pastikan Anda juga melihat fisiknya secara langsung. Hal ini untuk mengecek kondisi mesin motor. Selain itu, Anda dapat melakukan test ride sebelum membelinya. Hal ini juga sangat penting dilakukan. Karena Anda dapat mengetahui secara langsung masalah dalam motor tersebut.

Melihat secara fisik selain dapat mengetahui kwalitas mesin dan test ride, Anda juga dapat mengetahui adanya modifikasi atau tidak di motor tersebut. Motor yang dimodifikasi juga dapat mempengaruhi harga motor tersebut.

Saat melakukan ini Anda dapat membawa orang yang ahli dalam mesin atau orang yang sangat paham tentang motor trail. Sehingga, dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan membeli motor tersebut.

Setelah itu, pastikan surat dan dokumen motor yang akan dibeli semuanya lengkap. Melihat secara fisik selain dapat mengetahui kwalitas mesin dan test ride, Anda juga dapat mengetahui adanya modifikasi atau tidak di motor tersebut. Motor yang dimodifikasi juga dapat mempengaruhi harga motor tersebut.

Terakhir adalah mintalah bukti pembelian kendaraan. Hal ini akan berguna ketika Anda melakukan balik nama motor. Selain itu, jika ada masalah bukti pembelian dapat dijadikan barang bukti untu Anda.

Informasi diatas dapat Anda jadikan sebagai dasar ketika Anda ingin membeli motor CRF bekas. Series motor, harga pada umumnya, dan juga tips membeli dapat meminimalisir kesalahn saat nda membeli motor CRF bekas. Last update: 04/12/2020 by orapada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *