Saat ini ban mobil juga semakin berkembang. Para Produsen semakin menigkatkan performanya demi alasan keamanan dan keselamatan saat berkendara. Karena itu memilih merek ban mobil terbaik merupakan satu hal penting untuk dilakukan.

Banyak sekali rekomendasi merek ban mobil terbaik dipasaran. Dan kami telah merangkumnya. Sehingga rekomendasi ban mobil terbaik ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menjadi pilihan.

Rekomendasi ban mobil berikut tidak hanya hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan konsumen, khususnya untuk kendaraan penumpang. Apalagi ban sangat berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Memilih ban tidaklah boleh sembarangan. Sebab, merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah kendaraan karena berpengaruh terhadap laju mobil di jalanan. Kondisi ban yang baik juga lebih menjamin keselamatan dan kenyamanan saat mobil digunakan untuk berkendara.

Sehingga, pastikan jika Anda telah memilih ban mobil yang sesuai untuk mobil Anda. Sebab secara umum, ban mobil sangat memengaruhi performa kendaraan. Berbagai merek ban mobil pun berlomba-lomba untuk memproduksi ban mobil dengan spesifikasi tertentu.

Mulai dari meningkatkan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil.

Dari sejumlah fungsi ban mobil yang disebutkan di atas, setidaknya kita bisa jadikan patokan kalau memilih ban mobil itu nggak boleh sembarangan.

Rekomendasi Merek Ban Mobil: Bridgestone

Bridgestone adalah rekomendasi merek mobil yang pertama untuk Anda. Ya, merek yang satu ini pasti sudah tidak asing dan sering menjadi pilihan. Bridgestone merupakan merek ban asal Jepang.

Sehingga, soal kualitas ban mobil tentu sudah diakui oleh banyak produsen mobil baik dalam dan luar negeri.

Baca Juga: 4 Jenis Bahan Karpet Mobil dan Keunggulannya

Ban Bridgestone sendiri tersedia dalam bermacam produk sesuai jenis dan tipe mobil pun sudah diproduksi dengan rentang harga Rp 320 ribu – Rp 3,1 juta. Ban didesain untuk iklim tropis ini tersedia untuk beragam jenis kendaraan, dari mobil penumpang, truk, hingga alat berat. Ban ini memiliki teknologi yang menghasilkan daya cengkeram yang kuat sehingga ban tidak mudah tergelincir.

Hal ini dikarenakan ban ini menggunakan banyak lembar cord untuk membuat rangka (frame) dari ban tersebut. Selain itu, desain ban yang satu ini juga stylish namun tetap fungsional. Maka tidak heran jika di kalangan konsumen Indonesia, Bridgestone dikenal sebagai ban paling tahan lama alias awet dipakainya. Penggunaannya dalam kondisi normal sehari-hari bisa mencapai 2-3 tahun.

Rekomendasi Merek Ban Mobil: Michelin
Rekomendasi Merek Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Rekomendasi Merek Ban Mobil: GT Radial

Rekomendasi merek ban mobil yang selanjutnya adalah GT Radial. Ban yang satu ini merupakan produksi asli dalam negeri, loh. Namun soal kualitas jangan diragukan lagi. Merek yang satu dapat bersaing dengan merek luar negeri untuk soal kualitas. Ban ini memiliki kemampuan dalam menjaga stabilitas dalam berkendara.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau hanya berkisar ratusan ribu sampai satu jutaan. Yaitu sekitar Rp375 ribu sampai Rp1,4 juta. Tingkat keawetannya juga dikenal cukup baik. Untuk penggunaan normal sehari-hari, dapat dipergunakan antara 1-2 tahun.

GT Radial juga memiliki pilihan jenis dan ukuran yang cukup lengkap, khususnya untuk mobil penumpang, dari rim 13 sampai 20. Pilihan alur bannya juga tersedia mulai dari asimetris sampai sporty, karena itu sangat cocok digunakan untuk berbagai kondisi jalan kering maupun basah.

Rekomendasi Merek Ban Mobil: Michelin

Ban yang satu ini memiliki harga yang lumyan mahal. Namun, ban ini menjadi rekomendasi merek ban mobil yang patut Anda pertimbangkan untuk dipilih. Meskipun, merek yang satu ini tidak sepopuler dua merek sebelumnya. Padahal merek ban satu ini sering dipakai oleh mobil premium kelas atas.

Jangan heran kalau lihat harganya yang terbilang mahal. Inovasi paling terkenal dari ban mobil lansiran Michelin adalah peredam suara, daya tahan dan daya cengkram saat pengereman.

Sementara itu feedback positif dari pembeli pun mengatakan kalau ban Michelin dikenal paling awet. Berkat teknologi ini, ban sangat andal dalam kondisi jalan basah maupun pengereman mendadak bahkan ekstrem.

Produsen Michelin mengklaim, jarak pengereman bisa 1,5 meter lebih awal dibanding merek lain. Jarak tempuh juga lebih baik 25 persen. Merek ini lebih populer di dunia hobi dan balap, bahkan sangat populer di balapan sepeda motor. Di Indonesia, pilihan ban Michelin tidak sebanyak merek besar lain. Harganya berkisar antara Rp817 ribu sampai Rp4,8 juta.

Rekomendasi Merek Ban Mobil
Rekomendasi Merek Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Rekomendasi Merek Ban Mobil: Dunlop

Rekomendasi merek ban mobil yang selanjutnya adalah Dunlop. Dunlop juga pemain lama di industri ban mobil. Ban produksi pabrikan asal Amerika Serikat ini dikenal menerapkan berbagai teknologi terbaru untuk menghasilkan ban yang andal di berbagai kondisi jalan.

Saat mobil bermanuver ada teknologi Jointless Band Construction yang menjamin posisi ban bertahan secara optimal saat steering maksimal. Ketika menghadapi jalanan basah, ada pengaplikasian teknologi Asymmetric Tread Design yang menepis genangan air sehingga bisa meningkatkan daya cengkeram ban.

Rekomendasi Merek Ban Mobil
Rekomendasi Merek Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Istimewanya lagi, ada Noise Shield Technology yang bakal mengurangi tingkat kebisingan kabin sampai 50 persen. Teknologi ini mengikat lapisan advanced polyurethane foam ke permukaan internal ban. Bunyi ban lebih senyap tanpa mengurangi performanya.

Baca Juga: Rekomendasi Mobil Pick Up Terbaik 2021

Di kalangan konsumen, Dunlop dikenal sebagai ban dengan karakteristik lebih empuk dibanding yang lain. Namun penggunaanya dalam kondisi normal sehari-hari, masih bisa sekitar 1-2 tahun. Range harga ban mobil Dunlop juga terbilang terjangkau. Beberapa tipe ban mobil ada yang dibanderol Rp329 ribu – Rp 3,2 juta.

Itulah 4 rekomendasi merek ban mobil yang dapat Anda ertimbangkan untuk mobil Anda. Pastikan jenis ban sesuai dengan mobil Anda. Saat ini pilihan ban mobil terbaik memang semakin beragam.

Sebelum memilih ban, ada baiknya pilih jenis dan tipe yang memang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pilih merk ban mobil yang tidak berisik jika ingin lebih nyaman saat digunakan di jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *