Skip to content

5 Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia, Apakah Mobil Anda Termasuk?

Mobil paling irit BBM tentu menjadi impian setiap pemilik kendaraan. Ya, bagaimana tidak ketika mobil paling irit BBM bisa kita miliki maka kita juga akan menghemat uang bensin. Oh ya, perlu diketahui bahwa ukuran irit untuk setiap jenis mobil berbeda ya.

Jadi, soal irit memang bukan cuma sekadar konsumsi BBM berbanding dengan jarak tempuh. Kubikasi mesin, performa, bahkan juga fungsinya juga wajib diperhitungkan. Sebuah city car dengan konsumsi BBM 20 km/liter tentu tidak bisa dibandingkan dengan SUV yang konsumsinya 10 km/liter, begitu saja.

Karena manfaat penggunaan keduanya bisa sangat berbeda. Nah, di Indonesia ada beberapa mobil paling irit BBM, loh. Apa saja mobil paling irit BBM di Indonesia? Yu, simak artikel ini untuk mengetahui daftar mobil paling irit BBM di Indonesia.

Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia

Memilih mobil irit BBM alias bahan bakar minyak memang susah-susah gampang, karena umumnya semua mobil zaman sekarang sudah dibekali dengan teknologi canggih dan mesin yang pintar. Sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi jauh lebih efisien.

Nah, di Indonesia ada beberapa mobil paling irit BBM yangg dapat menjadi pilihan Anda jika ingin memiliki mobil. Artikel kali ini akan membahas mengenai mobil paling irit BBM di Indonesia. Yuk, baca sampai selesai.

Datsun Go

Mobil paling irit BBM di Indonesia yang pertama adalah Datsun Go. Mobil Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 1.200 cc ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini berkat kombinasi mesin, girboks dan bobot bodi yang ringan.

Mobil Paling Irit BBM
Mobil Paling Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Sehingga tidak heran jika mobil ini bisa mengklaim konsumsi bbm 1 liter bisa menempuh jarak 23,5 km. Apalagi jika berkendara dalam kecepatan yang relatif konstan, seperti ke luar kota, catatan konsumsi BBM-nya sangat mengagumkan.

Ada di dalam daftar mobil yang ikutan program LCGC, Datsun GO punya keunggulan dalam hal desain. Hatchback andalan Datsun memang menyasar anak muda dan keluarga muda yang selalu padat dengan aktivitas harian.

Baca Juga: Apa Saja Ya Fungsi Lampu Kota Pada Mobil?

Datsun GO+ Panca

Daftar mobil paling irit BBM di Indonesia adalah masih dari Datsun. Ya, Datsun GO+ Panca. Seri ini memang kembarannya Datsun GO. Apa perbedaan dari seris ini? Perbedaan antara GO+ Panca dengan saudaranya GO adalah dalam hal dimensi, di mana GO+ lebih panjang 200 mm.

Mobil ini memang menyasar pasar MPV, dengan tiga baris penumpang dan mampu mengangkut hingga 7 orang. Meski lebih panjang, antara GO dan GO+ tidak ada perbedaan dalam hal mesin, yakni 1.200 cc dengan tenaga 86 Hp dan torsi 107 Nm. Tidak heran kalau konsumsi BBM keduanya relatif sama.

Kecuali tentu jika GO+ dalam kondisi full penumpang. Serupa dengan saudaranya, yaitu Go, Go+ Panca juga memiliki konsumsi bensin yang irit. Meski memiliki dimensi yang sedikit lebih panjang, namun konsumsi bahan bakarnya tetap serupa. Yaitu 1 liter bisa menempuh 23,5 km menurut klaim dari pabrikan Datsun.

Toyota Agya- Daihatsu Ayla

Daftar mobil paling irit BBM di Indonesia yang selanjutnya adalah Toyota Agya- Daihatsu Ayla. Popularitas dua city car ini memang sudah tidak diragukan lagi, lantaran dominasinya di pasar LCGC.

Selain dikenal sebagai dua mobil murah, ternyata kedua mobil ini juga terkenal dengan bensinnya yang irit, loh. Duo kembar identik ini kolaborasi Toyota-Daihatsu yang berhasil memiliki mesin irit BBM.

Di kalangan entry level yang menjadi target market produk ini, iritnya konsumsi BBM-nya jelas menjadi daya tarik tersendiri. Dengan teknik berkendara yang normal, konsumsinya tidak pernah di bawah 20 km/liter.

Mobil Paling Irit BBM
Mobil Paling Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.0 liter dengan 3 silinder dan 1.2 liter dengan 4 silinder. Perbedaan di antara keduanya dalam hal konsumsi BBM, sebenarnya tidak terlalu signifikan. Terutama jika berkendara di dalam kota, di mana kondisi jalanan banyak stop and go. Rentangnya antara 14 km/liter – 22 km/liter.

Renault Duster

Daftar mobil paling irit BBM di Indonesia yang selanjutnya adalah Renault Duster. SUV biasanya identik dengan tenaga yang besar sehingga orang juga maklum kalau konsumsi BBM-nya agak-agak boros. Namun Renault Duster pengecualian.

Tidak disangka, SUV Perancis bermesin 1.500 cc menjadi mobil irit BBM terbaik di antara mobil lainnya. Tercatat, Duster memiliki kemampuan untuk menggunakan 1 liter bahan bakar yang bisa digunakan menempuh jarak sejauh 24 kilometer. Sangat irit untuk ukuran SUV.

Compact SUV yang diproduksi dan didatangkan secara CBU daro India ini hadir sejak 2013 dalam tiga varian; RXE, RXL, dan RXZ. Harganya juga sudah sangat kompetitif, yakni sekitar Rp120 jutaan untuk tahun 2015-an. Bagi pehobi off-road, ada juga pilihan 4×4, hanya saja harga masih di atas Rp200 juta.

Suzuki Ignis

Yang terakhir termasuk daftar mobil paling irit BBM di Indonesia adalah Suzuki Ignis. City car fenomenal ini diklaim Suzuki memiliki konsumsi bahan bakar 1 liternya bisa menempuh jarak 23 kilometer.

Mobil Paling Irit BBM
Mobil Paling Irit BBM (Sumber Gambar: Google)

Terutama untuk model Ignis yang menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Sebagai mobil termuda di antara daftar mobil paling irit BBM, Ignis punya performa yang tidak mengecewakan.

Ini lantaran city car yang pertama kali diluncurkan tahun 2020, punya keunggulan dari dimensi yang compact, kelengkapan fitur, kepraktisan pengoperasian, serta konsumsi BBM. Tersedia dalam dua pilihan transmisi; manual 5 percepatan dan 4 percepatan Automatic Gear Shift (AGS), di antara keduanya memang ada perbedaan pengoperasian persneling.

Baca Juga: Apa Saja Ya Fungsi Lampu Kota Pada Mobil?

Dampaknya bukan saja pada kenyamanan berkendara, tapi juga konsumsi BBM pada tipe manual yang lebih baik.

Itulah daftar mobil paling irit BBM di Indonesia. Apakah Ada yang menarik perhatian Anda? Atau malah merupakan mobil Anda. Namun, perlu dingat bahwa tetap perhatikan cara mengemudi. Sebab, cara mengemudi juga dapat mempengaruhi bensin yang dikeluarkan.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *