Mobil Morgan adalah salah satu mobil legendaris dari Inggris. Mobil Morgan tentu mempunyai banyak penggemar. Apalagi mobil Morgan termasuk mobil eklusive. Meskipun harganya yang mahal dan berdampak pada pajak yang harus dibayarkan, mobil ini selalu menarik para peminatnya untuk membeli.

Morgan tidak hanya memproduksi mobil roda empat. Mobil roda tiganya juga tidak kalah menjadi primadona. Selain itu, edisi lama mobil ini juga menjadi incaran para kolektor mobil antik.

Harganya yang mahal dan jumlahnya yang terbatas, tentu mobil ini mempunyai pasarnya sendiri. Bahkan untuk perawatnnya pun memiliki caranya sendiri. Sehingga, semakin lama usia mobil ini, maka harganyapun semakin menjanjikan.

Sejarah

mobil morgan

Mobil ini bernama Morgan Three Wheeler. Pendirinya bernama Henry Frederick Stanley Morgan. Morgan Motor Company di didrikan di Inggris pada tahun 1910. Lokasinya berada di di Malvern, Worcestershire dengan jumlah pekerja mencapai 220 orang. Pabrik tersebut pun mampu memproduksi mobil hingga 850 unit per tahunnya.

Perusahaan ini merupakan salah satu produsen mobil yang tetap bekerja dengan metode tradisnal. Dimana seleuruh produknya dibuat dengan tangan. Namun, hal ini yang menimbulkan kesan eksklusiv pada mobil. Selain itu, mobil dari Morgan selalu di rancang dengan desain yang menarik bahkan klasik.

Mobil ini baru memiliki banyak peminat setelah memajang mobil single seater tersebut di ajang Olympia Motor Show di London. Barawal dari hal tersebut, perusahaan mobil ini banyak menerima pesanan. Meskipun awalnya dianggap aneh dengan desainnya.

Setelah itu, Perusahaan Morgan mengikut sertakan mobilnya dalam kompetisi Cyclecar Grand. Momentum ini menjadi cikal-bakal HFS memproduksi mobil-mobil model “Grand Prix” sepanjang 1913-1926. Dimana selanjutnya berevolusi menjadi Aero dan sport dengan pendingin udara dari mesin sepeda motor yang ditempatkan di depan sumbu roda depan dalam chassis.

Mobil Morgan di Indonesia

Sudah berdiri sejak lama, Morgan pun mulai dimiliki oleh orang Indonesia. Tentu saja jumlah unitnya tidak banyak. Salah satu jenis Morgan terbaru yang berhasil mendarat di Indonesia adalah Morgan Aeromax Aero 8. Morgan Aeromax Aero 8 merupakan salah satu supercar tercepat di dunia.

Selain itu masih banyak mobil Morgan yang di miliki oleh orang Indonesia. Di Indonesia sendiri mobil Morgan merupakan barang mewah. Sehingga, para pemilik mobil ini akan dikenakan pajak barang mewah. Biasannya, pemilik mobil ini juga merupakan pecinta mobil antik. Sehingga tidak segan untuk mengeluarkan uang lebih demi memiliknya.

Baca Juga: Mobil Terbaru Mitsubishi: Spesifikasi Eclipse Cross 2020

Masalah Pajak di Indonesia

Beberapa waktu lalu mobil ini sempat menjadi perbincangan dalam hal pajak. Mobil klasik Morgan tentu memiliki pajak yang tinggi. Hal ini tidak terjadi hanya pada pemilik mobil merk Morgan. Namun juga merk mobil mewah lainnya.

Sehingga sering terjadi penunggakan pajak. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa mobil ini termasuk barang mewah, sehingga pajaknya yang harus dibayarkan juga tinggi. Tidak seperti pajak untuk kendaraan mobil pada umumnya. Jadi, jika ingin memiliki mobil yang satu ini, siapakn anggaran lebih untuk membayar pajak barang mewah.

Ulang Tahun ke 70, Morgan Keluarkan Mobil Baru

Saat merayakan ulang tahun yang ke 70 tahun, mobil ini mengeluarkan unit terbaru mereka. Mobil tersebut diberi nama Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition. Sebelumnya Morgan pernah mengeluarkan seri ini. Lalu, saat ulang tahun ke 70 Morgan merilis versi terbaru dari Morgan Plus 4. Di saat yang bersamaan produksi Morgan Plus 4 dihentikan.

Mobil ini memiliki desain klasik. Namun, dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir. Rencanaya mobil ini akan mulai di distribusikan pada tahun 2020 ini. Tidak hanya di lengkapi dengan teknologi mutakhir, kabarnya mobil ini digarap secara handmade. Mulai dari pembuatan frame hingga dibalut kulit di seluruh jok dan dinding kabin.

Bagian fisik Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition terbuat dari bahan almunium. Sehingga akan lebih kaku dan kuat dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, mobil juga akan hadir dengan cat platinum metallic. Morgan Plus 4 desain wajah atau bodinya mirip mobil jaman dulu di era 1930-an.

Bagian mesin mobil ini juga mengalami peningkatan. Meskipun meimiliki design yang klasik, namun mesin mobil ini sangat modern. Mesin yang diguankan pada Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition adalah twinPower turbo 2.0-liter empat-silinder. Mesin ini mampu menghasilkan daya hingga 255 Tenaga kuda dan torsi 400 Nm.

Pabrikan asal Inggris ini mengklaim bahwasannya Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition tahun mampu melesat dari 0-100 kpj hanya ditempuh dalam kurun waktu kurang dari tujuh detik dan dapat melesat hingga 240 Km per jam.

Bahan bakar Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition lebih efisien. Selain itu mampu mengurangi emisi CO2 sebanyak 30 persen dari model Morgan Roadster. Model ini juga diklaim lebih kompak 78 mm dibandingkan model Plus Six. bobot kosong Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition mencapai 1.009 kg.

Selain itu mobil ini juga dielngkapi fitur menarik lainnya. Fitur tersebut seperti sudah dilengkapi power steering, AC, dan masih banyak lainnya. Sehingga, tidak hanya tampilan mobil Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition ini juga jauh lebih keren dibandingkan dengan mobil klasik lainnya. Namun, fitur dan mesin juga mengalami peningkatan.

Sampai saat ini kabarnya Morgan Plus 4 70th Anniversary Edition dijual dengan bandrol sekitar 62.995 poundsterling atau sekitar Rp 1,14 miliar.

Mobil Listrik Morgan untuk Anak

Mobil listrik anak dari Morgan adalah salah satu mobil roda tiga yang diproduksi oleh perusahaan ini. Mobil ini diberi nama Morgan EV3 Junior. Mobil roda tiga ini melalukan debutnya di Geneva Motor Show 2016.

Meskipun mobil listrik untuk anak, namun pada faktanya mobil ini dilengkapi dengan kemampuan dan fasilitas yang menakjubkan. Sehingga, akan sangat berbeda dengan mainan anak pada umumnya.

Meskipun mobil untuk anak, namun pada faktanya mobil listrik Morgan EV3 Junior dapat menempuh jarak 16 kilometer. Jarak ini dapat ditempuh dengan membutuhkan empat jam pengisian baterai. Selain itu, kecepatan tertingginya mencapai 16 km per jam. bTidak hanya itu yang membuat mobil ini berbeda. Mobil listrik ini terbuat dari bahan serat karbon, material kayu berkualitas dan bahan kulit buatan tangan.

Morgan EV3 Junior dijual dengan banderol harga yang mahal. Harga mobil ini jika di rupiahkan mampu mencapai sekitar Rp140 juta. Karena menurut perusahaan mobil listrik mainan ini dibangun sesuai pesanan dan bisa dimodifikasi.

Selain ke dua mobil diatas masih banyak seri primadona lainnya dari Morgan. Salah satu yang masuk pasar Indonesia adalah Morgan Aeromax Aero 8. Mobil ini hanya diproduksi 100 unit untuk seluruh dunia. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur dan mesin yang menakjubkan. Morgan Aeromax Aero 8 mampu melesat pada kecepatan 0-100 km per jam dalam waktu 4,5 detik. Bahkan kecepatan maksimal dapat mencapai 260 km per jam.

Mobil Morgan
Mobil Morgan
(Sumber Gambar: Google)

Wah, siapa ya kira – kira pemilik mobil – mobil Morgan di Indonesia? Apakah ada yang memiliki lebih dari satu mobi ini?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *