Modifikasi Jok Mobil: Hal- Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk!

Modifikasi jok mobil adalah hal yang sering dipilih para pemilik mobil untuk menciptakan suasana baru. Melakukan modifikasi jok mobil juga dapat membuat interior mobil semakin keren. Tentu mobil nyaman dan keren adalah impian semua pemilik mobil, bukan?

Modifikasi jok mobil dilakukan dengan berbagai alasan. Ada yang tidak menyukai jok mobil bawaan pabrik, atau jok sudah usang, atau bahkan hanya ingin berkreatifitas. Jadi, jok mobil tidak luput dari incaran untuk dimodifikasi.

Sebab, Jok mobil yang tidak nyaman akan sangat berdampak pada kondisi kita mengendarai. Jok mobil sudah didesain dengan berbagai pertimbangan supaya pengemudi bisa nyaman ketika mengendarai mobil, begitu juga dengan penumpang lainnya di dalam mobil.

Jok mobil merupakan salah satu feature penunjang kenyamanan ketika berkendara. Khususnya mobil. Jok mobil yang tidak nyaman akan sangat berdampak pada kondisi kita mengendarai. Jok mobil sudah didesain dengan berbagai pertimbangan supaya pengemudi bisa nyaman ketika mengendarai mobil, begitu juga dengan penumpang lainnya di dalam mobil.

Modifikasi Jok Mobil

Modifikasi jok mobil adalah hal yang lumrah di dunia permodifan otomotif. Namun jangan asal mengganti jok mobil. Sebab ada- ada yang harus diperhatikan agar modifikasi jok tidak mengganggu fungsi dari jok itu sendiri.

Sebab, kesalahan kecil pada tahap modifikasi jok mobil ini bisa berakibat fatal bila tidak benar-benar memahami jok mobil yang ingin dimodifikasi, biasanya itu akan mempengaruhi fungsi air bag yang ada pada jok mobil Anda.

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai hal- hal yang harus diperhatikan jika akan memodifikasi jok mobil. Dimana, tidak hanya agar terlihat semakin keren, namun juga jok akan lebih nyaman untuk diduduki. Sehingga, saat Anda dapat duduk dengan nyaman saat mengemudi.

Baca Juga: Rekomendasi Film Disney Untuk Di Tonton Bersama Keluarga

Yuk, langsug saja kita bahas mengenai apa saja hal- hal yang harus diperhatikan untuk memodifikasi jok mobil.

Mempertimbangkan Ukuran Jok

Saat Anda akan memodifikasi jok mobil maka pertimbangkan ukuran jok. Ukuran sandara yang dimaksud adalah tinggi sandaran, kedalaman dan lebar jok. Pada dasarnya jok bawaan dari pabrik sudah disesuikan dengan standar mobil.

Modifikasi Jok Mobil
Modifikasi Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Hal tersebut termasuk disesuiakan dengan standar keamanan dan kenyamanan. Jadi, pastikan jika modifikasi tidak menurunkan standar. Untuk memodifikasinya, dapat dimulai dari tinggi standar tersebut lalu disesuaikan dengan tinggi yang diinginkan.

Selain itu, pastikan kedalaman dan lebar tempat duduk. Kedalaman tempat duduk disesuaikan dengan panjang tulang paha dan lebarnya sendiri, berdasarkan tulang panggul orang dewasa.

Mempertimbangkan Bentuk Desain

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya untuk memodifikasi jok mobil adalah bentuk desain. Hal yang dimasud adalah mempertimbangkan sudut sandaran, alas tempat duduk, dan ergonomis.

Apapun bentuknya, harus selalu membuat pengemudi dan penumpang nyaman. Ini berkaitan dengan tulang belakang yang harus diutamakan agar tidak lekas lelah atau bermasalah sepanjang jalan.

Posisi duduk harus diutamakan karena berpengaruh terhadap faktor kesehatan tulang dan ergonomis geraknya. Jadi, bentuk desain sandaran dan alas tempat duduk, harus menjaga dan membuat posisi duduk lebih mantap, dengan mengikuti bentuk atau posisi tulang punggung yang tepat.

Modifikasi Jok Mobil
Modifikasi Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Selain itu pastikan sudut antara sandaran dan alas tempat duduk, harus sesuai dengan posisi paling nyaman saat mengemudi.

Memilih bentuk jok mobil juga harus memeprhatikan letak atau posisi duduk. Jangan sampai memodifikasi jok moli akan mengganggu saat mengoperasikan instrumen pendukung di dalam mobil.

Mempertimbangkan Head Rest

Memodifikasi jok mobil juga harus mempertimbangkan head rest. Nah, inilah kenapa tinggi jok harus diperhatikan. Sebab headrest ini perlengkapan penunjang agar leher tidak cepat lelah, dan menghindari cedera fatal saat mobil ditabrak dari belakang.

Jadi, modifikasi jok yang baik harus mempertimbangkan posisi head rest yang nyaman. Tidak hanya untuk pengemudi namun juga untuk kenyamanan penumpang. Head rest juga penting untuk dipertimbangkan, selain untuk kenyamanan ternyata head rest juga berfungsi sebagai alat pengaman jika terjadi benturan dari depan maupun belakang agar tidak berdampak fatal.

Mempertimbangkan Ruang Kaki

Pertimbagnkan ruang kaki juga saat akan memodifikasi jok mobil. Jangan hanya memilih jok mobil yang memiliki desain keren, namun juga jangan samapi mengganggu mobilitas kita saat mengendarai mobil.

Jadi, pastikan jika dudukan jok tidak terlalu panjang hingga membuat kaki menggantung. Sebab hal ini akan menyulitkan pengemudi mengoperasikan instrumen yang menggunakan kerja kaki. Pentingnya untuk menyesuaikan panjangnya dengan jok standar pabrikan sebagai panduan ukurannya.

Modifikasi Jok Mobil
Modifikasi Jok Mobil (Sumber Gambar: Google)

Mempertimbangkan Bahan Jok Mobil

Hal- hal yang harus diperhatikan saat modifikasi jok mobil adalah mempertimbangkan bahan jok mobil. Material jok harus lebih baik dari jok standar pabrikan. Alasannya karena selain tujuan utamanya adalah untuk menambah kenyamanan dan juga meredam getaran, mengganti jok pabrikan dengan jok modifikasi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, pada umumnya kursi mobil dibuat dari bahan yang empuk dan lembut. Ini tujuannya buat menambah kenyamanan dan juga meredam getaran. Beberapa pemilik mobil sering melakukan retrim (bekleding atau mengganti bahan jok) dengan yang lebih nyaman.

Hal ini agar interior terasa lega seperti yang diinginkan. Agar Anda tidak menyesal lagi saat memilih jok mobil, maka sebaiknya teliti sebelum membeli. Jangan sampai setelah membeli jok mobil yang baru justru malah tidak enak lagi dipakai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memodifikasi jok mobil. Pastikan jika modifikasi yang dilakukan tidak hanya membuat interiro mobil semakin keren, namun juga menambah kenyamanan.

Sehingga, tidak akan membuat Anda lelah duduk saat mengemudi jauh. Selain itu, pastikan juga modifikasi jok mobil yang dilakukan tidak menghambat mobilitas Anda saat mengemudikan mobil. Sehingga, akan berdampak pada keamanan saat mengemudi.

Karena pada dasarnya jok bawaan pabrik sudah disesuaikan dnegan standar kenyamanan dan kemanan. Jadi, tetap perhatikan standar kemanan dan kenyamanan saat memodifikasi jok mobil.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.