Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan: Apa Yang Pelru Dilakukan?

Merawat Rantai Motor– Ketika musim hujan turun, maka rantai menjadi salah satu komponen yang terkena imbasnya. Dimana, jika mengabaikan perawatan rantai motor saat hujan bisa jadi usia pakai komponen yang satu ini akan pendek.

Rantai sejatinya merupakan komponen yang terbilang awet dan minim perawatan. Tapi di musim hujan, bagian ini butuh perhatian ekstra. Merawat rantai motor harus lebih sering dilakukan karena air hujan bisa mempengaruhi keawetannya.

Mengingat pentingnya fungsi dari rantai motor ini, maka jangan sampai hujan merusak komponen yang satu ini. Jadi, saat musim hujan, rantai motor akan lebih cepat kering karena tersapu air hujan. Selain itu, air hujan yang bersifat asam juga mempercepat proses korosi yang mampu menimbulkan karat.

Selain itu hujan akan menyebabkan gesekan dengan gear, dimana dampak panjangnya adalah menyebabkan rantai kering dan tegang. Saat membawa beban berlebihan itu bisa putus karena rantai tegang dan kering.

Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan

Apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat rantai motor saat musim hujan? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda. Mengingat komponen yang satu ini jarang rusak, maka jangan sampai hanya karena sering terkena hujan menjadikan usia komponen yang satu ini menjadi pendek.

Membersihkan Rantai

Untuk merawat rantai motor saat musim hujan kita harus membersihkan rantai. Apabila rantai motor sering terkena air hujan, maka hal ini akan membuat rantai cepat berkarat sehingga akan menimbulkan suara decitan pada sepeda motor.

Karat yang ditimbulkan akibat kebiasaan tidak membersihkan rantai setelah terkena ir hujan. Apalgi, saat musim hujan akan mengakibatkan banyak kotoran yang menempel di bagian bawah motor. Rantai menjadi komponen yang paling sering dihinggapi kotoran lantaran memiliki banyak sela.

Permukaan rantai yang kerap berminyak juga membuat kotoran sangat mudah menempel. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka akan mengakibatkan kotoran tersebut lama-lama akan mengikis permukaan rantai sehingga mengurangi usia pakainya. Oleh karena itu sebaiknya rantai harus lebih sering diperhatikan.

Jadi, rutinlah mengecek kondisi komponen itu, apalagi jika sering terkena air hujan. Bersihkan rantai ketika melihat kotoran yang menumpuk. Caranya adalah dengen menggunakan sikat, lantas siram dengan air mengalir, lalu melumasinya menggunakan pelumas khusus rantai.

Tidak disarankan melumasi rantai menggunakan oli bekas atau gemuk karena bisa menambah kotor permukaan komponen tersebut. Oh ya untuk membersihkan rantai, Anda dapat meadukan dengan penggunaan sabun colek untuk melarutkan kotoran yang membandel.

Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan
Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Menggunakan sabun colek, akan membuat kotoran rontok dengan sendirinya. Lakukan sampai kotoran pada rantai benar-benar bersih. Oh ya, perhatikan waktu membresihkan rantai motor. Disarankan untuk langsung membersihkan rantai motor apabila terkena air hujan.

Hal ini karena sai digunakan rantai menjadi lebih lentur sehingga memudahkan pembersihan. Supaya lebih maksimal. Jadi, jangan sampai menuggu kotoran menumpuk baru dibersihkan. Untuk memudahkan dalam membersihkan Anda juga dianjurkan untuk menggunakan standar tengah saat rantai dibersihkan.

Saat membersihkan rantai motor, ada baiknya juga sekalian membersihkan bagian gir. Sebab, sama dengan rantai dan memang komponen ini satu paket, gir juga rawan kotor saat musim hujan. Untuk bagian gir Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain yang sudah terendam detergen agar kotoran lebih mudah dihilangkan.

Namun jika kotorannya membandel, baiknya pakai pisau berbahan plastik untuk mengerik kotorannya.

Menyetel Ketegangan Rantai

Dalam merawat rantai motor saat musim hujan yang selanjutnya adalah menyetel ketegangan rantai. Jadi, rantai motor yang sering digunakan akan membuat tingkat ketegangannya semakin kendur. Apalagi jika kondisinya kotor dan juga sering terkena iar hujan.

Dimana Rantai yang kendor bisa lepas seketika dalam perjalanan. Tentu jika hal ini terjadi akan merepotkan bukan? Maka Jangan dibiarkan rantai motor sampai kendur. Sebagai pemilik motor juga wajib rutin mengencangkan rantai bila sudah kendur.

Soal penyetelan rantai sebaiknya harus disesuaikan dengan standar bawaan pabrik. Dimana Umumnya, tingkat ketegangan berada di kisaran 2,5-4 cm bergantung pada motornya. Tingkat ketegangan rantai yang sesuai akan membuat pengendaraan terasa lebih nyaman dan tidak berisik.

Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan
Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Motor juga terasa lebih gegas saat gas dipuntir untuk berakselerasi. Saat membersihkan motor, tentu Anda akan menyadari jika rantai motor kendur. Maka, jika sudah begitu segera kencangkan rantai.

Jika sudah tidak mungkin untuk memotong rantai, maka segera ganti dengan yang baru. Apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, tidak ada salahnya untuk membawa kebengkel.

Rajin Melumasi Rantai Motor

Yang terakhir dalam merawat rantai motor saat musim hujan adalah dengan memberinya pelumas. Memberikan pelumas pada rantai motor dapat membantu rantai motor lebih awet. Namun, pastikan jika Anda menggunakan pelumas khusu rantai, ya.

Sebab, banyak seklai yang saih menggunaan oli sebagi pelumas rantai motor. Oli bekas yang dipakai pada rantai dan gear motor akan menimbulkan kerusakan. Sehingga dapat mengakibatkan rantai motor menjadi tidak awet.

Hal ini karena pada oli bekas sendiri terdapat berbagai macam kotoran yang ada pada mesin jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan oli bekas untuk pelumas rantai dan gear motor. Selain itu oli bekas akan mengakibatkan kotoran lebih mudah balik lagi.

Baca Juga: Kaca Mobil Berembun: Apa Yang Harus Dilakukan?

Hal ini disebabkan oleh sifat oli bekas yang kental juga akan membuat kotoran mudah menempel. Jadi, gunakan pelumas yang dihususkan untuk rantai. Sebab, pelumas tersebut memiliki formula yang dapat melunturkan kotoran.

Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan
Merawat Rantai Motor Saat Musim Hujan (Sumber Gambar: Google)

Lagi pula harga pelumas khusu rantai motor dijual dnegan harga terjagkau dan tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai kelebihan untuk membuat rantai awet. Jadi, jangan menggunakan oli lagi ya.

Itulah tips dalam merawat rantai motor setelah terkena air hujan. Jangan sampai menuggu rantai dan juga gear motor sangat kotor sampai membandel baru dibersihkan. Merawat rantai motor akan membantu memperpanjang usia pakai.

Ya, meskipun setiap komponen motor tentu saja memiliki usia sendiri-sendiri dan pastinya akan mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan pergantian, namun tentu saja kita bisa mencegah dan merawat agar bisa memiliki usia yang panjang. Jadi, beberapa tips diatas dapat Anda praktikan, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.