Mobil Toyota Kijang adalah salah satu mobil legend di Indonesia. Mobil ini juga dikenal dengan mobil keluarga. Sebab mobil ini dapat menampung banyak orang. Hal ini tentu sesuai dengan budaya orang Indonesia. Dimana suka berpergian bersama – sama keluarga.

Performa Toyota Kijang sebagai mobil keluarga Indonesia selama bertahun-tahun lamanya rasanya sudah tidak perlu lagi diragukan. Itu sebabnya, jangan heran jika pabrikan asal Jepang ini kerap melakukan pembaharuan rutin dalam segala sisi pada mobil keluarga ini untuk menunjang dan memenuhi ekspektasi keluarga Indonesia, lewat Mobil Toyota Kijang Innova.

Selain itu, Toyota Kijang Innova juga memberikan banyak kelebihan. Namun, di balik kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini, tentu saja ada juga memiliki beberapa kekurangan. Bagi Anda yang sedang mencari mobil keluarga, Anda dapat memasukan Toyota Kijang Innova sebagai salah satu pilihan.

Kelebihan dan kekurangan Mobil Toyota Kijang Innova

Berikut akan kami bahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Kijang Innova. Sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda jika akan membeli meobil keluarga.

Kelebihan Mobil Toyota Kijang Innova

Bicara mengenai kelebihan, tentu Kijang Innova mempunyai banyak kelebihan. Kelebihan dari mobil inilah yang menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia menjadikan Kijang Innova sebagai mobil keluarga. Kelebihan yang pasti diketahui hampir setiap orang adalah kabin yang luas dan nyaman.

Mobil Toyota Kijang Innova (Sumber Gambar: Google)
Mobil Toyota Kijang Innova (Sumber Gambar: Google)

Sama dengan para pendahulunya, Kijang Innova juga dilengkapi kabin yang luas dan nyaman. Hal ini dapat dilihat dai ruang kaki di baris kedua penumpang jadi lebih lega untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya.

Lebih lanjut, Mobil Toyota Kijang Innova juga punya kenyamanan yang lebih baik. Hal ini didukung oleh desain interior yang bagus, nyaman, dan elegan yang juga dilengkapi dengan fitur interior lengkap dan canggih. Pembaharuan ini jelas memberikan kenyamanan lebih ketika mengendarai Toyota Innova generasi terbaru ini.

Tidak berhenti sampai di situ, untuk memaksimalkan kenyamanan pada para penumpang dan pengemudinya, Toyota Kijang Innova juga dibekali dengan peredam kabin yang baik. Hasilnya, suara di luar kendaraan akan berkurang dan tidak terlalu didengar oleh para penumpang.

Kelebihan selanjutnya adalah adalah adanya fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap. Masuk sebagai salah satu MPV paling diminati di Indonesia, Toyota Kijang Innova menyematkan beragam fitur keselamatan dan keamanan yang terbilang lengkap di kelasnya. Salah satunya adalah Dual SRS Airbag yang berguna untuk meminimalisir dampak benturan pada pengemudi dan penumpang di bagian depan saat terjadi kecelakaan di jalan.

Selain itu, mobil ini juga sudah didukung rem dengan jenis Ventilated Disc pada bagian depan dan Drum Brake di bagian belakang. Kedua rem tersebut sudah didukung dengan teknologi ABS dan EBD yang akan menyempurnakan sistem pengereman pada mobil ini.

Selain itu, Mobil Toyota Kijang Innova juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain, seperti Side Impact Beam, Collapse Steering Column, New Seatbelt dengan presentioner dan force limiter untuk semua tipe.

Kelebihan selanjutnya adalah tersedianya mobil ini dalam banyak varian. Mobil ini memiliki banyak varian dari mulai type sampai dengan varian harga. Sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan yang mereka butuhkan. Itu artinya, mobil ini juga dijual dengan harga yang bervariatif sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan para calon pembelinya.

Kelebihan lain dari mobil ini adalah Harga jual kembali stabil. Kebanyakan orang Indonesia juga mempertimbangkan harga jual ketika memutuskan membeli mobil. Dukungan harga jual mobil Kijang Innova cenderung setabil, Sehingga pemilik tidak perlu was-was, makanya harga jual stabil.

Selain itu, bengkel servis ada dimana mana dan spare part melimpah. Bahkandi bengkel pinggir jalanpun mobil ini bisa dikerjakan mas bro. Ini tentu beda dengan mobil-mobil Eropa yang rada susah cari bengkel dan spare partnya.

Kekurangan Mobil Toyota Kijang Innova

Setelah kita membicarakan kelebihan Kijang Innova, selanjutnya kita akan membahas kekurangganya. Ada beberapa kekurangan yang menjadikan orang berfikir untuk membeli mobil keluarga yang meskipun desainya sudah teruji melewati lintas generasi.

Kekurangan tersebut seperti, bodi mobil yang dianggap terlalu besar. Meskipun hal ini berpengaruh pada kabin yang luas, namun sebagian orang berpendapat bahwa mobil ini terlalu besar.

Dengan dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.795 mm, Kijang Innova terbaru dirasa terlalu bongsor. Ini tentu saja konsekuensi dari mobil keluarga yang berusaha membuat kabin lega dan nyaman untuk semua penumpang.

Selain itu moncong mobil dianggap terlalu panjang. Mobil ini punya moncong yang terlalu panjang sehingga akan menyulitkan untuk orang-orang yang baru mengemudikannya. Namun, jika sudah biasa menggunakan mobil-mobil dengan desain moncong yang agak panjang, hal ini tentu tidak jadi kesulitan saat mengemudikannya.

Bodi yang kelewat besar dianggap kurang nyaman untuk dikendarai sehari-hari melintasi lalu lintas kota besar. Bukan cuma bikin kurang lincah saat selap-selip di tengah kemacetan, mobil Toyota Inova juga diragukan kalau masuk ke wilayah pada permukiman.

Bodi yang besar memiliki pengaruh juga terhadap radius putar yang besar. Mobil ini punya radius putar yang besar. Efeknya, jika kamu hendak memarkirkan kendaraan di mall atau daerah dengan parkiran yang sempit kamu harus ekstra waspada agar mobil kesayangan ini tidak menyenggol kendaraan atau objek lain di sekitar.

Baca Juga: Jenis Bensin di Indonesia: Kenali 3 Jenisnya

Kekurangan yang selanjutnya adalah mesin disel yang bising. Meskipun mesin disel tergolong baru, namun hal ini masih menjadi masalah. Sebab kenyamanan penumpang dan pengemudi dalam kabin sedikit terganggu akibat mesin disel masih tergolong bising hingga masuk ke dalam kabin.

Selain itu, performa mobil ini akan kurang responsif apabila di isi menggunakan bensi bersubsidi secara terus menerus atau dalam jangka waktu yang panjang. Untuk kekurangan selanjutnya adalah bahan bakar mobil.

Kekurangan selanjutnya dari mobil ini adalah bahan bakar. Menuruut sebagian orang untuk jenis mobi keluarga, Mobil Toyota Kijang Innova dianggap sedikit boros. Memang angka tersebut diimbangi juga dengan keluaran tenaga yang besar juga. Tapi sebagai mobil keluarga, poin penting selain kenyamanan adalah konsumsi bahan bakarnya, bukan performa kuat atau tidak.

Tidak seperti biasanya mobil Jepang, Mobil Toyota Kijang Innova terbaru kerap dikeluhkan efisiensi bahan bakarnya. Keluhan sering ditujukan kepada Innova versi mesin diesel. Kendati mesin baru bertipe 2GD lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya, namun konsumsi bahan bakar Toyota Innova terbilang boros. Menurut beberapa testimoni media otomotif di Tanah Air, konsumsinya mencapai 8-10 km/liter.

Baca Juga: Merawat Setir Mobil Agar Awat dan Tidak Kusam

Kelebihan dan kekurangan mobil toyota kijang Innova di atas dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli mobil keluarga yang satu ini. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, Anda tepat dalam membeli mobil. Jangan lupa, jika bisa lakukanlah test drive sebelum memutuskan membeli mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *