Mobil Nissan Evalia: Mobil Keluarga Dengan Harga Terjangkau

Mobil Nissan Evalia merupakan salah satu mobil keluarga yang memiliki harga terjangkau. Namun, meskipun memiliki harga jual yang terjangkau sayangnya mobil yang satu ini tidak cukup menarik perhatian.

Sebab, pada tahun 2018 pihak Nissan memutuskan untuk menarik seluruh mobil ini dari pasaran. Sehingga, saat ini mobil Nissan Evalia sudah tidak diproduksi maupun dijual di pasaran.

Namun, meskipun begitu, Anda dapat membelinya dalam versi bekasnya. Dimana versi bekas mobil ini di jual dengan harga dibawah Rp 100 jutaan. Ya, beberapa menjualnya dengan harga Rp 60 juta. Wah, dengan harga yang sangat terjangkau apakah Anda tertarik untuk membeli mobil Nissan Evalia bekas?

Kelebihan Mobil Nissan Evalia

Jadi, Mobil Nissan Evalia pertama kali hadir pada 2012 dengan membawa dua varian, yaitu SV dan XV. Satu tahun setelah peluncuran di Tanah Air, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan saat itu menambahkan satu tipe lagi sebagai trim terendahnya, yakni St.

Mobil Nissan Evalia
Mobil Nissan Evalia (Sumber Gambar: Google)

Pada Januari 2014, NMI kembali memperkenalkan varian XV Highway Star (HWS) yang sekaligus merupakan tipe termewahnya. Seiring bertambahnya tahun, keberadaan Evalia nyatanya kurang begitu mendapatkan respon positif di hati masyarakat Tanah Air.

Tercatat selama 2017 NMI hanya berhasil menjual 17 unit aja. Tahun berikutnya Nissan memutuskan untuk menarik semua mobil ini dari pasaran dan menghentikan produksinya. Jadi, jika Anda ingin memiliki mobil ini maka hanya tersedia versi berkasnya.

Baca Juga: Yuk Ketahui Kelebihan Mobil Listrik Selain Ramah Lingkungan!

Nah, apakah kelebihan mobil ini? Apakah layak membeli versi bekasnya untuk mobil Nissan Evalia ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai kelebihan mobil Nissan Evalia. Selamat membaca!

Kabin Yang Luas

Kelebihan mobil Nssan Evalia adalah kabin mobil yang luas. Kabin yang luas akan meningkatkan kenyamanan ketika berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang yang duduk di belakang.

Luasnya kabin ini bisa didapatkan karena dimensi Nissan Evalia memang cukup besar, dengan detail ukuran panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.850 mm. Dimana dengan luas tersebut mobil Nissan Evalia bisa memiliki daya tampung kurang lebih untuk 8 penumpang sekaligus dalam satu kali perjalanan tanpa mengurangi rasa nyaman berkendara.

Terlebih lantai kabin mobil ini dibuat rata yang mana dapat memberikan ruang kabin lebih luas serta kemudahan kepada setiap penggunanya ketika ingin melakukan beragam aktifitas selama perjalanan.

Pintu Sliding Door

Kelebihan mobil Nissan Evalia adalah telah menggunakan pintu sliding door. Nah, dengan penggunaan mobil ini maka akan memungkinkan penumpang untuk naik dan turun dari mobil dengan mudah dan cepat.

Selain itu dengan menggunakan pintu dengan model sliding door maka akan memberikan kesan mobil mewah, bukan?

Konsumsi BBM Yang Irit

Kelebihan mobil Nissan Evalia yang selanjutnya adalah konsumsi BBM yang termasuk irit. Penggunaan dalam kota, Nissan Evalia mampu menempuh jarak 12 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota, mobil ini dapat meraih angka 17 km/liter.

Menurut data, konsumsi BBM jenis bensin dengan angka RON92 yang digunakan pada mobil ini terbilang cukup irit. Nah, apakah pengeluaran BBM yang irit membuat Anda ingin memiliki mobil ini meskipun dalam versi bekasnya?

Mobil Nissan Evalia
Mobil Nissan Evalia (Sumber Gambar: Google)

Mesin Yang Bertenaga

Kelebihan mobil Nissan Evalia yang selanjutnya adalah mesinnya yang bertenaga. Jadi, mesin ini dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga yang juga digunakan Livina.

Mesin berkodekan HR15DE Dual CVTV DOHC berkapasitas 1.5L 4-silinder segaris ini dapat menghasilkan tenaga 109 PS @5.600 rpm serta torsi maksimal 142 Nm @4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Untuk membuatnya dapat berjalan, putaran tenaga yang diatur menggunakan transmisinya tersebut kemudian ditranslasi melalui kedua roda didepannya.

Design Yang Unik

Kelebihan selanjutnya dari mobil Nissan Evalia yang selanjutnya adalah memiliki design yang unik. Yang membuat mobil ini unik adalah adanya jendela kecil di bagian tengah. Jadi, jendela kecil yang disematkan pada baris keduanya yang bisa kalian buka ketika beristirahat didalamnya untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Selain itu jendal ini dapat digunakan untuk membantu sirkulasi udara agar tetap lancar apabila AC mobil mati. Sehingga, udara pada mobil akan tetap segar. Yang terpenting apabila sistem pendingin udara mengalami kerusakan, kalian tetap mendapatkan udara selama perjalanan.

Mobil Nissan Evalia
Mobil Nissan Evalia (Sumber Gambar: Google)

Ayunan Suspensi Yang Nyaman

Keunggulan selanjutnya dari mobil Nissan Evalia adalah ayunan suspensi yang nyaman. Jadi, mobil ini menggunakan suspensi berjeniskan MacPherson Strut with

Stabilizer di bagian depan serta Smart Comfort Suspension System di roda belakangnya.

Alhasil dari penggunan suspensi tersebut menghasilkan ayunan yang terbilang nyaman ketika melewati jalan berkontur. Untuk sesama MPV boxy, suspensi Evalia lebih bersahabat daripada rivalnya seperti Daihatsu Luxio. Karakternya hampir sama empuk dengan Suzuki APV.

Baca Juga: Merawat Mobil Manual: Ini Dia Tips Mudahnya!

Interior & Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan selanjutnya dari mobil Nissan Evalia adalah interior dan fitur yang cukup lengkap. Dimana, mobil Nissan Evalia ini memiliki interior yang dibungkus dengan bahan material yang terbilang cukup baik. Dengan begitu menjadikan mobil ini tidak terkesan murah meskipun harganya terjangkau.

Melihat fitur yang ada di mobil ini, kalian bisa menemukan Head Unit with DVD, AM/FM Radio, USB, and AUX, layar LCD 10″ Roof Monitor, 4 Speakers, Color MID, Power Door Lock, Front Power Windows, Tray Table with Cup Holders, Lower and Upper Glovebox, Center Console Box, 2nd Row Center Arm Rest, 1st Row and 2nd Row Seat Folding and Reclining, 3rd Row Tip-Up Foldable Seat, Leather Seat, Rear AC vent, Rear Parking Sensors, EPS, Driver Airbag, ABS, EBD, Brake Assist, Keyless Entry, Alarm System dan terakhir I-Key System.

Itulah kelebihan dari mobil Nissan Evalia yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin membelinya secara bekas. Ya, mengingat harganya yang murah dan dengan kelebihan tersebut mobil ini mungkin cocok untuk kalian yang ingin memiliki mobil namun terdsendat budget.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *