Bagaimana Caranya agar Mobil Warna Hitam Tetap Kinclong?

Mobil warna hitam merupakan salah satu mobil yang paling banyak diminati. Ya, selain mobil warna putih, pasti Anda sendiris ering melihat mobil warna hitam buka? Atau bahkan mobil yang Anda gunakan saat ini adalah mobil warna hitam?

Banyak alasan mengapa mobil warna hitam menjadi favorit di masyarakat. Selain terlihat elegan, mobil warna hitam juga cenderung tidak akan terlalu terlihat ketika kotor. Ya, kalau kotor Cuma debu mungkin baru akan kita sadari jika dipegang.

Eitz, namun hal ini tidak dapat menjadi alasan kalian untuk tidak membersihkan body mobil dengan warna hitam kalian dengan rutin. Sebab, tetap dibutuhkan perawatan minimal mencuci mobil dnegan baik agar warnanya tetap kinclong.

Tips Mobil Warna Hitam Tetap Kincong

Ada fakta menarik mengenai mobil warna hitam, loh. Jadi selain terlihat elegan, ternyata merawat mobil hitam agar tetap kinclong lebih sulit dibandingkan dengan warna mobil yang lain, loh. Hal ini dikarenakan oleh lapisan cat dan pernisnya lebih tipis.

Wah, jadi selain harus rajin, Anda juga harus hati- hati dalam merawat cat mobil. Mobil warna hitam saja sudah elegan, apalagi jika warnanya selalu kinclong pasti akan menimbulkan kesan mewah juga.

Nah, artikel kali ini akan berbagi tips mengenai cara merawat mobil warna hitam agar selalu kinclong. Yuk, yang memiliki mobil warna hitam atau yang ingin memiliki mobil warna hitam, baca sampai selesai, ya.

Jadi, berikut adalah tips lengkapnya mengenai cara merawat mobi warna hitam agar tetap kinclong.

Mobil Warna Hitam
Mobil Warna Hitam (Sumber Gambar: Google)

Lap & Cuci Mobil Secara Rutin

Tips menjaga mobil dengan warna hitam agar tetap kinclong yang pertama adalah dengan rajin mengelap dan mencucui body mobil. Baik mobil digunakan maupun tidak, setiap harinya mobil akan tetap terkena debu.

Apalagi jika digunakan setiap hari, maka tidak hanya debu namun juga air hujan, terik panas matahari dan masih banyak lagi, untuk itu tentu saja bagian body dari mobil anda akan sangat kotor. Untuk, itu Anda perlu membersihkannya dengan mengelap atau mencuci mobil tersebut.

Lap mobil setiap hari sebelum digunakan beraktifitas untuk menghilangkan debu- debu. Setelah itu, lakukan mencuci mobil setiap satu atau dua minggu sekali. Cuci mobil dengan cara menggunakan shampoo yang dianjurkan.

Sehingga, dapat menjaga cat mobil tetap mengkilap. Oh ya, apabila mobil Anda terkena hujan, maka langsung cuci lah. Sebab air hujan dapat menimbulkan kerusakan pada cat mobil. Jadi cuci mobil untuk menghilangkan zat asam. Silahkan baca artikel kami tentang cara mencuci mobil di rumah hasilnya seperti di carwash.

Sebenarnya tidak hanya selalu harus menggunakan sabun. Cukup bilas mobil dengan air hingga bekas hujan hilang total.

Gunakan Teknik Mengelap yang Tepat

Agar mobil warna hitam tetap kinclong maka tips selanjutnya adalah perhatikan cara mengelap yang tepat saat membersihkan maupun mencuci mobil. Meski dianjurkan untuk lebih sering mengelap mobil, tapi Anda tidak bisa asal dalam melakukannya.

Dalam proses mengelap mobil, sebenarnya ada caranya tersendiri. Anda tidak boleh mengelap mobil dengan pola sembarangan karena nanti hasil akhirnya menjadi lebih jelek.

Ketika mengelap kendaraan, sebaiknya lakukan dengan gerakan yang searah. Karena hal ini akan mengurangi risiko timbulnya baret pada permukaan cat mobil.

Selain itu dalam mengelap mobil, dibutuhkan lap khusus agar kotoran yang menempel di body mobil bisa terambil dan dengan mudah dibuang.

Sebaiknya gunakan lap yang berbahan microfiber, karena mampu menyerap air 6 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan lap jenis lainnya. Ini berarti lap tersebut memiliki daya serap yang kuat untuk kotoran berukuran kecil.

Mobil Warna Hitam
Mobil Warna Hitam (Sumber Gambar: Google)

Hindari Sinar Matahari Langsung

Sebenarnya menghindari sinar matahari lansgung tidak hanya berlaku untuk mobil warna hitam, namun untuk semua warna mobil. Ya, sinar matahari secara langsung memang dapat merusak warna cat mobil.

Sebab, mobil yang terkena sinar matahari secara langsung dan terus menerus dapat menyebakan cat mobil tidak mengkilap lagi. Maka, Anda perlu memperhatikan tempat parkir. Carilah tempat parkir yang tidak langsung terkena sinar matahari.

Jika terpaksa tidak ada, maka selalu gunakanlah sarung mobil untuk melindungi mobil Anda. Biasanya Anda mungkin tidak peduli dengan hal ini. Anda berani memarkir mobil di tempat yang langsung terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Namun mulai sekarang cobalah untuk tidak melakukannya.

Menggunakan Wax

Tips selanjutnya untuk mobil warna hitam agar tetap kinclong adalah dengan menggunakan wax. Gunakanlah wax secukupnya untuk membuat mobil kinclong. Wax dapat membuat mobil kinclong dikarenakan cairan di dalam wax bisa menjadi solusi untuk bagaimana cara mengkilapkan cat mobil warna hitam.

Perlu diingat bahwa yang membuat mobil hitam Anda mengkilap bukan hanya hasil mencucinya saja, tapi juga dari proses mencuci, mengeringkan, dan polishing. Sehingga, Anda dapat menggunakan wax untuk menyempurnakannya.

Cara menggunakannya adalah dnegan menggosokan pada setiap bagian body mobil yang cenderung terlihat seperti Bumper, Kaca, atap dan bagian pintu juga belakang, durasi pengunaanya adalah 10-15 menit, setelah itu kita dapat mengelap dengan lap kering.

Untuk selang waktu untuk solusi dari bagaimana cara mengkilapkan cat mobil warna hitam ini adalah selama sebulan sekali, karena jumlah wax yang terlalu banyak juga akan membahayakan bagi cat dari mobil.

Mobil Warna Hitam
Mobil Warna Hitam (Sumber Gambar: Google)

Berkendara Dengan Aman & Tertib

Tips terakhir agar mobil warna hitam tetap kinclong adalah dengan berkendara aman dan tertib. Ha.. apa hubungannya? Ya, berkendara dengan baik hal ini dilakukan untuk menghindari body mobil tergores ataupun peot karean benturan.

Sebab, jika ada goresan ataupun peot, maka hal ini juga dapat menyebabkan mobil kelihatan kusam. Jadi, dalam meciptakan mobil warna hitam yang kinclong, tidak hanya diperlukan pembersihan yang teap namun juga penggunaan yang baik.

Baca Juga: Cara merawat mobil putih

Jadi, perhatikan laju mobil Anda di jalan raya dan saat parkir. Pastikan tiadak ada yang membuatnya tergores atau terbentur.

Ya, itulah beberapa tips untuk menjaga mobil warna hitam agar tetap kinclong. Bagimana mudah bukan untuk menjaganya. Bahkan Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

Editted by UN.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *