Skip to content

Cara Merawat Motor Bebek Agar Performanya Terawat dan Tetap Awet

Merawat Motor Bebek – Motor bebek merupakan motor yang menawarkan banyak kemudahan. Namun, agar motor ini selau mudah digunakan, maka Anda tidak boleh melewatkan berbagai perawatan yang dibutuhkan motor bebek.

Sehingga motor bebek Anda tidak hanya performanya yang terjaga, namun juga memiliki usia pakai yang lebih lama. Sama dengan motor jenis lainnya, motor bebek juga memerlukan perawatan.

Perawatan yang dimaksud disini tidak hanya tentang servis rutin atau berkala, namun perawatan dalam penggunaan harian juga perlu dilakukan. Tidak semua perawatan motor bebek juga mengeluarkan uang, loh.

Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak melakukan perawatan terhadap motor bebek milik Anda.

Cara Merawat Motor Bebek

Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka Anda akan mencegah kerusakan yang besar. Sebab, ketika motor tidak kita rawat dengan baik, tidak hanya performanya yang menurun, namun juga biaya perbaikan jika terjadi kerusakan akan lebih banyak.

Untuk itu, jangan tinggalkan perawatan motor bebek karena dampak baiknya akan Anda rasakan dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, sebelum Anda menyesal motor bebek kesayangan mengalami kerusakan, sebaiknya mulailah untuk melakukan perawatan.

Beberapa perawatan hanya membutuhkan rutinitas dan bukan biaya yang terlalu besar. Daripada Anda harus mengganti suku cadang dalam jumlah besar sebaiknya ikuti beberapa cara merawat motor bebek agar performanya tetap prima.

Baca Juga: Tips Aman Berkendara Melewati Jalan Berlubang: Waspada Saat Berkendara!

Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda mengenai cara merawat motor bebek agar performanya tetap oke.

Rutin Memanaskan Motor

Perawatan motor bebek yang paling simpel adalah dengan memanskan motor setiap akan digunakan. Ya, biasanya hal ini dilakukan saat pagi hari. Jadi, sebelum melakukan perjalanan wajib hukumnya memanaskan mesin motor bebek. Jika masih belum, segera agendakan mulai dari sekarang.

Merawat Motor Bebek
Merawat Motor Bebek (Sumber Gambar: Google)

Meskipun Anda sudah menggunakan motor bebek dengan teknologi fuel injection , memanaskan motor sangatlah penting. Pemanasan ini berfungsi agar perubahan suhu mesin tidak terjadi secara mendadak, mengingat biasanya motor dalam kondisi mati semalaman.

Lonjakan suhu yang terjadi jika motor tidak dipanasi menyebabkan koponen-komponen mesin tidak bekerja secara maksimal. Hanya saja waktu memanaskannya sedikit berbeda dengan motor bebek yang masih menggunakan sistem karburator.

Pada motor injeksi Anda hanya perlu memanaskannya selama satu hingga dua menit sebelum digunakan. Sedangkan motor dengan sistem karburator akan lebih baik untuk dipanaskan kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Tujuannya agar oli mesin dapat naik dan melumasi semua bagian mesin sebelum semua komponen saling bergesekan dengan kasar.

Mengganti Oli

Cara merawat motor bebek yang selanjutnya adalah rajin mengganti oli. Lakukan penggantian oli secara bertahap. Oli menjadi perawatan mesin yang paling utama karena akan melindungi mesin dari gesekan yang terjadi.

Merawat Motor Bebek
Merawat Motor Bebek (Sumber Gambar: Google)

Penggantian oli biasanya disesuaikan dengan jarak tempuh. Sebab oli memiliki fungsi meredam gesekan sehingga mesin motor tidak cepat panas. Biasanya penggantian oli sekalian dilakukan saat servis berkala.

Sedangkan sebaiknya penggantian oli dilakukan setelah motor melakukan jarak tempuh sejauh 3.000 km, atau jika digunakan secara rutin, waktu yang dibutuhkan untuk servis rutin berkisar antara 2–3 bulan sekali.

Semakin sering Anda menggunakan motor, maka penggantian oli bisa kurang dari tiga bulan. Ketika kondisi oli sudah encer, maka harus segera diganti dan pastikan Anda menggunakan oli berkualitas.

Hindari menggunakan oli bekas atau palsu, jadi untuk menjaga kualitas oli sebaiknya Anda menggantinya di bengkel resmi terdekat. Oli yang kualitasnya menurun dan tidak segera diganti bisa menimbulkan masalah seperti muncul asap hitam dan bau terbakar.

Cek Tekanan Angin dan Ban

Cara merawat motor bebebk yang selanjutnya adalah melakukan cek tekanan angin dan ban. Sebelum berkendara selalu cek kondisi ban motor kesayangan Anda. Jika terlalu kempes sebaiknya segera ditambah angin.

Ban yang kempes berpotensi mudah bocor dan saat dikendarai akan terasa lebih berat. Kondisi ban motor tidak jauh berbeda dari rantai, angin pada ban dapat berkurang dengan cepat, khususnya pada kondisi cuaca dingin. Terutama jika Anda jarang menggunakan motor, angin pada ban harus terus di cek dan diisi.

Pastikan bahwa tekanan angin pada ban ada di ukuran yang tepat yaitu 26 psi. Ban yang terisi dengan angin yang pas membuat Anda lebih nyaman berkendara dan tidak mudah bocor. Selain mengisi angin, Anda juga harus mengganti ban sebelum terlalu gundul. Ban yang sudah halus akan sangat licin ketika motor dikendarai dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Merawat Motor Bebek
Merawat Motor Bebek (Sumber Gambar: Google)

Perawatan Filter Karburator

Bagi motor bebek yang masih menggunakan sistem karburator, Anda perlu menambahkan perawatan dari filter karburatornya. Filter ini berfungsi untuk sistem pengabutan ketika bahan bakar masuk ke dalam silinder di mesin motor.

Filter harus terjaga kebersihannya agar dapat menyaring kotoran yang terbawa oleh bahan bakar. Jika filter udara ini tidak berfungsi maka ada dua hal yang bisa terjadi. Pertama penggunaan bensin justru menjadi lebih boros.

Kedua suplai bensin pada silinder mesin justru berkurang atau terhambat. Cara merawat motor bebek pada bagian filter karburator ini cukup mudah. Yaitu menggunakan semprotan angin saja sehingga kotoran yang menempel dapat menghilang.

Baca Juga: 5 Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia, Apakah Mobil Anda Termasuk?

Servis Berkala di Bengkel Resmi

Lakukan servis berkala setidaknya 2–3 bulan sekali di bengkel resmi terdekat. Saat servis biasanya mekanik akan melakukan pengecekan pada bagian mesin, pergantian oli, rem, dan tekanan angin dalam ban. Jika Anda mengalami keluhan lain atau ada yang janggal dengan motor, Anda bisa langsung mengatakan pada mekanik yang menangani motor Anda.

Itulah tips dalam merawat motor bebek agara performanya awet. Selain itu perhatikan cara berkendara Anda dan batas bebean yang diangkut. Sebab, hal- hal tersebut juga mempengaruhi performa motor dalam wkatu jangka panjang, loh.

Jangan lupa juga untuk rajin mencucui bodi motor. Sehingga, warna cata juga akan tetap bagus dan kinclong. Sehingga tidak hanay mesinnya yang awet namun juga bodinya tetap kinclong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.