Tips Agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh

Mobil Tetap Prima – Apakah Anda sering meggunakan mobil Anda untuk jarak jauh? Mobil yang digunakan untuk menempuh jarak jauh, baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun mudik biasanya akan memiliki efek sampingnya.

Ya, untuk itu artikel membahas mengenai tips agar mobil tetap prima usia tempuh perjalanan jauh. Jadi, mobil tidak hanya dilakukan cek sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh, namun juga harus dilakukan cek setelah menempuh perjalanan jauh.

Sehingga mobil tetap prima usia tempuh perjalanan jauh dan nyaman digunakan.

Tips Agar Mobil Tetap Prima

Mobil tetap prima baik itu sering digunakan untuk perjalanan jauh maupun usia pakai yang sudah lama adalah impian setiap pemilik mobil. Dikarenakan saat melakukan perjalanan jauh mobil menglami banyak hal.

Maka, hal itu tentu akan mempengaruhi kondisi mobil sehingga Anda harus kembali melakukan pengecekan dan perawatan untuk memastikan mobil tetap prima dan siap digunakan untuk kembali beraktivitas.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar mobil tetap prima usai tempuh perjalanan jauh. Apa saja tips tersebut? Berikut ulasan secara lengkap.

Mobil Tetap Prima
Mobil Tetap Prima (Sumber Gambar: Google)

Menjaga Kebersihan Eksterior Interior

Tips agar mobil tetap prima yang pertama adalah menjaga kebersihan dari interior dan eksterior mobil Anda. Pastikan jika bagian eksterior dan interior tetap berkilau. Setelah digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, bodi mobil pasti terkena debu atau partikel di jalanan.

Baca Juga: Penyebab Remote Mobil Rusak, Jangan Langsung Ganti!

Sehingga, interior mobil pun juga dapat menjadi kotor. Biasanya hal ini diakibatkan oleh barang-barang yang dibawa pengemudi seperti makanan ringan atau pasir yang menempel pada sepatu. Jika debu atau kotoran dari remahan makanan tidak dibersihkan, tentu akan membuat mobil tidak nyaman.

Apalagi jika selanjutnya mobil akan digunakan untuk memnunjang aktivitas sehari- hari. Oleh karena itu langkah pertama adalah mencuci mobil dan membersihkannya. Anda dapat mencuci mobil menggunakan shampo mobil, menghilangkan baret dengan compound, membersihkan sisa makanan dan minuman, vacuum seluruh interior, lap panel, dan pasang pengharum.

Cucilah mobil dari bodi, kolong, ruang mesin hingga interior. Setelah dicuci bersih, jangan lupa untuk cek bodi apakah terdapat lecet atau goresan akibat goresan debu/partikel saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Tips Agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh 1
Mobil Tetap Prima (Sumber Gambar: Google)

Mengecek Komponen Mobil

Tips agar mobil tetap prima setelah perjalanan jauh yang selanjutnya adalah dengan mengecek komponen mobil. Lakukan cek komponen mobil seperti komponen mesin, transmisi, garden, dan rem. Perlu diketahui bahwa biasanya setelah melakukan perjalanan jauh, ruang mesin kotor dan berdebu.

Bersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi ditambah bertemu dengan kemacetan yang panjang juga akan membuat kampas rem atau kopling menjadi lebih tipis.

Meski masih bisa digunakan dan tidak harus dilakukan penggantian. Namun tetap harus melakukan pemeriksaan rem dan kopling atau transmisi sangat perlu untuk dilakukan. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemakaian.

Apabila Anda memiliki kendaraan dengan transmisi otomatis, cek juga tingkat cairan transmisi untuk menjaga kondisinya tetap prima. Selain itu lakukan pemeriksaan di panel instrumen. Posisikan kunci kontak dalam posisi ON, jika mesin bermasalah maka lampu indikator akan menyala.

Mengecek Kondisi Aki

Tips selanjutnya agar mobil tetap prima setelah perjalanan jauh adalah dengan mengeck juga bagian aki. Mengingat aki memiliki fungsi yang krusial pada mobil, jadi pastikan Anda melakukan cek pada kondisi aki.

Sebab, jika aki Anda bermasalah tentu akan mengganggu saat Anda mengendarainya, bahkan Anda akan kesulitan menyalakan mesin mobil. Bagi, Anda yang menggunakan aki basah maka pastikan volume cairan aki.

Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal negatif. Selain itu, pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli, cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di antara min-max.

Sebab, apabila terjadi kenaikan suhu pada mobil, maka air aki akan ikut menguap. Segera lakukan pengisian, jika ketinggiannya berada di bawah batas indikator. Sementara bagi Anda yang menggunakan aki kering, mungkin tidak perlu terlalu khawatir. Sebab penguapan pada aki kering sangant minim. Sehingga cairan di dalamnya tidak akan mudah berkurang.

Cek Bagian Kelsistrikan

Tips selanjutnya agar mobil tetap prima setelah perjalanan jauh dan enak digunakan untuk aktivitas sehari- hari, maka jangan lupa juga untuk mengecek bagian kelistrikan. Lakukan cek pada bagian kelistrikan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel, dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

Baca Juga: Kenapa Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi? Yuk Cek Mobil!

Memastikan Kaki- Kaki Mobil

Agar mobil tetap prima setelah perjalanan jauh, jangan lupa untuk melakukan cek pada bagian kaki- kaki mobil. Jadi, lakukan cek secara mendetail pada bagian kaki- kaki mobil, jadi jangan hanya memastikan kondisi ban sajay, ya.

Berhubung kaki kaki mobil ini dijadikan penyangga beban selama menempuh perjalanan jauh dan melewati medan jalan yang tidak menentu, bisa jadi terdapat kerusakan yang tidak disadari. Komponen kaki kaki mobil yang harus diperiksa yaitu tie rod, ball joint, bushing arm, bearing, dan laker.

Apabila Anda mendengar suara dengung saat mobil dijalankan, ini adalah pertanda bantalan roda sudah mulai aus. Jangan dibiarkan lebih lama, segera ganti bantalan roda dengan yang baru agar stabilitasnya tetap terjaga dengan sempurna.

Mobil Tetap Prima
Mobil Tetap Prima (Sumber Gambar: Google)

Selain kaki- kaki mobil, jangan lupa untuk cek bagian ban. Pastikan karet tidak sobek dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angin pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, lalu bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

Itulah beberapa tips agar mobil tetap prima setelah melakukan perjalan jauh. Lakuakn cek mobil, dan jika memungkinkan Anda dapat melakukan cek di bengkel sekalian melakukan servis.

Sehingga, nantonya mobil akan terasa nyaman untuk digunakan dalam keseharian. Jadi, jangan hanya melakukan cek sebelum berpergian jarak jauh dengan mobil . Namun lakukan juga cek dan servis setelah mobil digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.