Begini Cara Penanganan Mobil Terendam Banjir

Suka tidak suka, kita harus mencari solusi jika mendapatkan musibah mobil terendam banjir. Penanganan apa yang dapat kita lakukan apabila mobil terendam banjir?

Kondisi tersebut tentu sangat merepotkan, bukan? Mobil yang terendam banjir tentu saja akan berdampak pada berbagai komponen mobil. Bahkan komponen mobil dapat rusak ketika terendam banjir.

Dimana air bekas banjir yang kotor, bisa menimbulkan berbagai masalah pada mobil. Mulai dari kabin yang bau dan kotor, gangguan pada sistem mekanis, komponen elektrikal, pengereman, hingga kerusakan mesin akibat kemasukan air.

Jika sudah begitu, maka mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang untuk perbaikan atau membersihkan mobil. Apalagi saat ini hampir semua mobil keluaran teranyar sudah menggunakan mesin yang dirancang serba otomatis, bukan manual lagi.

Sehingga sistem otomatisnya itu, cukup rawan terganggu manakala terendam banjir. Tentu ini akan mengeluarkan biaya perbaikan lebih banyak.

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Lalu bagimana jika mobil sudah terendam banjir? Meskipun akan merepotkan, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komponen mobil setelah terendam banjir.

Ada beberapa tingkatan penangan yang dapat Anda lakukan ketika mobil terendam banjir. Tingkatan tersebut tergantung seberapa parah mobil Anda terendam banjir. Anda tentu harus membawa ke bengkel untuk mendapatkan bantuan.

Disarankan untuk menuju bengkel resmi. Setelah itu, pihak bengkel akan melakukan tindakan sesuai kebutuhan perbaikan mobil Anda pasca terendam banjir. Namun, perlu diketahui bahwa ada tiga langkah perbaikan untuk mobil yang terkena banjir.

Apa saja langkah tersebut? Berikut adalah penanganan apabila mobil terendam banjir yang perlu diketahui.

1. Light Repair

Penanganan pertama untuk apabila mobil terendam banjir adalah light repair. Ini adalah penanganan untuk mobil yang terkena banjir ringan. Maksudnya, air banjir tidak sampai merendam seluruh body mobil.

Jadi, metode perbaikan ringan diberikan kepada mobil yang terendam banjir yang hanya menyentuh atau mengenai karpet dasar. Light servis ini meliputi pengerjaan ringan hingga sedang dari membersihkan throttle body, pasang shockbreaker mobil, ganti body parts.

Apa saja yang termasuk dalam Light Repair? Yang termasuk dalam light repair adalah pelepasan dan pengeringan karpet dasar mobil, pengecekan dan pembersihan sistem pengereman, overhaul motor starter, overhaul alternator, pengecekan dan penyetelan bearing roda, pemeriksaan elektrikal pada junction block dan wire-to-wire connection, hingga pengecekan power steering dan pengurasan minyak power steering hidrolis.

Mobil Terendam Banjir
Mobil Terendam Banjir (Sumber Gambar: Google)

2. Medium Repair

Penanganan apabila mobil terendam banjir yang selanjutnya adalah medium repair. Tentu penangan ini dilakukan untuk hal yang lebih serius. Dimana tingkatan ini dilakukan apabila mobil terendam banjir hingga airnya menyentuh sandaran jok, maka metode perbaikan yang dilakukan termasuk kategori menengah alias medium.

Dimana Langkah-langkah perbaikan yang dilakukan akan lebih banyak dibanding pada perbaikan ringan. Kegiatan medium repair merupakan bagian dari kegiatan preventive maintenance yang mencakup inspeksi dan small repair.

Langkah awal yang dilakukan adalah pengecekan kondisi awal mesin, seperti observasi fungsi bagian mesin serta kalibrasi awal untuk mengetahui kondisi mesin. Serta dilakukan uji jalan dan uji pemotongan untuk mengetahui hasil proses permesinan pada mesin tersebut.

Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan, perbaikan dan penggantian komponen mesin yang sudah rusak.

Kegiatan pemeriksaan dan perbaikan dilakukan pada mesin umum, motor utama tail stock, eretan, carriage, feed gearbox, speed gearbox, dan spindle. Setelah semua bagian mesin dilakukan proses pemeliharaan dan perbaikan kemudian dilakukan perakitan dan pengaturan untuk selanjutnya mesin dikalibrasi akhir serta diuji jalan dan uji pemotongan.

Selain itu, dalam langkah ini juga akan melepas dan mengeringkan jok, dashboard, doortrim, dan speaker; memeriksa radio tape, AC, sistem pengapian, sistem bahan bakar, dan alarm mobil; serta menguras oli transmisi, oli gardan, oli mesin, tangki bahan bakar, dan transmisi otomatis.

Apabila diperlukan, maka dapat juga dilakukan layanan untuk menghilangkan bau dan mengganti komponen yang rusak.

Mobil Terendam Banjir
Mobil Terendam Banjir (Sumber Gambar: Google)

3. Heavy Repair

Penanganan apabila mobil terendam banjir yang terakhir adalah Heavy Repair. Ya, dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa tahapan ini dilakukan apabila mobil Anda teredam banjir yang parah. Dimana mobil terendam sampai plafon mobil dan mungkin terendam banjir dalam waktu yang lama.

Seperti namanya, heavy repair merupakan jenis jasa service berat yang memakan waktu. Mengingat kondisinya paling parah dibandingkan dengan kedua kategori sebelumnya, maka penanganannya pun tentu makin berat.

Selain membersihkan dan mengganti plafon mobil, teknisi akan membongkar mesin bila diperlukan. Ya, Servis ini meliputi membelah mesin, mengepress rangka.

Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Selanjutnya, pasti kita akan dibuat berdebar dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk penangannan mobil yang terendam banjir.

Untuk biaya perbaikan mobil terendam banjir di bengkel ini bervariasi, mulai dari yang ringan Rp5 juta untuk pembersihan interior, pembersihan dan pemeriksaan mesin.

Sementara itu, untuk perbaikan dalam kategori sedang dengan kondisi elektrik masih bisa digunakan mulai dari Rp8 juta hingga belasan juta rupiah. Apabil sudah masuk ruang bakar sudah beda harga karena beli ring seher dan sebagainya.

Selain itu, biasanya harga juga disesuaikan dengan jenis mobil. Jadi, mekanik bengkel akan melakukan identifikasi kerusakan yang terjadi pada mobil Anda terlebih dahulu. Lakukanlah di bengkel resmi. Sehingga, Anda akan mendapatkan perbaikan sesuai dengan standar pabrik mobil Anda berasal.

Mobil Terendam Banjir
Mobil Terendam Banjir (Sumber Gambar: Google)

Itulah penangan yang perlu segera dilakukan apabila mobil terendam banjir. Sehingga, dapat mencegah kerusakan yang lebih parah. Tentu penanganan akan memerlukan banyak waktu, apalagi jika dampak yang terkena semakin banyak.

Ada berbagai cara penanganan mobil yang terendam banjir. Tentunya bagian mesin mobil menjadi fokus pertama untuk diperbaiki. Selain masalah terkena banjir, mesin tercampur dengan air sudah hampir bisa dipastikan mengalami kerusakan.

Selain penaganan tersebut, mungkin Anda perlu berlangganan asuransi mobil. Dengan begitu, akan membantu biaya perbaikan apabila mobil terendam banjir. Hal ini tentu akan meringankan pengeluaran Anda.

Editted by UN.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *