Mobil listrik Tesla sempat menjadi topik pembicaraan pada tahun lalu ketika merilis Model 3. Tesla merupakan produsen mobil elektrik tingkat global. Semenjak berdiri pada tahun 2008 silam, Tesla selalu mengeluarkan mobil elektrik berperforma tinggi dan mendapatkan tempat di industri otomotif.

Sampai saat ini Tesla telah mengeluarkan dua puluhan tipe mobil listrik. Mobil listrik dari Tesla selalu dilengkapi dengan fitur canggih. Selain itu, pada setiap modelnya, perusahaan ini selalu memperbaiki kekurangganya. Seperti kemampuan pengisian daya mobil yang terus diperbaiki.

Presiden mengeluarkan Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang peraturan kendaraan listrik. Sehingga, industri mobil listrik sangat mendapatkan tempat tempat di negeri ini. Dengan adanya peraturan presiden ini, pengguna mobil listrik juga banyak mendapatkan kemudahan dari pemerintah.

Kemudahan yang dapat di dapatkan oleh pemilik salah satunya adalah bebas dari peraturan ganjil genap. Selain itu masih ada banyak keunggulan yang dapat di rasakan oleh pemilik mobil listrik dari Tesla. Berikut akan kami sampaikan keunggulan dan kekurangan serta informasi yang perlu diketahui tentang mobil listrik Tesla.

Keunggulan Mobil Listrik Tesla

Sejak awal memproduksi mobil listrik, perusahaan ini selalu menampilkan keunggulan. Hal ini tidak hanya semata – mata menarik perhatian masyarakat yang masih asing dengan penggunaan mobil listrik, namun keunggulan juga menjadi nilai plus mobil listrik. Selain adanya kemudahan yang di berikan pemerintah sebagai bentuk dukungan terhadap mobil listrik, perusahaan pun melengkapi mobil listrik tersebut dengan berbagai keunggualn.

Berikut adalah keunggulan dari mobil listrik merk Tesla yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Mobil Ramah Lingkungan

Seperti yang kita ketahui mobil listrik adalah mobil yang ramah lingkungan. Mobil listrik tidak menggunaan bahan bakar miyak. Sehingga pembakaraan tidak mengeluarkan karbon dioksida. Hal ini, akan berdampak pada udara dan lingkunga. Mobil listrik juga menghasilkan suara yang senyap dan halus.

Untuk itu, pemerintah mengeluarkan peraturan yang memudahkan pemilik mobil listrik. Sehingga, diharapkan akan semakin banyak orang yang beralih ke mobil listrik.

Kemudahan tersebut seperti Pemilik mobil listrik tidak perlu cemas soal sistem ganjil genap. Pengguna mobil listrik dapat bebas melintas kapanpun. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk pengisian daya juga jauh lebih hemat dibandigkan mobil konvensional. Tentu saja, hal ini menjadikan banyak orang berfikir untuk memilih mobil listrik ini.

Biaya Perawatan Lebih Murah

Harga pembelian mobil ini tergolong mahal, belum lagi jika Anda membeli option lainnya dari mobil. Namun, biaya mahal itu hanya berlaku di awal. Setelah Anda memilikinya, biaya perawatan yang akan Anda keluarkan jauh lebih hemat dibandigkan mobil konvensional.

Biaya perawatan yang lebih hemat karena mobil Tesla tidak perlu melakukan pergantian oli secara reguler. Selain itu, mobil listik Tesla tidak perlu melakukan servis rutin seperti mobil konvensional.

Selain itu, mobil ini tidak menggunakan BBM. Menurut beberapa sumber, mobil listrik ini memerlukan biaya Rp 75.000,00 untuk mencapai jarak hingga 120 kilometer. Hal ini tentu lebih murah dibandigkan menggunakan BBM. Penggunaan energi yang lebih irit saat terjadi kemacetan.

Dilengkapi Fitur Cerdas dan Canggih

Setiap model Tesla dilengkapi dengan fitur canggih. Fitur canggih terbaru Tesla yang ada pada model 3 adalah Intelligent Transport System (ITS). Fungsi ITS adalah sebagai keamanan ketika berkendara. Dimana mobil akan segera terhenti sebelum menabrak sesuatu. Sehingga, teknologi dapat menjawab masalah resiko kecelakan ketika berkendara.

Karena teknologi ini, mobil listrik dianggap sebagi mobil aman yang digunakan untuk berkendara. Banyak sekali kejadian kecelakaan karena supir merasa lelah atu mengantuk saat mengemudi. Dengan adanya teknologi ini resiko akan berkurang.

Kelemahan Mobil Listrik Tesla

Dibalik keunggulan mobil listrik, tentu terdapat beberapa kekurangan. Kekuranggan ini lah yang masih terus diperbaiki oleh produsen. Mobil listrik Tesla juga memiliki beberapa kekurangan, sehingga pembeli akan berfikir untuk membeli mobil listrik. Selain harganya yang tergolong mahal, masih ada beberapa kekurangan mobil listrik.

Pengisian Daya Mobil

mobil listrik tesla
Pengisian Dya Mobil Listrik Tesla
(Sumber Gambar: Google)

Banyak yang harus dipertimbangkan ketika kita membicarakan pengisian daya mobil. Mobil listrik memerlukan pengisian daya listrik selama berjam jam untuk pengisian penuh. Dengan daya penuh, mobil listrik dapat menempuh jarak yang terbatas (setiap mobil Tesla memiliki daya tempuh yang berbeda). Sehingga, mobil ini mengalami kendala dalam jarak dan juga waktu yang diperlukan untuk mengisi daya ulang listrik

Pada model Tesla model 3 sudah disedikan baterai cadangan. Namun, harga baterai ini juga tidak kalah fantastis. Belum lagi mobil listrik ini tidak dapat mengisi di sembarang tempat. Hal ini karena daya listrik yang diperlukan untuk mengisi baterai cukup besar.

Keterbatasan Kecepatan

Meskipun dilengkapi dengan fitur canggih, mobil listrik tidak cocok bagi Anda yang menyukai kecepatan. Hal ini karena, kecepatan mobil listrik yang terbatas. Mesin pada mobil listrik tidak bisa dioprek. Salah oprek bisa menyebabkan korsleting bahkan kebakaran.

Daftar Mobil Listrik Tesla

mobil listrik tesla
Fitur Canggih Mobil Listrik Tesla
(Sumber Gambar: Google)

Perusahaan yang berdiri pada tahun 2008 ini, memulai dengan meluncurkan mobil listriknya bernama Tesla Roadster. Tesla Roadster merupakan mobil listrik tipe sport. Selanjutnya, Tesla mengeluarkan model S dan setelah itu di ikuti oleh model X. Selajutnya pada tahun 2017 di luncurkanlah model 3.

Sampai saat ini Teslah telah mengeluarkan banyak type mobil. Tidak hanya mobil sport tetapi Tesla juga telah mengeluarkan truk. Dari jumlah kapasitas penumpangnya pun bervariasai. Yang jelas, Tesla membuat mobil ini tidak hanya ramah lingkungan namun juga ramah untuk masyarakat.

Jarak tempuh yang dapat dilakukan mobil ini juga beragam. Model mampu menempuh jarak 434 kilometer per sekali pengisian daya. Model S juga dilengkapi fitur autopilot. Model X. Mobil ini bisa mengangkut tujuh orang dan mampu menempuh jarak sekitar 413 kilometer per sekali pengisian daya.

Sedangkan untuk Tesla Model 3 memiliki jarak tempuh yang berbeda. Hal ini karena Model 3 memiliki tiga varian. Yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Selain itu masih banyak tipe mobil Tesla. Namun tidak semuanya di jual di Indonesia. Sebagian besar mobil ini di jual di pasar USA.

Baca Juga: Ganjil Genap Mobil: Peraturan Lalu Lintas untuk Mengatasi Kemacetan Jakarta

Itulah informasi yang perlu diketahui sebelum Anda memutuskan membeli mobil Tesla. Banyak masyarakat yang masih ragu untuk membeli mobil listrik dan lebih memilih mobil konvensional. Kebanyak dari mereka masih memikirkan daya tahan baterai mobil. Untuk mencharge baterai mobil, Anda harus memiliki daya listrik yang cukup besar dirumah Anda. Masyarakat juga takut akan biaya perawatn baterai yang harus dikeluarkan.

Namun, disisi lain Mobil listrik sperti Tesla ini merupakan mobil ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan karbon dioksida dalam pembakarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *