Merawat rantai motor harus dilakukan agar komponen yang satu ini tetap awet. Sama dengan komponen yang lain, merawat rantai motor juga ada tips & triknya, loh. Sebab, rantai motor menjadi salah satu komponen yang harus selalu diperhatikan.

Rantai sendiri mempunyai fungasi yang sangat penting. Yaitu sebagai penyalur tenaga putar dari mesin ke roda belakang dengan melalui perantara gear. Jadi, kita tidak dapat megabaikan perawatn komponen yang satu ini.

Mengingat keberadaannya dapat mempengaruhi kualitas berkendara kita selama di jalan. Bayangkan saja tanpa rantai motor, tentu kendaraanmu tidak akan bisa berjalan. Apalagi jika rantaimu sampai putus ketika dikendarai di tengah jalan.

Tentu hal ini akan sangat membahayakan. Maka dari itu perlu adanya perawatan yang maksimal dan menyeluruh agar rantai pada motor tetap awet. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan perawatan pada rantai kendaraan roda duamu.

Baca Juga: Rahasia Agar Ban Motor Awet

Merawat Rantai Motor Agar Awet

Dengan perawatan yang benar, umur rantai akan lebih panjang. Tidak ada yang sulit dalam perawatan rantai motor. Sama hal yang dengan komponen lain, sebagai pemilik kendaraan hanya perlu konsistensi dalm merawatnya.

Mengenai perawatan, rantai tidak memperlukan perrawtan yang berlebihan serta terlalu sering. Namun, tetap perlu dilakukan perawatan. Lalu perawatan seperti apakah yang diperlukan untuk rantai motor? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Memperhatikan Kebersihan Rantai Motor

Cara merawat rantai motor agar awet adalah dengan memperhatikan kebersihan rantai motor. Di karenakan letaknya yang berada di dekat roda, tentu rantai menjadi bagian yang paling mudah kotor. Debu, air, lumpur, bahkan pasir akan mudah menmpel pada komponen yang satu ini.

Merawat Rantai Motor Agar Awet
Merawat Rantai Motor Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Apalagi jika cuaca yang tidak menentu, maka hal ini juga akan mempengaruhi kondisi tanah. Maka dari itu, perlu adanya perhatian yang lebih intens pada bagian yang satu ini. Maka mau tidak mau Anda harus rutin membersihkan bagian rantai yang kotor untuk menghindari karatan dan beberapa masalah pada rantai yang lain.

Jangan sembarangan membersihkan. Gunakanlah berbagai macam produk cleaner atau pembersih untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motormu agar lebih optimal.

Menggunakan Pelumas Rantai

Cara merawat rantai motor agar awet yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pelumas rantai. Jadi, jangan hanya rajin membersihkannya, namun berilah pelumas pada rantai setelah dibersihkan.

Pelumas sendiri mempunyai fungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu. Namun, justru banyak orang yang salah kaprah.

Dimana menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Padahal, oli bekas ini malah menimbulkan kerusakan hingga membuat rantai motor tidak awet. Karena sebenarnya cairan oli bekas sudah terkontaminasi kotoran yang ada di mesin. Dimana menggunakan oli bekas akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet.

Jadi, bukannya membuat rantai motormu bersih atau terawat, kamu malah membuatnya kotor dan cepat rusak. Untuk itu pastikan kamu menggunakan pelumas yang dikhususkan penggunaannya untuk rantai motor. Kamu bisa menemukan cairan pelumas ini pada toko-toko otomotif maupun bengkel. Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot harus mengganti rantai motor yang rusak.

Periksa Kondisi Rantai dan Lakukan Penyetelan Secara Rutin

Memeriksa dan melakukan pengecekan secara rutin juga merupakan cara merawat motor secara rutin. Jadi, sebelum memulai berkendara alngkah baiknya jika Anda melakukan pengecekan terhadap rantai.

Merawat Rantai Motor Agar Awet
Merawat Rantai Motor Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Pastikan apakah rantai motor sudah kendur? Apabila terlihat kendur maka rantai harus segera disetel ulang. Sebab, rantai yang kendur atau terlalu kencang dapat membahayakanmu dan juga pengendara motor yang lain.
Maka dari itu, lebih baik kamu mengantisipasinya dari awal daripada mengalami hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Penyetelan dapat dilakukan sendiri ataupun dibawa ke bengkel.

Menggunakan Rantai Motor Yang Asli dan Berkualitas

Agar rantai motor awet selain perawatan juga diperlukan penggunaan rantai motor yang original atau asli. Pastikan Anda menggunakan rantai dan gear yang asli. Spare parts KW dan palsu memang lebih ramah di kocek, namun akan lebih mudah rusak.

Sebab, Harga yang murah biasanya memberikan kualitas yang biasa-biasa saja atau bahkan cenderung buruk. Oleh karena itu, tak ada salahnya kamu merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapatkan produk rantai motor yang original atau resmi dari brand motor Anda.

Merawat Rantai Motor Agar Awet
Merawat Rantai Motor Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Memang jika dibandingkan secara harga, rantai motor KW jauh lebih terjangkau. Namun perlu diketahui, bahwa biasanya harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Selain itu, dalam memilih rantai motor sebaiknya jangan hanya terpaku dan melihat model motor dan juga bentuk motoor yang menarik saja. Karena percuma juga kan jika memiliki bentuk yang menarik tapi tidak berkualitas.

Perlu Anda ketahui jika rantai pada motor ini bekerja sangat keras untuk bisa menjalankan motor. Oleh sebab itu juga diperlukan gear yang kualitasnya baik agar awet dan tidak gampang rusak di tengah perjalanan. Jadi, lebih baik menggunakan rantai motor yang berkualitas bagus dan benar-benar aman untuk motor kita dibandingkan dengan membeli yang tidak original.

Baca Juga: Sepele Tetapi Menyebabkan Ban Motor Cepat Rusak

Memberi Pelumas Rantai Motor

Cara merawat rantai motor agar awet yang pertama yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pelumas untuk merawat rantai motor. Cara yang satu ini memang terbukti sangat efektif dan juga tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan. Caranya adalah hanya dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai kita sudah bisa menjaga performa gear motor tersebut.

Menggunakan pelumas terhadap rantai motor juga dapat membuat kondisi rantai menjadi tetap basah. Jika rantai motor kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan semakin besar, hal ini karena kotoran dan juga kondisi rantai yang kering dapat membuat lapisan gear menjadi semakin mengikis.

Bagaimana? Mudah bukan merawat rantai motor agar tetap awet? Membersihkan, memastikan bahwa rantai tidak kendur tidak butuh waktu lama. Ya, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk memastikan bahwa rantai motor layak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *