Skip to content

Merawat Mobil Putih: Tips Agar Selalu Mengkilap

Memiliki mobil putih memang memiliki tantangan tersendiri. Dimana kebersihannya harus lebih dijaga daripada mobil dengan warna lain. Ya, dalam merawat mobil warna putih memang harus lebih rajin membersihkan.

Dalam merawat mobil putih tidak hanya asal sering mencucinya. Sebab sering mencuci mobil warna putih juga dapat menimbulkan kerusakan pada cat mobil. Namun dilain sisi Anda harus memastikan tidak ada noda yang menempel.

Sebab, jika ada noda sedikit yang menempel pada mobil warna putih akan terlihat. Tentu, bodi mobil menjadi tidak enak dilihat, bukan?

Merawat Mobil Putih Agar Tetap Mengkilap

Salah satu alasan mengapa banyak yang memilih warna putih untuk mobil pribadinya adalah mobil terlihat elegan dan cemerlang jika dibandingkan dengan warna lain. Nah, bagi pemilik dengan warna ini maka merwat mobil putih menjadi tantangan tersendiri.

Dalam merawatan mobil putih membutuhkan perhatian khusus agar warna mobil tetap kinclong dan tidak terlihat kusam. Perawatan khusus terhadap mobil bercat putih sangatlah dibutuhkan, terutama jika pemiliknya ingin mobilnya selalu terlihat cantik dan menarik.

Merawat Mobil Putih (Sumber Gambar: Google)
Merawat Mobil Putih (Sumber Gambar: Google)

Sayangnya, keindahan natural dan elegan yang ditawarkan oleh warna putih ini dapat menjadi bumerang apabila pemiliknya tidak pandai merawat cat mobilnya tersebut. Apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, sekarang ini udara yang terlalu panas, banyaknya debu dan sebagainya tidak bisa dihindari.

Baca Juga: Larangan Saat Mengemudikan Mobil, Apa Aja Ya?

Bahkan, hal tersebut adalah musuh yang bisa membuat cat mobil cepat kusam bahkan bisa saja berujung keretakan pada cat. Untuk itu, yuk simak tips mengenai cara merawat mobil putih agar tetap mengkilap.
Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca!

Hindari Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Tips pertama dalam merawat mobil warna putih gar tetap mengkilap adalah dengan menghindari langsung terkena paparan sinar matahari. Nah, untuk itu snagat perlu memperhatikan tempat parkir mobil. Jadi, hindari parkir lama di outdoor, ya guys.

Merawat Mobil Putih
Merawat Mobil Putih (Sumber Gambar: Google)

Bagi yang tinggal diperkotaan jangan sering- sering ya parkir mobil putih dan langsung terkena sinar matahari serta dalam waktu lama. Jika menghadapi masalah seperti ini, guna merawat mobil putih tetap terjaga dari sinar UV, carilah parkir yang tidak terpapar sinar matahari langsung seperti di bawah pohon rindang.

Walaupun matahari tembus melewati celah dedaunan, yang terpenting adalah sinar matahari tidak menyorot langsung ke mobil. Jika tidak ada pepohonan maka Anda dapat menggunakan cover mobil. Selain parkir, jangan juga mencuci mobil dibawah sinar matahari.

Selain itu, jika mengeringkan mobil setelah dicuci hindari untuk menghindari mengeringkan di bawah sinar matahri juga. Efek panas matahari bukan hanya merugikan manusia, tetapi juga kendaraan Anda. Panas tersebut dapat menjadikan warna putih cat mobil cepat kusam dan tidak berkilau.

Selain itu, panas matahari juga dapat membuat interior mobil seperti karet wiper mengeras sehingga dapat menggores kaca depan mobil. Oleh karena itu, dianjurkan bagi para pemilik kendaraan roda empat untuk tidak memarkir mobil mereka di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.

Merawat Mobil Putih
Merawat Mobil Putih (Sumber Gambar: Google)

Gunakan Shampo Khusus Mobil

Tips merawat mobil putih yang selanjutnya adalah menggunakan shampo khusus saat mencuci mobil. Sama dalam perawatan mobil dengan warna lain, ketika akan mencuci mobil waran putih gunakanlah sabun khusus.

Sehingga cat mobil akan terjaga kebersihannya dan warna bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Efek jika Anda menggunakan shampo yang tidak direkomendasikan adalah dapat menimbulkan jamur pada lapisan cat mobil.

Jangan pernah menggunakan sabun yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil seperti, sabun cuci baju, sabun colek dan sabun lainnya. Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya akan cepat merusak cat mobil. Selain itu, kandungan mobil tersebut dapat menciptakan goresan di cat mobil dan membuat warna mobil pudar.

Tidak hanya itu, hindarilah mencuci mobil dengan air dengan kandungan garam dan zat besi, karena dua jenis air tersebut dapat membuat mobil cepat berkarat. Begitu juga dengan air hujan, jangan tunggu kering karena bakal menimbulkan bercak yang tidak enak dilihat.

Perhatikan Teknik Membilas Yang Benar

Tips merawat mobil putih yang selanjutnya adalah dengan memastikan teknik membilas mobil dengan benar. Sebab, jika Anda salah dalam membilas maka akan menimbulkan bercak pada bodi mobil.

Selain itu, jika salah dalam mebilas hal tersebut juga akan membuat proses pengeringan mobil lebih lama. Cara yang tepat adalah membilas secara satu arah, dimana seluruh permukaan bodi dibilas secara berkala dari atas ke bawah.

Dengan menerapkan pembilasan dari atas ke bawah akan menghindari kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya akan mempersulit diri kamu sendiri.

Merawat Mobil Putih
Merawat Mobil Putih (Sumber Gambar: Google)

Selain itu jika menerapkan pembilasan dari atas ke bawah akan menghindari kotoran nyangkut pada bagian celah mobil yang nantinya akan mempersulit diri kamu sendiri. Rentang waktu antara pengaplikasian sabun atau sampo mobil dengan waktu membilas sangat penting dalam mencuci mobil.

Oleh karena itu, ada baiknya apabila Anda membilas bagian yang sudah Anda sabuni sebelum pindah untuk membersihkan bagian lain mobil. Tujuannya, agar tidak ada sisa busa atau sabun yang menempel serta mengering di bodi mobil, sehingga cat mobil anda tidak rusak karena niat baik Anda untuk mencuci mobil.

Lakukan Pemolesan

Tips yang terakhir dalam merawat mobil putih adalah dengan melakukan pemolesan. Jadi, lakukan pemolesan secara berkala untuk menjaga mobil agar tetap mengkilap. Sebab, mencuci mobil sebenarnya tak cukup untuk mempertahankan mobil warna putih tetap bersih dan berkilau.

Maka Anda harus rutin melakukan pemolesan sehingga mobil mampu berkilau seperti baru. Pemolesan juga akan menghilangkan jamur yang menempel, yang mana mampu mencegah cat mengelupas.

Nah, itulah tips dalam merawat mobil putih agar tetap mengkilap. Yang paling utama adalah jangan malas untuk membersihkannya. Apalagi jika musim hujan datang. Jangan samapi bercak noda atau lumpur terlalu lama menempel di bodi mobil.

Baca Juga: Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras: Yuk, Simak Tipsnya Agar Aman!

Sebab hal tersebut jelas akan merusak cat mobil putih Anda. Maka, saat mobil terkena hujan jangan lupa untuk langsung mengeringkannya, jika belum sempat mencucuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.