Modifikasi Jok Motor: Yuk, Pastikan Nyaman untuk Harian!

Modifikasi Jok Motor – Banyak sekali komponen motor yang dapat dimodifikasi. Entah tujuan untuk semakin keren atau memang perlu dimodifikasi untuk kenyaman dan kemanan saat berkendara. Nah, salah satu bagian atau komponen yangs ering dimodifkasi adalah jok motor.

Maka jangan heran ya, sebab modifikasi jok motor adalah hal yang lumrah. Sebab, modifikasi jok motor tidak hanya dilakukan oleh pengemar modifikasi, namun juga oelh orang biasa. Dimana mereka ingin jok mereka lebih nyaman saat diduduki.

Saat ini banyak sekali jenis jok baik bahan maupun motif yang tersedia dipasaran. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa jok yang akan Anda pilih akan membuat Anda semakin nyaman apalagi ketika berkendara dengan jarak jauh,

Tips Modifikasi Jok Motor

Karena semakin banyaknya pilihan saat modifikasi jok motor, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memodifikasinya. Jangan sampai, Anda hanya memiliki jok motor yang memiliki desain keren, namun ternyata membuat duduk Anda saat mengemudi tidak nyaman.

Maka, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan modifikasi jok motor. Mengingat, salah satu hal penting yang wajib diperhatikan saat berkendara adalah kenyamanan. Motor digunakan setiap hari untuk beraktivitas.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Jok Motor Agar Awet dan Tidak Kusam

Nah, apabila jok tidak empuk atau nyaman pasti akan berakibat pegal pada badan. Ini tentu akan mempengaruhi aktivitas. Jadi, mari kita simak mengenai tips modifikasi jok motor, sehingga akan mengurangi salah modifikasi.

Berikut adalah tips modifikasi jok motor yang perlu Anda ketahui. Selamat membaca!

Menggunakan Latex

Tips modifikasi jok motor yang pertama adalah memastikan jika jok menggunakan latex. Bahan ini baisanya digunakan untuk sofa. Jadi, apabila jok motor Anda saat ini keras, maka dapat diganti menggunakan bahan ini.

Cara menggunakan latex pada jok motor terbilang mudah. Caranya cukup ganti sebagian busa dari jok motormu dengan lapisan latex saja. Perlu diingat cara memasang lapisan latex juga tidak sembarangan.

Pertama, kikis busa bagian atas jok dulu, lalu pasang satu lembar lapisan latex. Cobalah duduki, jika masih belum nyaman, tambahkan satu lembar lapisan latex lagi. Tapi ingat, maksimal dua lembar ya.

Jika lebih nanti akan terlalu tinggi dan justru akan membuat berkendara semakin tidak nyaman. Setelah itu, cobalah untuk mendudukinya apabila masih belum nyaman, tambahkan satu lembar lapisan latex lagi. Tapi ingat, maksimal dua lembar ya.

Modifikasi Jok Motor
Modifikasi Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Jika lebih nanti akan terlalu tinggi dan justru akan membuat berkendara semakin tidak nyaman. Kira- kira berapa ya biaya yang digunakan untuk mengganti jok dnegan bahan ini? Ya, harga yang dipatok untuk jasa ini tidak sampai tiga ratus ribuan.

Biasanya kalau tanpa jahitan tengah, harganya lebih murah yaitu Rp. 250.000. Tapi jika ingin lebih rapi dan memakai jahitan tengah, kamu harus mengeluarkan kocek tambahan lima puluh ribuan lagi ya. Hasilnya akan sepadan dengan kenyamanan yang didapatkan saat berkendara.

Tambahkan Pegas

Tips modifikasi jok motor yang selanjutnya adalah menambahkan pegas. Pegas atau per yang dimaksud di sini bukan per berulir yang menghadap ke atas. Melainkan besi kawat yang elastis dan direntangkan secara horizontal.

Cara memasangnya yaitu kalian harus melubangi kerangka jok motor bawaan, kemudian pasangkan per atau pegasnya. Setelah itu, barulah pasang busanya seperti biasa. Untuk pemasangan pegas ini dibandrol cukup mahal.

Ya, dimana untuk memasang pegas pada jok, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000, hal ini tergantung jenis motornya. Namun, dengan adanya tambahan pegas ini tetntu akan semakin membuat jok lebih nyaman.

Modifikasi Jok Motor
Modifikasi Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Ganti dengan Jok Motor Lain

Tips modifikasi jok motor yang selanjutnya adalah dengan mengganti dengan jok motor lain. Ini alternatif lain yang dapat kalian dicoba. Jadi, selain memakai lapisan latex, cara ini juga bisa ditiru oleh kalian yang ingin jok motornya empuk.

Kalian dapat mengganti busa jok bawaan dengan milik jok motor. Pilihlah jok bawaan dengan milik jok motor lain yang busanya lebih tebal sekitar 2 cm. Perhatikan ukuran dan tekstur kedua jok supaya pemasangnnya lebih mudah serta pas.

Setelah menyediakan dua busa jok yang akan ditukar, langkah selanjutnya adalah memotong busa bagian atas dari depan sampai belakang motor. Lalu ganti dan pasangkan jok busa yang lebih tebal tadi dengan lem.

Perhatikan teksur dengan baik agar tidak bergeser dan pas dengan jok motormu. Nah, modifikasi jok motor yang satu ini cenderung memiliki harga yang ramah dikantong. Dimana harga yang dipatok untuk pemasangan pergantian busa ini lebih murah dari memakai lapisan latex.

Jadi, kalian cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 150.000 saja untuk mendapatkan jok motor empuk beserta kulit jok yang baru.

Kualitas Busa

Tips modifikasi jok motor yang selanjutnya adalah memastikan kualitas busa. Dimana, busa yang berkualitas baik adalah yang lembut. Ini tentu akan mengurangi rasa pegal saat berkendara apalagi jika harus menembus kemacetan atau mungkin menempuh jarak yang cukup jauh.

Sah-sah saja jika ingin mengubah jok standar bawaan pabrik. Kamu juga sangat disarankan untuk mengganti jok jika rasanya sudah tidak senyaman dulu. Gantilah busa dengan yang tebal dan empuk jika jok standar motor sudah mulai keras dan tidak nyaman diduduki.

Modifikasi Jok Motor
Modifikasi Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Faktor kenyamanan dari jok motor dilihat dari kualitas busa yang digunakan. Jadi, selain memastikan bahan jok, pastikan juga busanya. Sebab meskipun tanpa pegas, asalkan busanya sudah bagus, hal ini juga lumayan menambah kenyaman. Dimana, ketika berkendara jauh, Anda tidak akan cepat pegal.

Itulah tips memodifikasi jok motor yang perlu Anda perhatikan. Jika unsur diatas sudah terpenuhi maka Anda dapat memperhatikan unsur motof jok atau desain kulit jok. Yang terpenting pastikan jika mofifikasi jok motro yang kalian lakukan akan menambah kenyaman.

Baca Juga: Cegah Kulit Jok Motor Pecah- Pecah: Yuk Simak Tipsnya!

Dalam pemasangannya, Ada baiknya kalian menggunakan yang ahli dalam bidangnya. Sebab, ahli pemasangan dan revarasi jok sudah ada di mana-mana sehingg mencarinya tidak terlalu sulit.

Jika Anda ingin lebih hemat, kamu bisa mencari bahan dan memasangnya sendiri. Namun, jika kamu ingin hasil yang bagus dan tidak terlalu repot, lebih baik meminta ahli jok untuk memasangnya.

Selain itu, siapa tahu dnegan datang ke ahlinya maka Anda akan mendapatkan saran dan rekomendasi jok yang sesuai.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *