Mobil Tua: Berikut 4 TIps Merawatnya Dengan Mudah!

Mobil tua memang menjadi incaran tersendiri bagi pecinta mobil. Apalagi untuk mobil tua yang sudah tidak diproduksi lagi. Malah menjadai daya tarik tersendiri ternyata. Mereka beralasan, ketika mobil tua harga beli tergolong lebih murah, dan tentunya pajak yang dikenakan juga sangat terjangkau.

Bahkan beberapa jenis mobil tua dapat menjadi investasi loh jika didukung dengan kondisinya yang baik. Ya, namanya juga mobil tua tentu dalam perawatan harus diutamakan agar mesinnya tetap bagus dan nantinya harga jual tidak anjlok.

Ada beberapa tips merawat mobil tua yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadi, Anda dapat memastikan mobil tetap terawat tanpa khawatir mengleuarkan uang terlalu banyak.

Cek Tips Merawat Mobil Tua

Saat ini banyak juga orang yang menggunakan mobil tua sebagai kendaraan untuk ativitas harian mereka. Dengan perawatan yang baik tentu hal- hal yang tidak dinginkan seperti mogok mendadak dapat dihindari dengan perawatan yang rutin.

Jadi, memiliki mobil tua tidaklah begitu mengkhawatirkan, selama Anda tau bagimana cara merawat mobil tua. Bagi orang awam tentu hal tersebut akan sedikit membuat berfikir, sebab belum tahu perawatan seperti apa yang dapat dilakukan untuk mobil tua.

Untuk itu kami akan mengulas secara lengkap mengenai tips merawat mobil tua yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.Nah, berikut adalah tips dalam merawat mobil tua dirumah. Selamat Membaca!

Baca Juga: Kenapa Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Yuk Cek Mobil!

Rutin Mengendarai Mobil

Tips pertama adalah dengan rajin menggunakannya. Seperti yang suda dibahas diatas, tidak perlu takut jika mobil tua akan macet ditengah jalan. Karena justru mobil yang sudah tua yang jarang digunakan akan berefek tidak baik untuk mobil.

Digunakan tidak harus untuk untuk kegiatan sehari- hari. Minimal Anda harus mengendarai mobil tersebut dan mengajak berkeliling satu minggu sekali. Kenapa harus ini dilakukan? Sebab, mobil yang lama didiamkan di garasi hanya akan memperburuk kondisinya.

Akan lebih baik jika mobil tersebut digunakan beberapa kali dalam satu minggu atau setiap hari. Mobil yang rutin digunakan justru punya banyak manfaat, lho. Misalnya, alternator akan mengisi dengan sempurna saat mobil jalan.

Selain itu, mobil yang digunakan juga menjaga ban tetap lentur dan tidak terjadi flat spot, AC dan pendinginan mesin bekerja maksimal, dan yang pasti pemilik mobil akan menjadi lebih senang.

Mobil yang sering dipakai justru akan lebih sehat dibanding mobil yang sering diam. Umumnya mobil yang lama tidak digunakan atau hanya diparkirkan di garasi akan memiliki masalah di bagian kaki-kaki, bahan bakar, ac, kelistrikan, dan mesin.

Jika mobil tua saat yang Anda meiliki untuk koleksi maka sudah termasuk ke dalam kategori mobil hobi, sehingga setidaknya wajib keluar saat di akhir pekan. Jadi, anggapan jika mobil tua dalam tips merawatnya adalah dengan cara menaruhnya di garasi itu salah besar, ya. Tetaplah gunakan mobil tua Anda minimal satu kali dalam seminggu.

Merawat Mobil Tua di Rumah
Merawat Mobil Tua di Rumah (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Kondisi Oli Mobil

Tips selanjutnya adalah dengan memastikan kondisi oli mobil. Sama dengan mobil- mobil lainnya, pastikan jika Anda mengganti oli mobil secara rutin. Di dalam mobil perlu dingat bahwa ada banyak jenis oli, artinya bukan hanya oli mesin saja ya yang diganti.

Namun oli- oli pada bagian lainnya juga perlu diganti. Misalnya oli transmisi, oli gardan, dan minyak rem. Tujuan dari mengganti oli secara berkala dan tepat waktu untuk menjaga performa mobil tetap terjaga.
Keberadaan oli ini tidak boleh dikesampingkan, sebab berhubungan langsung dengan kinerja mesin.

Karena usianya yang sudah renta, tentu keadaan mesin mobil berusia di atas 10 tahun tidak sebagus mobil-mobil keluaran terbaru.

Rutinlah mengganti oli ketika jarak tempuh telah mencapai 2500 km. Pakailah oli yang memiliki kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W. Oli sekental ini diperlukan untuk mesin mobil tua karena rongganya jauh agar tidak mudah aus.

Sedikit tips lainnya, jika Anda baru saja membeli mobil yang sudah tua ada baiknya langsung mengganti oli. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kita mengingat kapan waktu terakhir mengganti oli.

Memeriksa Pendingin Mesin

Tips selanjutnya adalah dengan memeriksa pendingin mesin. Sebab, masalah yang kerap dialami oleh mobil tua atau yang usianya sudah lebih dari 10 tahun sering mengalami masalah pada sistem pendinginan mesin.

Apabila Anda mengendarai mobil yang sudah tua dan tiba- tiba mogok, nah sistem pendingin mesinlah yang biasanya menjadi penyebabnya. Anda dapat mengganti thermostat, radiator, extra fan, visco fan, selang radiator, dan sensor-sensor yang berhubungan dengan sistem pendinginan.

Sebab, masalah pendinginan mesin menjadi salah satu isu yang kerap ditakuti oleh orang awam. Umumnya mobil yang overheat ini diakibatkan oleh adanya kerusakan di bagian sistem pendinginan.

Makanya penting banget buat mengecek bagian ini. Selain itu, radiator juga harus dicek terutama volume cairan yang ada di dalamnya. Pasalnya fungsi utama dari radiator adalah menurunkan panas pada mesin.

Sebaliknya, jika mesin panas dan tidak dilakukan pendinginan maka yang terjadi adalah overheat. Tentu saja, langkah ini memang sama seperti pada mobil baru.

Merawat Mobil Tua di Rumah
Merawat Mobil Tua di Rumah (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Jalur Bensin

Tips yang terakhir adalah dengan membersihkan jalur bensin. Selain Anda harus memastikan jenis bensin yang digunakan memiliki oktan tinggi, Anda juga disarankan untuk memebrsihkan jalur bensin.

Jalur bensin atau bahan bakar sebaiknya dicek secara menyeluruh dan akan lebih jika dibersihkan. Tujuannya untuk memperlancar suplai bahan bakar yang akan dikirimkan ke bagian mesin.

Membersihkan jalur bensin lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil yang sudah tua untuk menghindari mesin mogok akibat bahan bakarnya tercampur kotoran.

Baca Juga: Penyebab Remote Mobil Rusak, Jangan Langsung Ganti!

Maklum, mobil tua terkadang memiliki endapan dan kotoran yang ada di tangki. Anda dapat menguras tangki BBM, mengganti selang bensin, membersihkan injektor atau karburator, mengganti pompa bahan bakar, dan mengganti filter bensin.

Merawat Mobil Tua di Rumah
Merawat Mobil Tua di Rumah (Sumber Gambar: Google)

Bahan bakar yang bersih juga akan membuat mesin menjadi lebih baik performanya dan tentu lebih awet usia pakainya.

Itulah cara merawat mobil yang sudah tua yang dapat Anda lakuakn sendiri di rumah. Jika, perlu penanganan lebih lanjut, maka Anda dapat langsung membawanya ke bengkel. Ada beberapa hal juga yang harus mendapatkan perawatan lebih.

Seperti membersihkan interior dan eksterior, selain itu juga rajin dalam mengganti karet- karet ban, serta ganti timing belt. Nah, itulah perawatn mobil tua yang jangan sampai Anda lewatkan agar mobil yang sudah tua Anda tetap prima.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.