Spion Motor menjadi salah satu bagian yang paling sering dimodifikasi. Sehingga, tidak hanya fungsinya sebagai komponen keamanan, spion motor juga sebagai komponen yang dapat mempercantik penampilan motor.

Karena kebutuhan modifikasi motor yang cukup tinggi, maka tidak heran jika banyak merek spion motor yang ada di pasaran. Masing- masing merek tentu menawarkan keuanggulannya masing- masing. Tidak hanya desainnya yang menjadi keunggulan masih- masing merek, namun juga material serta harga setiap merek juga cukup bersaing.

Meskipun spion yang berasal dari pabrik tentu telah memenuhi standar dan sesuai fungsi. Namun, namanya juga manusia, ada saja rasa bosan atau ingin mempercatik sesuatu. Maka, bagian spionlah yang sering dimodifikasi.

Namun perlu diperhatikan untuk tidak sembarang dalam memasang spion terlebih lagi bagi anda yang menyukai motor modifikasi. Sebab kebanyakan modifikator hanya mengutamakan aspek tampilan dari pada fungsi dan manfaatnya. Sebaiknya Anda menggunakan spion motor yang berstandar nasional dan juga pas untuk motor anda, selain penting untuk keselamatan berkendara, kendaraan bermotor tanpa dilengkapi spion dapat dikenai sangsi atau denda sebesar Rp 250.000 karena melanggar UU No.22 tahun 2009.

Di pasaran sendiri ada beberapa merek spion yang menjadi faforit. Sehingga, hal tersebut dapat menjadi acuan Anda untuk memilihnya. Namun, tetap di sesuaikan dengan motor Anda. Agar hasilnya menambah keren dan tetap sesuai fungsi untuk motor Anda.

Berikut adalah ulasan mengenai merek spion motor yang dapat menjadi rekomendasi motor Anda. Selamat menyimak!

Merek Spion Motor: Model Ducati CNC

Merek spion motor yang pertama adalah model ducati CNC. Spion yang satu ini di desain untuk mengurangi pantulan caha yang menyilaukan.Dimana sepion yang satu ini memiliki cermin kaca berwarna biru.

Sehingga, ketika terkena cahaya spion ini mampu mereduksi cahaya yang terpantul. Anda pun tidak lagi merasa silau saat berkendara di siang maupun malam hari. Jadi, bagi Anda yang sering berkendara di malam hari, spion ini mungkin bisa masuk list spion motor jika ada niatan untuk modifikasi.

Merek Spion Motor
Merek Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Tidak hanya itu, spion yang satu ini juga mempunyai desain yang cukup mewah. Tampilan spion model Ducati CNC terbuat dari rangka besi. Bahkan, Ducati dibuat khusus menggunakan mesin CNC.

Selain itu, cermin beserta tangkainya pun cukup kecil dan pendek. Spion motor ini sangat direkomendasikan untuk dipasang pada semua jenis motor berukuran ramping.

Merek Spion Motor: AHM Spion

Rekomendasi spion motor yang selanjutnya adalah spion dari AHM. Ya, spion yang satu ini berasal dari Honda dan biasanya terpasang pada motor Honda. AHM Spion sendiri dibandrol dengan harga sekitar Rp 145.000, 00. Ya, lumayan lebih mahal memang jika dibandingkan dengan spion motor lain.

Merek Spion Motor
Merek Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

AHM Spion dilengkapi dengan lampu sein. Sehingga, ini cocok dipilih untuk Anda yang ingin memodifikasi spion, tetapi tetap memperhatikan standar keamanan. Sebab, salah satu keistimewaan dari spion motor ini adalah adanya lampu sein pada bagian belakangnya.

Lampu sein pada spion tentunya membantu Anda untuk memberi sinyal kepada kendaraan di depan Anda saat ingin mendahuluinya. Dari segi bentuk, spion ini juga memiliki panjang tangkai yang tidak terlalu pendek.

Cerminnya pun cukup luas sehingga memberikan jarak pandang yang puas saat Anda berkendara. Spion Motor AHM sein lampu ini mudah diaplikasikan pada motor merek Honda.

Baca Juga: Nyetir Mobil Matik di Tanjakan? Simak 4 Tipsnya Agar Aman

Merek Spion Motor: R25 Yamaha

Rekomendasi spion motor selanjutnya adalah R25. Spion yang satu ini merupakan produksi dari Yamaha. Keunggulan dari spion yang satu ini adalah fugsional dan sporty. Sehingga, mampu menambah kesan gagah untuk motor Anda.
Dimana spion R25 juga memiliki tangkai yang panjang sehingga Anda dapat lebih luas melihat area belakang. Saat dipasangkan, motor akan terlihat semakin gagah dan sporty.

Merek Spion Motor
Merek Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Jadi, bagi Anda pemilik motor Yamaha, spion motor standar yang wajib Anda gunakan adalah produk ini. Dengan modelnya yang bisa dilipat, tentunya akan memudahkan Anda yang ingin berkendara di tengah kepadatan jalan raya.
Spion dari Yamaha yang satu ini cukup sering digunakan bagi pengendara sepeda motor modifikasi Yamaha NMAX dan LEXI. Yamaha R25 dibandrol dengan harag sekitar Rp 169.000,00.

Merek Spion Motor: Spion Motor Retro Kotak

Rekomendasi spion selanjutnya adalah spion motor retro kotak. Bagi para emilik motor jadul, harap merapat. Sebab, spion yang satu ini dapat menjadi pilihan jika ingin memodifikasi motor Anda.

Spion ini memiliki material yang sangat kokoh dengan kualitas yang baik. Polesan warna chrome pada spion ini sangat pas jika Anda pasangkan pada motor jadul.

Merek Spion Motor
Merek Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Bicara tentang fungsinya, spion ini sangat bisa Anda andalkan untuk melihat kondisi di belakang kita secara luas.
Jika memperhatikan desainnya, spion motor ini terlihat sangat elegan dan keren. Untuk masalah perawatan agar warna chrome tidak memudar, Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan lap basah.

Dengan segala kelebihannya, spion yang satu ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 353.000,00. Ya, meskipun cukup mahal, namun dengan kelebihan dan kesan yang akan semakin membuat motor Anda kelihatan keren, tentu ini sangat sepadan, bukan?

Merek Spion Motor: NMAX B2

Rekomendasi merek spion selanjutnya adalah NMAX B2. Spion yang satu ini berasal dari VND spion lipat. Banyak kelebihan yang ditawarkan dari spion yang satu ini. Salah satunya menjadikan motor NMAX Anda terlihat lebih sporty dan stylish. Ya, spion yang satu ini menawarkan kesan yang semakin sporty untuk tampilan motor Anda.

Merek Spion Motor
Merek Spion Motor (Sumber Gambar: Google)

Dari desainnya, NMAX B2 terlihat seperti spion mobil. Namun, spion ini dapat dilipat atau ditekuk. NMAX B2 sendiri terbuat darai bahan plastik ABS (akrilonitril butadiena stirena). Sayangnya, pemasangan spion lipat juga harus melubangi bodi dan memasang braket di dalamnya. Spion ini tersedia juga dalam pilihan warna hitam, putih, abu-abu, dark grey, dan merah. Harga spion yang satu ini sekitar Rp 298.800,00.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas Secara Tepat dan Tidak Menguras Kantog

Itulah beberapa rekomendasi merek spion motor yang ada di pasaran. Masih banyak juga merek yang ada di pasaran dengan harag yang berbeda- beda pula. Saat akan mengganti spion motor, pastikan bahwa spion tetap sesuai g=fungsinya dan pas dengan tampilan motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *