Cat mobil adalah satu yang pemilik mobil perhatikan. Sebagai pemilik mobil, pasti kita ingin mobil selalu terlihat bersih dan mengkilap.Untuk itu, kita akan menjauhkan segala sesuatu yang dapat merusak cat mobil. Ya, sebab cat mobil sangat berpengaruh tehadap penampilan mobil.

Ada beberapa hal yang mungkin itu sepele, namun ternyata dapat merusak cat mobil, loh. Jadi, merusak cat mobil tidak hanya melulu soal mobil tergesek dengan benda lain saja. Ada beberapa benda yang sepele namun ternyata dapat merusak cat mobil.

Hal- Hal Yang Dapat Merusak Cat Mobil

Untuk mewujudkan mobil yang cerah, bersih, dan tidak kusam, pemilik wajib melakukan perawatan secara berkala untuk eksterior roda empat kesayangan, baik yang dilakukan sendiri atau dibawa ke bengkel. Selain itu perlu memperhatikan beberapa hal yang sepele namun dapat merusak cat mobil.

Apa saja hal- hal yang sepele namun dapat merusak cat mobil? Berikut ulasan yang dapat Anda simak.

Merusak Cat Mobil: Terpapar Sinar Matahari

Hal yang dapat merusak cat mobil yang pertama adalah paparan sinar matahari secara langsung. Ini artinya Anda tidak dianjurkan untuk memarkirkan mobil secara langsung di bawah sinar matahari. Jadi, carilah tempat parkir indoor ataupun yang teduh.

Hal ini disebabkan sinar ultraviolet (UV) dapat merusak cat mobil. Dimana warna cat akan pudah dan juga terlihat kusam. Apabila memang harus parkir di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung maka sebaiknya menutup kendaraan menggunakan penutup atau memiliki area teduh dan rindang. Jangan, menjemur mobil terlalu sering dan dalam jangka waktu lama, yaa.

Merusak Cat Mobil: Berdebu

Hal sepele selanjutnya yang dapat berdampak untuk merusak cat mobil adalah menulis pada bagian body mobil yang berdebu. Ya, siapa yang pernah iseng menulis pada debu yang menempel pada body mobil?

Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)
Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)

Hal yang satu ini tentu sangat sepele bukan? Bahkan terkadang kita iseng menulis dengan debu di body mobil. Namun, ternyata hal ini memiliki efek yang tidak baik untuk cata mobil. Sebab, ketika kita melakukan hal ini maka akan menimbulkan goresan pada cat mobil. Namun kita tidak bisa menyepelekannya walaupun hanya goresan kecil. Nah, untuk mencegah “keinginan” menuliskan sesuatu pada permukaan mobil yang berdebu, kebersihan mobil adalah kuncinya.

Mobil yang permukaannya bersih, pasti meminimalisir tangan-tangan jahil, termasuk tangan Anda untuk menggoreskan tulisan. Jadi, rajin- rajinlah mncucui mobil atau sekedar mengelap body mobil. Sehingga tidak ada debu yang menempel pada body mobil.

Namun jika memang goresan-goresan kecil sudah terlanjur ada, andalkan polish untuk membantu anda menghilangkannya.

Selain debu dari sekitar, ada abu hasil pembakaran juga yang dapat merusak cat mobil. Namun, bedanya dengan debu adlaha abu yang merusak mobil bukan hanya yang kering, namun juga yang basah. Tidak perlu terkena tangan jahil, abu yang basah ketika hanya didiamkan saja juga merusak.

Baca Juga: Kap Mobil Mengeluarkan Asap: Kenali 5 Penyebabnya

Sebab abu yang basah akan menciptakan asam basa yang dapat merusak cat mobil. Maka, jangan sembarangan membersihkan abu yang menempel di badan mobil dengan cara menyemprotkan air. Biarkan abu hilang secara alami terbawa angin saat kita berkendara. Baru sisanya dibersihkan dengan lap.

Jadi, berhati- hatilah dengan kotoran yang mungkin kecil namun dapat berakibat pada warna cat mobil Anda.

Merusak Cat Mobil: Getah dan Kotoran Burung

Selanjutnya, hal yang dapat mengakibatkan cat mobil rusak adalah masih menyangkut kebersihan mobil itu sendiri. Yaitu getah dan kotoran burung. Dua hal ini mungkin tidak sengaja menempel pada mobil Anda. Namun, jika Anda melihat hal ini menmpel pada mobil, segeralah bersihkan. Jangan sampai menunggu kering.

Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)
Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)

Apabila cat mobil ketetesan getah, sebaiknya pemilik mobil segera membersihkannya dengan pembersih lem atau pembersih cairan lengket. Setelah bersih dari getahm bisa menggunakan cairan pelindung cat.

Sedangkan untuk membersihkan kotoran, jangan langsung dihapus dalam kondisi kering. Sebaiknya kotoran tersebut di siram hingga kemudian di seka perlahan agar cat tidak baret. Tumpahan kotoran burung yang tidak segera dibersihkan dapat merusak cat dan bahkan logam.

Merusak Cat Mobil: Menempelkan Stiker

Selanjutnya adalah stiker yang ditempelkan pada body mobil. Hayo, siapa yang suka menempelkan stiker di badan mobil?

Stiker ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada body mobil. . Namun sayangnya, stiker tersebut tidak bisa bertahan lama, pemilik biasanya akan mencabut stiker apabila dinilai sudah tak berguna atau ingin menggantinya dengan motif yang baru.

Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)
Merusak Cat Mobil (Sumber Gambar: Google)

Meski demikian, mencabut stiker yang sudah tertempel di kaca maupun bodi mobil bukan perkara mudah. Bekas lem dan bercak sering kali tertinggal dan menjadikan tampilan mobil tak lagi sempurna. Cara mudahnya semprot air sabun dan dikelupas pakai cutter secara perlahan. Jangan gunakan bensin, jika sisa lem dari stiker membekas maka pemilik harus membersihkannya dengan menggunakan minyak tanah ataupun minyak kayu putih.

Itulah hal- hal yang sepela namun dapat merusak mobil. Ada beberapa hal sepele lain yang dapat merusak mobil. Seperti kopi yang ternayat juga dapat merusak untuk cat mobil. Hal ini disebakan oleh Kandungan asam di dalam teh dan kopi bisa menjadi musuh bagi cat mobil. Segera bersihkan tumpahan kopi dan teh dengan air biasa.

Selain itu serangga juga menjadi hal sepele yang dapat merusak untuk cat mobil. Sama seperti kopi, bahwa beberapa serangga ternyata dapat menghasilkan zat asam. Pemilik mobil sebaiknya membiasakan diri untuk mengelap mobil setiap pagi. Kebiasaan ini selain untuk menjaga kebersihan mobil, juga untuk menghilangkan zat asam yang dihasilkan oleh serangga.

Baca Juga: Tips & Trik: Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil

Bagaimana? Terdengar sepele bukan? Namun ternyata dapat berdampak untuk cat mobil menjadi rusak. banyak hal yang bisa membuat cat mobil menjadi kusam, kotor, dan akhirnya rusak. Untuk itu pemilik mobil harus memperhatikan bagian ini, terlebih cat mobil menjadi bagian terluar mobil yang setiap hari terkena paparan berbagai benda.

Selalu rajin untuk menjaga kebersihan body mobil. Hal ini juga akan membantu untuk menjaga warna cat mobil dalam kondisi yang baik. Perhatikan juga cara mencucinya, sebab mencusi mobil dengan cara yang salah juga dapat merusak mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *