Merawat Setir Mobil – Merawat mobil tidak melulu tentang mengganti oli dan melakukan cek mesin mobil secara rutin. Bagian interior mobil seperti bagian setir juga ternyata perlu dirawat. Kenapa setir mobil harus dirawat?.

Setir atau kemudi adalah perangkat untuk mengemudikan jalannya kendaraan. Setir dihubungkan dengan perangkat mekanis atau elektronik untuk menggerakkan arah roda ke arah yang diinginkan pengemudi.

Saat ini setir telah mengalami banyak modifikasi. Tidak hanya dari kwalitas bahan setir namun juga beberapa stir telah dilengkapi dengan teknologi canggih. Sehingga setir menjadi bagian yang tidak luput dari perawatan.
Selain itu, setir merupakan bagian mobil yang paling sering disentuh. Sehingga setir akn mudah kotor dan menjadi sarang kuman. Untuk itu perawataan stir perlu dilakukan secara rutin. Sebab meyangkut kebersihan dan kenyamanan saat mengemudi.

Merawat Setir Mobil: Bahan Balutan Setir Mobil

merawat setir mobil

Lalu bagaimana cara merawat setir mobil? Dalam merawat setir mobil kita dapat melakukannya dalam keseharian. Sangat mudah merawat setir mobil, yang perlu diperhatikan adalah membersihkan sesering mungkin dan teratur.

Material yang terdapat di bagian pembalut setir mobil setiap orang berbeda-beda. Karena perbedaan jenis bahan tersebut, alat dan bahan untuk membersihkan setir mobil juga berbeda.

Ada dua bahan yang digunakan untuk membalut setir mobil. Pertama adalah bahan plastik atau vinyl dan kedua adalah bahan kulit. Untuk cara membersihkannyapun berbeda. Jadi, jangan sampai salah cara membersihkan sehingga akan merusak bahan dasar setir mobil.

Cara untuk membersihkan setir dengan bahan plastik atau vinyl sangatlah mudah. Selain itu alat untuk membersihkan juga sangat mudah ditemui di toko sekitar Anda tinggal. Untuk membersihkan stir dengan bahan ini Anda dapat menggunakan air hangat dan di campur dengan shampo.

Usahakan komposisi cairannya tidak terlalu kental. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer. Untuk bahan plastik atau vinyl Anda juga dapat membersihkannya dengan pembersih vinyl yaitu Turtle Wax F21, Autoglym Super Sheem atau Meguiar’s Quick Interior Detil. Cairan pembersih vynil bisa kamu dapatkan di toko ataupun supermarket terdekat. Selain itu Anda perlu mnyiapkan sikat gigi, kain lap bersih dan kain microfibre untuk membersihkan setir mobil.

Jika semua alat dan bahan telah disiapkan. Pertama, semprotkan cairan pembersih secara merata di permukaan plastik pembungkus setir kemudi, lalu diamkan beberapa menit. Kemudian gosok dengan kain lap bersih. Bersihkan kotoran yang menempel di atas permukaan roda kemudi dengan gosokan yang lembut sehingga tidak merusak bahan plastik.

Apabila masih ada kotoran yang sulit dibersihkan, semprotkan sekali lagi dengan cairan pembersih. Gunakanlah sikat gigi untuk mengangkat kotoran tersebut. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih yang halus atau kain microfibre. Itulah cara membersihkan setir mobil dengan bahan plastik atau vinly.

merawat setir mobil

Selanjutnya adalah setir dengan balutan bahan kulit. Untuk membersihkan setir dengan bahan kulit, Anda perlu mempersiapkan pembersih khusus. Namun, Anda juga dapat menggunakan yang dicampur dengan shampoo apa saja. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi, kain lap bersih dan kain berserat halus.

Langkah pertama untuk membersihkannya adalah hilangkan debu yang biasanya menempel pada kemudi berbahan kulit dengan menggunakan kuas atau kain lap kering. Selanjutnya, semprotkan pembersih ke seluruh permukaan roda kemudi secara merata dan biarkan beberapa saat sampai meresap ke bahan kulit tersebut.

Gosok lembut dengan sikat gigi terutama pada bagian-bagian roda yang ada noda membandelnya. Bersihkan dengan kain lap bersih dan kering. Perlu diingat untuk membersihkan pada bagian tengah kemudi terutama pada tombol-tombol fungsional yang ada pada mobil-mobil masa kini.

Bersihkan dengan menggunakan kain lap basah yang sudah diperas kering. Langkah pamungkas, gunakanlah bahan conditioner ke semua permukaan berbahan kulit yang ada di roda kemudi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban bahan tersebut.

Tips Merawat Setir Mobil

merawat setir mobil

Merawat setir mobil tidak melulu mengenai kebersihan setir. Mengingat fungsi utamanya untuk mengatur laju arah kendaraan sesuai keinginan dengan cara membelok-belokan roda depan. Tentu hal ini juga perlu mendapatkan perawatan sehingga fungsi setir tidak terganggu.

Selain membersihakn bahan balutan setir mobil. Anda juga perlu mencuci tangan sebelum menyetir. Mencuci tangan sebelum mengemudi merupakan langkah kecil yang dapat Anda lakukan untuk merawat setir mobil Anda. Bagi pengemudi yang akan menyetir mobil baiknya mencuci tangan terlebih dahulu, apalagi setelah selesai makan. Selain untuk menjaga kesehatan juga sebagai upaya untuk menjaga kebersihan setir.

Jangan lupa juga setelah cuci tangan untuk mengelap tangan dengan lap, supaya tangan yang basah setelah mencuci tangan tidak membasahi setir. Baca juga mengenai setir mobil goyang di kecepatan rendah.

Anda juga perlu memutar setir dengan kecepatan pean tau sedang sebagai bentuk perawatan. Putaran kemudi/setir yang dilakukan dengan kecepatan pelan dan halus akan membuat awet komponen power streeting. Tidak hanya manusia yang ingin diperlakukan secara baik, kemudi mobil pun juga. Bila kemudi mobil diperlakukan secara kasar, maka akan mengakibatkan kerusakan pada kemudi mobil kamu.

Bila sudah terjadi kerusakan pada setir/kemudi mobil kamu, mobil kamu akan susah dikemudikan. Apabila mau membelokan setir, kurangilah kecepatan mobil sebelum berbelok maka hidrolik akan bergerak secara perlahan. Baca juga mengenai penyebab setir mobil bergetar.

Selain memutar setir mobil dengan pelan atau sedang, Anda juga perlu memperhatikan ketika Anda mengoper atau memindahkan gigi mobil dengan baik dan benar. Hal ini tentu menjadi perhatian juga untuk para pemula.

Bagi pemula mungkin akan kebingungan mengatur gigi pada mobil, karena berbeda sekali dengan gigi pada motor. Kalo gigi motor cuma kedepan, kebelakang. Beda dengan gigi mobil yang umumnya memiliki 6 buah gigi, 5 gigi untuk maju, dan 1 gigi untuk mundur. Gigi mundur digunakan saat parkir atau berpapasan di tempat sempit.

Semua gigi tersebut harus digunakan sesui denga fungsinya masing-masing. Dalam melakukan perpindahan gigi pada mobil harus dalam keadaan tenang dan jangan gugup.

Itulah cara merawat setir mobil. Setir atau kemudi adalah perangkat untuk mengemudikan jalannya kendaraan. Setir dihubungkan dengan perangkat mekanis atau elektronik untuk menggerakkan arah roda ke arah yang diinginkan pengemudi.

Untuk membantu meringankan kerja pengemudi dalam mengemudikan kendaraan modern biasanya dilengkapi dengan power steering, yang merupakan perangkat elektronik ataupun hidraulik untuk membantu pengemudi meringankan setir.

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Bensin di Indonesia

Jadi, dalam merawat setir mobil, mulailah dengan rutin membersihkannya secara berkelanjutan. Sehingga setir mobil akan nyaman digunakan. Selain itu, perjalanan Anda akan sangat terganggu jika ada masalah dengan setir mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *