Mobil mogok menjadi momok tersendiri bagi pemilik kendaraan. Apalagi jika mobil mogok secara tiba – tiba. Hal ini akan dapat menimbulkan kepabikan. Terlebih jika yang mengendarai mobil adalah wanita. Namun, kepanikan sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja saat mobil mogok karena awam dengan mesin mobil.

Banyak hal yang membuat mobil mogok secara tiba –tiba ataupun memang sering mogok. Itulah pentingnya perawatan mobil untuk dilakukan. Sehingga dapat mengurangi risiko seperti mobil mogok.

Ketika mobil Anda mogok hal apa yang dapat dilakukan sebagai penolong pertama?. Bagian mesin apa yang membuat mobil mogok?. Bagimana cara mengatasinya?. Semua pertanyaan tersebut akan kami rangkum dalam artikel ini.

Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan ketika mobil Anda mogok.

Penyebab Mobil Mogok

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mungkin pepatah itu harus kita terapkan terhadap mobil kita. Lakukanlah perawatan secara rutin terhadap mobil untuk mengurangi risiko ini. Namun, jika mobil tetap mengalami mogok mungkin Anda juga perlu mengubah cara memperlakukan mobil ketika digunakan.

mobil mogok

Aki Mobil

Penyebab yang pertama yang akan dibahas adalah aki mobil. Hal ini menjadi umum sebgai penyebab mobil bermasalah. Bahkan orang yang awam dengan mesin mobil, akan langsung mengecek aki ketika mobil mengalami mogok.

Ketika mobil memang mogok karena aki, maka Anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Periksa kondisi kabel di terminal aki terlebih dahulu. Bila terlihat kendur, kencangkan kabel tersebut dan bersihkan bagian terminalnya sekalian menggunakan kertas amplas. Namun, bila posisi kabel sudah tepat dan mobil masih belum mau dihidupkan kemungkinan Anda harus mengganti aki Anda.

Bisa jadi aki mobil sudah soak. Sehingga harus cepat diganti dengan yang baru. Jika dibiarkan masalah yang timbul tidak hanya mobil mogok. Namun, juga dapat menimbulkan masalah yang lain pada mobil Anda. Hal ini karena Aki merupakan komponen penting dalam mobil.

Alternator Mobil

Jika Anda sudah mengecek aki namun terlihat tidak bermasalah. Maka lakukan pengecekan pada alternator. Kedua komponen ini salng berhubungan. Masalah pada alternator biasanya putusnya gulungan kawat tembaga, putusnya diode, atau berkaratnya kabel. Masalah ini sering terjadi mobil yang sudah tua.

Jika alternator mengalami masalah maka Anda harus segera membawa mobil ke bengkel. Cara mendeteksi kerusakan pada alternator dengan menempelkan kabel distributor ke bagian tubuh sambil mencoba menghidupkan atau men-starter mobil. Jika tidak muncul percikan api, alternator berarti benar bermasalah.

Jika alternator yang bermasalah, maka aki tidak perlu diganti. Alternator sendiri adalah penyuplai atau penyalur listrik ke aki. Jika alternator sebagai penyuplai listrik ini rusak, aki pasti jadi tak berfungsi sehingga mobil pun enggan menyala.

Kehabisan Oli Mesin dan Gearbox

Hal lain yan memungkinkan terjadinya mogok adalah kehabisan oli. Oli yang dimaksud bukan hanya oli mesin tetapi juga oli gearbox. Cara mengecek oli cukup mudah untuk dilakukan. Buka kap bagian depan dan lepaskan batang oli mesin, lalu periksa kadar oli yang masih tersisa. Perhatikan apakah oli yang ada masih cukup baik atau sudah mengering dan perlu ditambah.

Sebagai pengatur gerak kendaraan, gearbox yang tidak memiliki cukup pelumas memang dapat menyebabkan mobil mati mendadak. Sehingga harus segera diatasi.

Terjadi Overheat

Overheat adalah penyebab kasus mobil yang mogok mendadak lainnya. Overheat atau mesin terlalu panas terjadi karena kurangnya air radiator. Pemilik jarang menlakukan cek pada air radiator, sehingga air radiator kurang atau bahkan kering.

Tidak adanya pendingin yang cukup untuk menjaga suhu mesin, berakibat fatal untuk komponen yang ada. Salah satunya piston kendaraan yang dapat meleleh dan menyebabkan fungsinya menurun atau terhenti.

Cek Radiator Mobil

Air pada radiator memang berfungsi sebagai pendingin yang berguna untuk menjaga suhu mesin. Oleh sebab itu, masalah ini dapat diatasi dengan mengisi air radiator. Perlu diperhatikan jangan mengisi air radiator dengan air kran. Hal ini tidak baik untuk mesin mobil.

Jangan langsung isi radiator jika mesin masih panas. Lakukan ketika mesin sudah dingin. Setelah itu coba hidupkan mesin setelah mengisi ulang radiator. Jika mesin tidak dapat dihidupkan bawalah mobil ke bengkel untuk peneriksaan lebih mendetail. Mungkin saja masalahnya ada pada bagian radiator yang lain, seperti selang atau sistem pendingin, sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penggantian komponen.

Baca Juga: Merawat Mobil Bekas: Risiko Jika Tidak Merawat dengan Baik

Kerusakan pada Diano Starter

Ketika mobil mogok tidak dapat disarter maka kemungkinan dinamo starter mengalami kerusakan. Memang, biasanya, komponen ini jarang sekali rusak jika bukan karena usia mobil yang sudah lama atau karena pemakaian yang kurang ramah.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil mengalami mogok. Lalu apa yang harus dilakukan ketika mobil mogok apalagi ketika sedang dijalan?. Berikut adalah hal sederhana yang dapat dilakukan ketika mobil mengalami mogok tiba – tiba dijalan.

Hal yang Dapat Dilakukan ketika Mobil Mogok

mobil mogok

Hal pertama yang harus diingat ketika mobil tiba – tiba mengalami kemogokan adalah jangan panik. Karena jika panik maka Anda tidak dapat berfikir jernih dan tidak melakukan apapun. Selanjutnya adalah nyalakan lampu hazrad. Hal ini jika mobil mogok saat malam hari.

Lampu ini berfungsi sebagi penanda ada mobil berhenti. Setelah itu carilah bantuan untuk menepikan mobil Anda. Apabila bisa melakukannya sendiri, segera tepikan mobil atau amankan mobil ketika mobil megalami mogok.

Lalu, pasangan segitiga pengaman jika Anda memilikinnya. Pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil dengan jarak sekitar tiga hingga sepuluh meter. Jika mobil Anda mogok di jalanan berliku, pasang segitiga pengaman sebelum tikungan.

Selanjutnya adalah lakukan cek pada komponen – komponen mmobil. Ada dua hal umum yang menyebabkan mobil mogok, yaitu sistem kelistrikan seperti komponen busi, aki, koil, dan lain-lain, kemudian terganggunya sistem bahan bakar seperti selang bensin, karburator, pompa bensin, dan lainnya.

Cek dan atasi jika Anda dapat mengatasinya. Mintalah bantuan jika disekitar Anda ada orang. Namun, jika tidak dapat diatasi segeralah telfon jasa mobil derek.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan unuk menghindari mogok tiba –tiba ketika dijalan. Pertama rajinlah melakukan servis pada mobil. Dalm buku panduan mobil sudah diberikan informasi mengenai servis yang harus dilakukan.

Baca juga: Merawat Mobil Calya: Kisaran Biaya Servis Rutin

Namun, waktu ideal untuk mengecek mobil ke bengkel adalah dua bulan sekali. Selanutnya adalah cek ketersediaan bahan bakar dan selalu panaskan mesin sebelum berkendara. Lakukan ini dalam penggunaan keseharian.

Terakhir adalah simpan nomor bengkel langganan. Sehingga Anda dapat menggunakannya ketika membutuhkannya.

Itulah informasi mengenai mobil mogok. Komponen – komponen yang biasannya menjadi sebab mobil mengalami mogok. Selain itu hal –hal apa saja yang dapat Anda lakukan dan pencegahan sederhana untuk menghindari mogok. Lalukanlah perawatan mobil sebaik mungkin. Sehingga dapat menghindarkan mobil Anda dari mogok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *