4 Tips Merawat Pelek Motor

Merawat Pelek Motor – Pelek motor merupakan bagian yang mampu mendongkrak penampilan kendaraan Anda. Oleh karenanya, sebisa mungkin pelek motor harus selalu terawat. Sehingga kondisinya akan selalu prima.

Velg merupakan komponen yang menyatu dengan ban. Jadi, selain memperhatikan kondisi ban pastikan juga kondisi velg Anda. Apalagi jika akan berkendara untuk jarak jauh.

Sebab bukan hanya ban yang tidak prima saja yang dapat mempengaruhi kemanan dan keselamatan berekndara, namun kondisi velg yang tidak prima tentu akan mempengaruhi pengalaman Anda selama berkendara di jalanan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka diperlukan perawatan terhadap kendaraan roda dua yang satu ini. Setidaknya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Tips Merawat Pelek Motor

Sama dengan komponen lainnya, pelek motor juga harus mendapatkan perawatan. Apalagi velg merupakan komponen yang berkaitan dengan ban, velg pada motor menjadi salah satu bagian yang meski tidak terlalu vital namun penting untuk mendapatkan perawatan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Kredit Mobil Baru!

Ada beberapa tips dalam merawat pelek motor yang dapat Anda lakukan. Yuk, simak artikelnya sampai selesai. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai tips merawat pelek motor yang dapat Anda lakukan.

Berikut adalah ulasan lengkapanya. Selamat membaca, guys.

Rutin Membersihkan & Mencuci Velg

Merawat pelek motor yang paling mudah adalah rutin untuk membersihkan dan mencuci velg. Ini merupakan perawatan yang paling sederhana. Meski tak banyak yang memperhatikan, tapi velg menjadi salah satu yang terlihat jelas saat motor digunakan berkendara di jalan raya.

Untuk itu kebersihannya pun perlu Anda perhatikan secara rutin. Sebab, masih banyak orang yang menyepelekan kebersihan pelek motor mereka. Padahal, bagian ini sangat rentan dan paling sering kotor karena kontak langsung dengan medan jalan yang banyak kotoran.

Merawat Pelek Motor
Merawat Pelek Motor (Sumber Gambar: Google)

Apalagi, jika kondisi velg pada motor yang digunakan masih model jari-jari, seperti beberapa model yang berbahan besi. Tentu saja, Anda harus benar-benar bisa menjaga kebersihannya. Bila kondisi ini dibiarkan saja maka akan sangat mungkin nantinya bakal menimbulkan korosi bila tak segera dibersihkan.

Bahkan, bila ada indikasi korosi dan dibiarkan saja maka sangat berpotensi sekali memicu bagian ban dalam mengalami kebocoran yang mana disebabkan oleh kandungan garam besi efek dari korosi. Tidak berbeda dengan velg jari-jari, untuk beberapa motor yang menggunakan velg palang pun juga tak bisa luput dari perhatian.

Sebab, apabila banyak kotoran yang dibiarkan pada model velg talang seperti ini, sangat berpotensi sekali kotoran atau bahkan lumpur saat musim hujan masuk ke bagian sela bearing. Kondisi velg yang bersih tak hanya membuat tampilan motor Anda jauh lebih menawan. Namun juga terhindari dari terjadinya korosi atau karatan.

Terlebih jika Anda baru saja menggunakan motor tersebut berkendara untuk menerobos hujan. Air hujan yang mengenai velg motor bisa menyebabkan komponen tersebut berkarat dengan cepat.

Menghindari Jalan Berlubang

Menghindari jalan yang berlubang merupakan tips merawat pelek motor yang selanjutnya. Ya, hati – hati dalam berkendara juga menjadi bagian dari cara merwat vleg motor itu sendiri. Jadi, usahakan untuk menghindari lubang pada jalan saat berkendara.

Karena saat melewati jalanan berlubang, terjadi benturan antara ban motor dengan aspal. Jika benturan tersebut terlalu keras bisa menyebabkan velg motor bengkok atau bahkan retak.

Merawat Pelek Motor
Merawat Pelek Motor (Sumber Gambar: Google)

Selanjutnya, apabila sudah bengkok maka karet ban pelapisnya pun akan mudah mengalami kebocoran karena ada sela keluar angin pada bagian velg yang mengalami bengkok tersebut. Bila sudah terlanjur, jangan ragu untuk memperbaikinya ke bengkel khusus press velg.

Agar, velg dapat kembali presisi seperti sedia kala. Jadi, Dengan berkendara menghindari jalanan berlubang bisa menjadi upaya Anda dalam merawat velg motor. Langkah sederhana ini tentu menjadi tindakan preventif agar velg motor tidak mudah mengalami bengkok saat digunakan di medan jalan yang banyak lubangnya atau bergeronjal.

Menyetel Velg Motor Secara Berkala

Tips merawat pelek motor yang selanjutnya adalah dengan menyetel velg motor secara berkala. Sangat diperlukan sekali mengatur ulang bagian jari-jari pada vel motor guna mengembalikan kembali posisi jari-jari pada velg yang mungkin saja mengalami perubahan posisi.

Penyetelan seperti ini sangat wajib dilakukan, khususnya untuk motor dengan model velg jari-jari. Sebab, batang-batang metal pada velg jari-jari tersebut berperan sebagai penopang yang sangat berpotensi sekali mengalami ketegangan yang merupakan akibat dari penggunaan motor.

Jadi lakuakn penyetelan agar velg tetap kokoh dan nyaman saat digunakan berkendara. Idealnya, 6 bulan adalah waktu paling direkomendasikan untuk melakukan penyetelan velg.

Namun tak ada salahnya jika Anda ingin melakukannya setiap sebulan sekali. Terlebih jika Anda baru saja melewati jalanan yang berkerikil, berlubang dan sejenisnya.

Selain itu paling tidak setel velg ini dilakukan ketika motor terasa sepeleng atau tidak seimbang saat digunakan. Jika kondisi ini terjadi maka segera ganti dengan yang jauh lebih baru dan tentunya original.

Merawat Pelek Motor
Merawat Pelek Motor (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Tekanan Ban Motor Ideal

Tips merawat pelek motor yang terakhir adalah memastikan tekanan ban motor ideal. Ya, tidak hanya untuk merawat ban, namun tekanan ban yang ideal juga kan merwat pelek motor juga. Padahal hal ini sring disepelekan.

Padahal, tekanan angin pada ban motor juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi velg, lho. Jadi, tekanan ban motor yang terlalu rendah akan menyebabkan pengalaman berkendaramu kurang nyaman.

Karena velg motor bisa merusak permukaan dalam ban motor hingga menyebabkan bocor halus. Tidak hanya itu, velg motor Anda juga bisa penyok jika dipaksa berkendara dengan tekanan ban yang rendah secara terus menerus.

Baca Juga: Memilih Spion Motor: Perhatikan Standar yang Telah Ditentukan!

Itulah 4 tips merawat pelek motor yang bisa Anda lakukan bahkan tanpa perlu ke bengkel. Bagimana mudah bukan perawat untuk pelek motor? Ya, bahkan hal- hal diatas sangat dasar untuk dilakukan.

Bahkan beberapa tips diatas jika dilakukan tidak hanya akan merawat pelek namun juga akan merawatn ban motor. Jadi, luangkan wkatu untuk merawat pelek motor Anda, ya.