Skip to content

Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan

Sebagai pengendara di jalan raya tentu saja kita sangat mengutamakan keamanan dan keselamatan agar dapat sampai ke tujuan dengan aman. Namun kadang ada saja pengendara yang tidak sadar bahwa apa yang dilakukannya sangat membahayakan.

Salah satunya adalah kebiasaan mobil pick up kelebihan muatan. Dimana hal ini tidak hanya membahayakan pengendaranya sendiri, namun juga membahayakan pengendara yang lain. Sayangnya, masih banyak yang mengendarai mobil pick up dimana kelebihan barang.

Ya, ada banyak alasan mereka melakukan itu. Meskipun mereka telah menata barang sedemikian rupa, sehingga meskipun berlebihan barang akan aman selama perjalan namun tetap saja hal ini berbahaya. Apalagi jika Anda melewati jalanan yang ramai akan pengendara.

Mobil Pick Up Kelebihan Muatan

Mobil pick up merupakan jenis mobil yang sering digunakan untuk membantu kegiatan usaha. Biasanya digunakan untuk mengangkut barang bawaan usaha. Dimana, dengan mobil pick up barang yang dibawa dapat lebih banyak.

Tentu hal ini membantu mengefisiensikan kegiatan usaha. Namun, sayangnya tidak jarang barang yang dibawa melebihi muatan sehingga menimbulkan bahaya. Untuk itu daya angkut mobil pick up sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan sehingga tidak menimbulkan dampak buruk.

Membawa barang berlebihan dengan mobil pick up juga dapat merusakan mobil itu sendir. Wah, ada banyak dampak buruk dari mobil pick up membawa muatan berlebihan.

Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan
Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan (Sumber Gambar: Google)

Nah, kami telah rangkumkan mengenai sejumlah dampak buruk dari mobil pick up kelebihan muatan. Apa saja dampak mobil pick up yang kelebihan muatan? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Selamat membaca!

Tidak Aman Digunakan

Bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan yang pertama adalah kurangnya keamanan. Ya, dimana hal ini telah disebutkan berkali- kali diatas. Mobil pick up dengan barang bawaan berlebihan sangat tidak aman digunakan.

Sebab, muatan yang melebihi kapasitas dapat menghilangkan keseimbangan mobil, sulit saat bermanuver, hingga berisiko besar menyebabkan kecelakaan. Padahal keselamatan dan keamanan adalah faktor utama yang harus diperhatikan saat berkendara.

Masalahnya bukan hanya keamanan pengendara yang berbahaya, namun kendaraan disekitarnya pun tidak aman. Misalnya jarak pandang jadi terbatas, karena tertutup barang bawaan mobil pick up yang amat tinggi.

Selain itu, apabila terjadi kecelakaan dapat menyebabkan kecelakaan beruntun. Jadi, karena tidak aman digunakan jangan lagi ya bawa barang berlebihan dengan mobil pick up. Meskipun barang yang dibawa memiliki bobot yang ringan, jangan sampai berlebihan juga, ya.

Performa Mesin Berkurang

Bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan yang selanjutnya berhubungan dengan mesin. Dimana performa mesin akan berkurang, loh. Sebab, saat membawa muatan yang berlebih, mesin dipaksa untuk bekerja lebih keras.

Jika dilakukan terus-menerus, dalam jangka panjang hal tersebut berpotensi mengurangi performa mesin dan kendaraan secara keseluruhan. Tentu hal ini akan memperpendek usia guna mobil.

Anda juga akan mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan akibat kerusakan pada komponen mesin mobil akibat hal ini. Selain itu, harga jual mobil juga menjadi rendah jika Anda ingin menjualnya.

Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan
Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan (Sumber Gambar: Google)

Sebab, perfoma mesin yang terganggu. Padahal mesin sangat berperan penting untuk mobil. Jadi, sebelum terjadi kerusakan ada baiknya Anda mulai menghindari membawa muatan yang berlebihan dengan mobil pick up Anda.

Hal yang ditakutkan dengan beban yang berlebih ini adalah ketika Anda melalui tanjakan dan mobil tidak kuat menanjak, maka mobil akan mundur. Kemungkinan kecelakaan tidak bisa terhindarkan lagi dan ini bisa menjadi masalah yang besar bagi mereka yang tidak mengetahuinya.

Boros Bahan Bakar

Bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan yang selanjutnya adalah bahan bakar yang menjadi boros. Seperti poin sebelumnya, muatan maksimal yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan membuat mesin bekerja lebih keras agar mobil dapat berjalan mengangkut muatan.

Hal ini membuat bahan bakar yang dikeluarkan juga semakin besar dan akhirnya biaya bahan bakar membengkak. Jadi, niat menghemat bensin dengan membawa barang sekaligus ternyata tidak berlaku, ya.

Sebab bensin akan lebih boros, sehingga Anda juga harus sering isi bensin. Dimana uang untuk membeli bensin tentu saja akan membengkak juga. Nah, niatnya mengehmat, malah tidak jadi bukan?

Suspensi Tidak Maksimal

Bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan yang selanjutnya adalah suspensi tidak maksimal. Suspensi menjadi tumpuan penting dalam kendaraan. Jika beban terlalu berat atau berlebihan, maka akan berpotensi mengurangi kinerja suspensi sehingga mobil jadi kurang optimal digunakan.

Selain itu, kinerja suspensi juga mempengaruhi kemampuan rem dalam menghentikan laju kendaraan. Meskipun suspensi yang Anda gunakan merupakan suspensi yang paling bagus, dengan muatan berlebih maka Anda tidak akan bisa melakukan manuver dengan baik karena mobil dalam kondisi tidak stabil.

Selain itu Mobil menjadi tidak cekatan saat dibutuhkan, misalnya menghindari sesuatu yang mengadang di depan.

Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan
Bahaya Ketika Mobil Pick Up Kelebihan Muatan (Sumber Gambar: Google)

Ban Semakin Tipis

Bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan yang selanjutnya adalah ban yang semakin tipis. Memaksakan muatan secara berlebihan juga berisiko besar pada ban, karena membuat bagian ban yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan bekerja lebih berat dan aus.

Selain itu, hal ini juga memperbesar risiko pecah ban seiring adanya peningkatan suhu pada ban karena kelebihan muatan. Selain itu, ban juga masih berhubungan dengan suspensi. Maka ketika suspensinya bermasalah maka ban juga akan terkena dampaknya.

Jadi, jika suspensi sudah kesulitan menahan beban, ban adalah korban selanjutnya. Beban berat akan menahan ban untuk bekerja maksimal. Terutama saat belok, di mana ban bakal mencari grip sehingga membuatnya cepat aus.

Wah, tentu Anda tidak ingin banyak komponen mobil yang mengalami kerusakan, bukan?

Itulah bahaya akibat mobil pick up kelebihan muatan. Selain berdampak pada keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara, ternyta mobil pick up yang kelebihan muatan juga akan merusak komponen mobil yang lain secara perlahan.

Yang lebih parah, apabila terjadi hal yang tidak di inginkan, maka tidak ada asuransi yang mengcovernya, loh

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *