Mobil terbaru Toyota selalu di nanti peminatnya. Mobil terbaru Toyota terakhir rilis akhir tahun 2019. Sebenarnya ada dua mobil baru yang akan rilis tahun 2020. Namun, karena adanya pandemi mobil baru tersebut diundur perilisannya.

Sehingga, Toyota Prius PHEV masih menjadi mobil terbaru Toyota. Mobil ini pertama rilis tahun 2012. Tahun 2020 adalah versi terbarunya. Mobil Prius PHEV banyak mengalami pembaharuan fitur untuk komponennya.

Toyota Prius merupakan mobil listrik kategori hybrid. Dengan mobil ini Toyota bekerja keras pada kinerja lingkungan yang merupakan karakteristik dari lineup Prius. Bahkan mengarah pada sebuah kendaraan listrik (EV). Peralatan canggih futuristik telah ditambahkan dan mode pengisian semakin cepat.

Prius PHEV versi terbaru ini dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan perkiraan. Harga saat pertama diluncurkan dipasar dibawah 1M. Meskipun harganya dibawah 1M, mobil ini tetap di lengkapi dengan komponen canggih.

Walapun jika dibandingkan dengan mobil berbahan minya, mobil ini cenderung lebih mahal. Namun, jika dibandingkan mobil di kelasnya mobil ini cukup terjangkau.

Toyota membekali mobil ini dengan inovasi dan teknologi baru. Bahkan mobil ini merupakan salah satu mobil terhemat konsumsi BBMnya yang pernah diciptakan oleh Toyota. Selain itu masih banyak fitur canggih melengkapi mobil ini.

Berikut adalah informasi mengenai Prius PHEV terbaru.

Spesifikasi Prius PHEV

mobil terbaru toyota
mobil terbaru toyota

Toyota telah bekerja keras untuk memperbaharui fitur mobil ini. Sehingga, Prius PHEV dilengkapi dengan fitur terbaru. Untuk saat ini mobil dari oyota ini tidak untuk dijual langsung kepada konsumen. Toyota memfokuskan penyebarannya kepada perusahaan penyedia jasa taksi online.

Mesin Prius PHEV

Mobil ini dilengkapi dengan mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc. Selain itu dilengkapi pula dengan motor listrik 1 NM/ISM. Toyota Prus PHEV mempunyai kapasitas tangki bahan bakar 43 liter. Sedangkan untuk Tenaga yang dihasilkan 96 hp dan torsi puncak 142 Nm.

Melalui kapasitas tangki bahan bakar 43 liter, total konsumsi bahan bakar rata-rata dari mesin bensinya sebesar 42 kpl. Sementara untuk baterai, mobil ini menggunakan jenis Lithium-Ion Battery. Apabila dalam kondisi penuh bisa sejauh 68,2 km, dan dapat mengandalkan tenaga listrik.

Baterai jenis Lithium-Ion mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage. Prius PHEV mampu berakselerasi di atas 100 kpj.

Untuk pengisian baterai, tersedia dua mode. Yaitu mode listik 200v dengan waktu hanya 2 jam 20 menit sampai terisi penuh, atau mode quick charging 20 menit hingga baterai menyentuh 80 persen. Untuk pengisian dilakukan menggunakan konektor Type 2.

Baca Juga: Merawat Mobil Bekas: Risiko Jika Tidak Merawat dengan Baik

Baterai mobil ini merupakan keunggulan yang paling ditawarkan. Hal ini karena Prius PHEV memiliki kemampuan baterai yang lebih besar. Selain itu model pengisian baterai dapat dilakukan melalui sumber eksternal. Fleksibilitas mobil ini juga diklaim telah teruji karena mempunyai driving range yang panjang.

Keunggulan lain mesin mobil ini adalah Prius PHV dilengkapi dual motor drive system. Yakni menggunakan kedua motor listrik dan generator sebagai sumber tenaga. Sehingga, akselerasi mobil labih cepat dan bertenaga.

Eksterior Prius PHEV

Itulah keunggulan mesin untuk mobil Toyota terbaru. Selanjutnya adalah eksterior mobil yang tidak kalah menariknya. Mobil ini mempuyai desain yang lebih sporty. Kesan futuristik juga terlihat pada mobil ini. Toyota mendesain lampu utama dengan meruncing dan menyipit, kemudian dipadukan dengan model lampu kabut vertikal yang memberikan kesan elegan.

Interior Prius PHEV

Sedangkan untuk fitur interior mobil Prius PHEV juga tidak kalah menarik. Interior PHEV dilengkapi audio display entertainment dengan layar 8-inci. Selanjutnya, tata letak dasbor depan dibuat ergonomis.

Gagang kemudi dengan balutan warna hitam dan putih sudah terintegrasi dengan ragam tombol fungsi di kiri dan kanan, sementara di sebelah kanan bawah terdapat tombol untuk mengaktifkan fitur cruise control.

Mobil ini juga memiliki layar MID. Dimana melalui layar ini pengendara dapat melihat ragam informasi mengenai mobil yang sedang dikendarainya. Informasi yang dapat dilihat seperti kapasitan bahan bakar, pilihan mode berkendara, kapasitas baterai, indikator efesiensi saat berkendara yang dibuat real time seiring kaki menginjak pedal gas.

Fitur Keamanan Prius PHEV

mobil terbaru toyota
mobil terbaru toyota

Selain mesin, desain eksterior dan interior yang unggul. Prius PHEV juga dibekali dengan sisitem keamanan yang canggih. Sistem keamanan ini tentu dibarengi dengan kecanggihan teknologi yang digunakan. Fitur keselamatan pada mobil ini memiliki standar tertinggi Toyota.

Fitur kemanan tersebut seperti Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

Selain itu, Prius PHEV juga dilengkapi dengan fitur kemanan lane departure alert (LDA), automatic high beams, precollision sytem dengan pedestrian detection, serta steering assist. Fitur tersebut dapat mendeteksi kendaraan yang berada di depan mobil. Sehingga ketika mobil depan melakukan perlambatan, secara otomatis sensor akan membaca dan melahankan kendaraan sampai melakukan pemberhentian secara sempurna.

Dalam berkendara Toyota memberikan empat pilihan mode berkendara pada Prius PHEV. Mode tersebut adalah HV Mode & Ev Mode, EV City, Battery Charge Mode, dan Drive Mode yang memiliki tiga karakter berkendara, yakni Normal, Eco, dan Power.

Harga Prius PHEV

Awalnya mobil ini diperkirakan akan mencapai harga 1M. Walupun pihak Toyota sudah memberikan clue bahwa mobil ini di jual di bawah 1M, namun tetap diperkirakan mendekati angka tersebut. Ternyata ketika dirilis mobil ini dijual dengan harga kisaran Rp. 884 juta. Sehingga, hal ini tentu mengejutkan. Mengingat kecanggihan teknologi yang ada pada mobil ini.

Menunda Perilisan Mobil Terbaru Toyota

Tahun 2020 ini, Toyota berencana merilis mobil terbaru mereka. Bahkan diprediksi bahwa Toyota akan merilis dua mobil sekaligus pada ajang GHAS tahun ini. Namun, sepertinya peluncuran mobil terbaru Toyota itu akan sedikit tertunda. Hal ini karena adanya pandemi saat ini. Sehingga, banyak mobil ditunda peluncurannya.

Dua mobil Toyota yang diprediksi akan dirilis adalah Kijang Inova terbaru. Selain itu, fortuner juga menjadi diprediksi akan hadir tahun ini. Kijang Inova sudah empat tahun belum mendapat penyegaran sama sekali. Sedangkan untuk fortuner, berawal dari muncul foto spyshot Fortuner facelift di media sosial.

Sehingga diprediksi mobil tersebut juga akan segera dirilis. Kedua mobil tersebut diprediksi akan sangat dinantikan oleh penggemarnya. Namun, sampai saat ini belum diketahui lebih lanjut untuk tanggal tepat perilisan kedua mobil terbaru Toyota.

Baca Juga: Mobil Mogok: Apakah Penyebabnya?

Prius PHEV adalah mobil Toyota terbaru di rilis akhir 2019. Sampai saat ini Toyota belum merilis mobil kembali akibat adanya pandemi. Prius PHEV merupakan generasi kedua yang dirilis di Indonesia setelah generasi pertamnya di rilis tahun 2012. Salah satu kelebihan Prius PHEV adalah kemampuan baterai yang lebih besar dan model pengisian baterai melalui sumber eksternal. Mobil ini juga telah dilengkapi teknologi canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *