Saat ini merek shockbreaker mobil sangat banyak tersedia dipasara. Namun, hal ini menyadikan Anda harus semakin selektif dalam memilih merek shocbreaker mobil yang akan Anda gunakan untuk kendaraan kesayangan.

Shockbreaker atau yang biasa disebut dengan suspensi adalah sistem pada mobil yang berfungsi untuk meredam getaran saat melewati jalanan berbatu, gundukan jalan, maupun tanjakan. Berkat keberadaan shockbreaker, getaran yang didapat dari jalanan tersebut tidak dirasakan oleh penumpang.

Selain itu, shockbreaker juga dapat menjadi penentu keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara. Bila shockbreaker rusak, Anda dapat berpotensi mengalami kecelakaan. Sehingga, karena fungsinya yang sangat penting Anda tidak bisa sembarangan memilih merek shocbreaker mobil.

Tidak hanya merek shocbreaker mobil yang menjadi pertimbangan Anda membeli komponen yang satu ini. Namun, harga, jenis aterial, karakteristik shockbreaker dan jenis mobil jugaharus menjadi pertimbangan Anda.

Baca Juga: Memastikan Komponen Mobil Klasik Sebelum Membelinya!

Rekomendasi Merek Shockbreaker Mobil

Shockbreaker yang mulai bermasalah atau bahkan sudah mengalami kerusakan tentu akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. bahkan shockbreaker yang bermasalah juga dapat mengganggu handling.

Ketika shockbreaker mobil sudah mengganggu kenyamanan berkendara Anda, mungkin Anda harus segera menggantinya. Berikut telah kami rangkum rekomendasi terbaik shocbreaker mobil yang dapat Anda pertimbangkan untu kendaraan kesayangan.

Shockbreaker Mobil Tokico

Rekomendasi shockbreaker mobil yang akan kita bahas pertama adalah Tokico. Shocbreaker mobil yang satu ini adalah produksi dari Jepang.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh shockbreaker Tokico adalah harga yang bersahabat serta karakter lembut yang cocok dengan demografis penduduk dan kondisi jalan di Indonesia. Sehingga, shockbreaker ini cocok untuk konsumen yang ingin mobilnya lebih stabil meski sedikit mengorbankan kenyamanan.

Merek Shockbreaker Mobil
Merek Shockbreaker Mobil (Sumber Gambar: Google)

Shockbreaker ini bisa menjadi pilihan apabila tidak ingin menggunakan shockbreaker KYB yang pasaran. Shockbreaker Tokico umumnya digunakan sebagai pengganti shockbreaker dari Toyota Avanza hingga Nissan Serena. Harga Tokico untuk Toyota Avanza, Xenia, Rush, Terios satu set yai terdiri dari bagian belakang kanan kiri, dijual mulai dengan harga Rp 550 – 700 ribuan.

Shockbreaker Mobil Monroe

Monroe menjadi rekomendasi merek shockbreaker mobil selanjutnya untuk Anda. Merek shocbreaker mobil yang satu ini sudah ada sejak tahun 1919. Ya, dapat dikatakan bahwa merek ini merupakan leged dari shocbreaker.

Shockbreaker yang satu ini akan membuat kendaraan kamu jadi lebih nyaman saat digunakan. Selain itu, shockbreaker Monroe punya tampilan yang unik dan menarik dilengkapi bahan berkualitas yang membuatnya mampu memberikan kinerja terbaik.

Merek Shockbreaker Mobil
Merek Shockbreaker Mobil (Sumber Gambar: Google)

Keunggulan lainnya adalah merek ini mampu meredam atau menetralisir getaran spring pada mobil kamu dengan baik terbuat dari bahan berkualitas. Hal ini mempunyai efek dimana saat mobil berjalan dalam kondisi tidak beraturan, komponen ini mampu membuat mobil jadi lebih stabil saat dikemudikan.

Kelebihan lainnya, Monroe memiliki harga yang terjangkau. Di pasaran, harga shockbreaker Monroe dibanderol pada kisaran Rp 900 – 1,2 jutaan. Fakta menarik lainnya adalah shockbreaker Monroe merupakan pabrikan shock yang digunakan pabrikan mobil Suzuki untuk produk-pruduknya.

Jadi, bagi pengguna Suzuki Ertiga, apakah kalian sepakat dengan kelebihan dari shockbreaker Monroe?

Shockbreaker Mobil Kayaba (KYB)

Rekomendasi merek shocbreaker mobil terbaik selanjutnya adalah Kayaba atau biasa juga disebut dengan KYB. Shockbreaker yang satu ini juga mudah di dapat. Untuk mendapatkan shockbreaker mobil aftermarket ini hampir di mana saja.

Kayaba (KYB) juga masuk dalam rekomendasi merek shockbreaker mobil terbaik kali ini. Alasannya, shockbreaker KYB mudah didapat. Selain itu, yang menarik dari salah satu rekomendasi merek shockbreaker mobil terbaik ini adalah harganya yang cukup terjangkau meski dibekali dengan kualitas yang mumpuni.

Merek Shockbreaker Mobil
Merek Shockbreaker Mobil (Sumber Gambar: Google)

Tidak berhenti sampai di situ, shockbreaker mobil ini terkenal tahan dalam dan tersedia untuk hampir semua merek mobil. Di Indonesia sendiri, shockbreaker mobil KYB ini hadir dalam berbagai varian lengkap dengan karakteristik yang berbeda, di antaranya adalah Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G.

Misalnya Kayaba Ultra merupakan shockbreaker favorit untuk Avanza-Xenia. Shockbreaker ini memiliki karakter yang empuk, makanya cocok digunakan untuk mobil harian keluarga. Dipasaran, produk original Kayaba ini dibandrol pada kisaran Rp 1 – 1.5 jutaan untuk satu set kanan kiri.

Sedangkan Kayaba Excel-G adalah jenis shock absorber yang mengutamakan performa. Karakteristik bantingannya keras, namun tidak sekeras Kayaba Ultra. Kayaba Excel-G merupakan shock absorber double action seperti Kayaba Ultra. Material pengisinya adalah gas (40-50%) dan oli (50-60%).

Kayaba Excel-G meningkatkan handling, namun masih cukup nyaman. Kayaba Excel-G cocok untuk kendaraan yang sering digunakan keluar kota. Karakter suspensinya membuat gejala bodyroll dapat dikurangi, namun masih cukup nyaman. Namun, jika digunakan pada mobil berbobot ringan seperti LCGC, bantingan akan terasa keras.

Harga Kayaba Excel-G lebih mahal dari pada Kayaba Premium maupun Ultra. Misal untuk Daihatsu Grandmax, harga Kayaba Exel-G dibandrol pdaa kisaran Rp 700-800 ribuan, untuk satu set kanan kiri.

Shockbreaker Mobil Bilstein

Rekoemendasi terakhir untuk merek shockbreaker mobil adalah Blstein. Shockbreaker yang satu ini adalah buatan Jerman. Kelbihan dari merek ini adalah mempunyai spesialisasi damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat. Selain itu, shockbreaker mobil terbaik ini juga dibekali dengan teknologi canggih.

Merek Shockbreaker Mobil
Merek Shockbreaker Mobil (Sumber Gambar: Google)

Dimana Bilstein juga memiliki fitur yang membuatnya tetap nyaman dan empuk meski mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi. Selain itu, kelebihan lain dari shockbreaker ini adalah mampu menahan beban berat dan meredam guncangan dengan nmaksimal saat mobil dipacu di jalanan yang tidak rata atau berlubang.

Ya, untuk kualitas redam kejut merek ini jangan kita ragukan lagi. Sebab semua produk shockbreaker Bilstein pengujian kualitasnya ditempuh dengan riset cukup rumit. Konon untuk menguji produk terbaru Bilsatain selalu menempuh quality control di lintasan sirkuit seperti Nurburgring.

Baca Juga: Membersihkan Mesin Mobil: Tips Mudah & Lebih Awet

Selain itu Shockbreaker ini memiliki spesialisasi karakter damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat. Sementara itu, kekurangan dari shockbreaker ini adalah tingkat keempukannya tidak bisa diatur. Harga shockbreaker Bilstain dipasaran berkisar antara Rp 6 – 7 jutaan untuk satu set depan belakang.

Itulah rekomendasi merek shockbreaker mobil yang dapat menjadi reverensi Anda jika akan mengganti komponen yang satu ini. Dari harga yang termurah sampai yang mungkin menguras kantung namun disertai kualitas yang tidak main- main.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *