Sebagai salah satu transportasi harian, motor harus mendapatkan perawatan. Tidak hanya perawatan rutin seperti yang dianjurkan oleh pabrik, namun juga merawat motor harian harus juga dilakukan.

Sehingga, aktivitas sehari- hari akan lancar. Perawatan harian motor tidak hanya dilakukan saat pagi hari, namun juga saat menggunakannya sehari- hari. Perawatan Motor dilakukan agar kinerja mesin tetap dalam kondisi maksimal, selain itu kondisi bodi bahkan rangka juga dalam kondisi baik.

Apabila perawatan dilakukan dengan benar maka rasa nyaman akan dirasakan pemilik ketika berkendara. Selain itu jangan melupakan akan tampilan, bila tampilan Motor kita selalu bersih akan enak untuk dipandang.

Perawatan motor untuk harian juga sangat simple. Hanya butuh kemauan untuk melakukannya. Selain itu, perlu juga cara penggunaan sehari- hari. Sebab, cara penggunaan harian yang benar juga merupakan perawatan harian agar motor awet.

Berikut adalah ulasan mengenai tips merawat motor harian agar motor awet. Selamat menyimak.

Merawat Motor Harian Agar Motor Awet

Bentuknya yang kecil, irit, dan mudah selap-selip, membuatnya menjadi alat angkut plihan terutama oleh masyarakat kota-kota besar yang didera kemacetan.

Agar aktivitas sehari-hari lancar, sepeda motor tentu harus mendapatkan perawatan agar performanya tetap optimal. Tidak hanya perawatan rutin yang telah direkomendasikan pabrik. Namun juga perawatan harian pada motor. Idak hanya pada mesin namun juga pada cara penggunaanya. Berikut tips singkat untuk merawat motor harian agar motor awet.

Baca Juga: Persiapan Mobil Sebelum Mudik Agar Nyaman Dan Aman

Perhatikan Beban Motor

Tips merawat motor harian yang perlu diperhatikan adalah beban motor dalam penggunaan sehari- hari. Dimana, beberapa orang di Indonesia sering sekali membebani motor mereka melebihi kapasitas. Tentu hal ini tidak baik untuk motor, sebab mesin motor akan memiliki beban lebih.

Setiap motor itu ada batas maksimum daya angkutnya. Jika sering mengangkut barang berat efeknya cukup banyak. Pertama suspensi, kedua ban dan ketiga yaitu mesin. Bahkan masalah beban untuk kendaraan jenis motor telah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 10 ayat (4).

Apabila aturan muatan pada kendaraan bermotor ini dilanggar, sanksi yang harus dihadapi oleh pelanggar. Pada UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 307 tertulis bahwa pengendara yang melanggar aturan mengemudi dengan beban berlebih harus membayar denda paling banyak Rp500.000. Atau, ada juga sanksi berupa pidana kurungan paling lama 2 bulan.
Sanksi dan denda ini berlaku bagi semua pengemudi kendaraan bermotor di jalan yang tidak mematuhi tata cara pemuatan, dimensi kendaraan, maupun daya angkut, yang telah ditentukan.

Perhatiakan Cara Menghidupkan Motor

Tips merawat motor harian yang selanjutnya adalah cara meghidupkan motor ketika pagi hari. Ya, saat pagi hari atau pertama kali menghidupkan mesin motor lebih baik menggunakan menggunakan kick starter.

Pada saat akan menghidupkan mesin di pagi hari jangan keburu menggunakan electric starter. Tapi sangat dianjurkan untuk menggunakan kick starter. Hal ini dikarenakan saat di pagi hari kondisi mesin masih dingin, jadi sangat bijak menggunakan kick starter, apabila memaksa menggunakan electric starter itu akan jadi masalah jangka panjang.
Selalu Menjaga Kebersihan Motor.

Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet
Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet (Sumber Gambar: Google)

Tips merawat motor harian yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan motor. Menjaga kebersihan motor juga merupakan salah satu perawatan harian yang harus Anda perhatikan.

Kebersihan pada motor memang harus tetap dijaga, karena apabila Motor dalam kondisi yang bersih maka akan terasa lebih nyaman saat dikendarai. Kalau bisa menjadwal pencucian Motor seperti misalnya 1 minggu sekali atau 3 hari sekali. Selain menjadi kenyamanan, tujuan lainnya adalah agar cat motor tetap terjaga dan pada bagian penting seperti velg, knalpot serta bagian luar lainnya tidak cepat keropos.

Perhatikan Cara Berkendara

Tips merawat motor harian yang selanjutnya agar tetap prima adalah dengan memperhatikan bagaimana Anda menggunakan kendaraan tersebut. Jangan gunakan motor secara ugal- ugalan. Gunakanlah motor dengan bijak.
Perhatikan bagaimana cara Anda menarik gas motor. Selain itu, apabila motor Anda merupakan motor gigi, perhatikan pula cara menaikan dan menurunkan gigi motor.

Coba anda biasakan untuk mulai menjalankan sepeda motor dari persneling yang terendah dahulu misalnya dari gigi 1 dan dengan diiringi tarikan tuas gas yang seimbang dengan kecepatan semakin cepat anda bisa tambahkan lagi gigi motor anda dari awal 1 , 2 ,3 ,4.

Setelah Kecepatan pada motor sudah dirasa sudah cukup anda selanjutnya bisa melakukan operan ke persneling yang lebih tinggi , slow aja istilah alon alon asala klakon hehe , jangan menggunakan motor ngebbuttt- remm , ngebutt -rem apa lagi gas pol mentok – rem. maka ini bisa menyebabkan motor rusak.

Ban Motor

Tips merawat motor harian yang selanjutnya adalah memperhatikan tekanan angin pada ban motor. Ya, jika sebelumnya kita membahas bagaiman cara perawatan dari segi pemakaian, kali ini kita akan membahas perawatan harian dari segi komponen, yaitu ban. Jangan sampai ban motor kekurangan angin atau bahkan ban motor terlalu banyak angin.

Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet
Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet (Sumber Gambar: Google)

Sebab tekanan angin yang yang terlalu rendah akan menyebabkan kerusakan pada ban dan menyebabkan pengendalian terasa berat. Namun, jika tekanan angin terlalu tinggi akan menyebabkan komponen kemudi cepat mengalami kerusakan dan menyebabkan pengendaraan terasa sangat tidak nyaman karena ban terasa sangat keras.

Oli Mesin

Tips merawat motor harian yang selanjutnya adalah oli mesin. Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebi awet.

Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet
Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet (Sumber Gambar: Google)

Caranya adalah dengan memanaskan motor di pagi hari. Memanaskan motor adalah sebuah cara merawat dengan memanaskan mesin agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Cara memanaskan motor yang baik adalah panaskan motor kurang lebih 5 menit sampai 10 menit dan sebaiknya menggunakan kick stater saja jika menggunakan stater elektrik tentunya akan lebih banyak mengurangi bateray dari motor tersebut.

Baca Juga: Tips Perawatan Harian Mobil Agar Performa Selalu Maksimal

Bagiamana? Mudah bukan perawatan untuk motor secara harian? Mulailah dari hal kecil untuk perawatan motor kesayangan Anda. Bahkan Anda dapat memulainya tanpa mengeluarkan biaya. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan motor agar selalu prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *