Begini 7 Cara Simpel Merawat Moge Harley Davidson

Merawat Moge Harley Davidson

Merawat moge Harley Davidson baik itu yang keluaran terbaru ataupun yang keluaran klasik sangat penting untuk anda lakukan.

Tujuan nya adalah agar moge Harley Davidson kesayangan anda tersebut tetap nyaman untuk diajak touring kemanapun anda mau.

Moge legendaris ini sekarang sudah banyak yang punya. Meskipun baru mampu memiliki yang keluaran tua / zaman dulu, tapi nyatanya yang tua makin banyak dicari sekarang ini.

Cara Merawat Moge Harley Davidson

Barang mahal bukan berarti perawatannya mudah. Barang-barang koleksi mahal justru memerlukan perhatian khusus.

Termasuk barang-barang otomotif, seperti Harley-Davidson misalnya. Salah satu yang mungkin terlupakan, misalnya saat mengganti oli.

Tidak jarang, pemilik moge mengeluhkan motornya terasa berat, atau terdapat kebocoran oli. Hal tersebut, tentu saja sangat mengganggu, terutama saat pemilik tengah melakukan touring.

Keluhan tersebut, hanyalah beberapa hal yang mungkin disebabkan oleh pergantian oli yang kurang tepat. Sayangnya, pengetahuan tentang pergantian oli tidak dimiliki semua bikers.

Banyak yang menganggap bahwa mengganti oli sekadar membuang oli lama dan mengganti dengan yang baru. Kenyataannya, sangat jauh dari hal tersebut.

Misalnya, mengganti oli moge Harley Davidson tipe Touring di authorized dealer Harley Davidson berarti ada banyak pemeriksaan menyeluruh lainnya.

Di antaranya, ketika Anda melakukan penggantian oli, motor juga diperiksa kedalaman tapak dan tekanan angin ban depan dan belakang.

Berikut kami jabarkan satu per satu dari enam tips simpel merawat moge Harley Davidson, yuk!

1. Ketika memanaskan mesin, lebih baik dibawa jalan

Sebelum berangkat touring ke luar kota, sebaiknya anda memanaskan moge terlebih dahulu. Meski begitu, cara memanaskan moge Harley Davidson sedikit berbeda dari motor pada umumnya. Anda disarankan untuk memanaskannya dengan cara dibawa jalan, bukan cuma diam saja.

Dibawa jalan di sini maksudnya adalah berkendara ringan yang tidak perlu menarik gas terlalu besar. Misalnya hanya sekadar berkeliling komplek perumahan saja.

Dengan cara memanaskan seperti ini, dipercaya sistem jalur oli akan berjalan lebih baik. Saat tidak ada rencana touring pun kamu harus rajin memanaskannya setidaknya 2-3 hari sekali.

2. Menggunakan BBM kualitas tinggi

Moge Harley Davidson dibekali mesin gahar yang mengusung teknologi dan kualitas tingi. Karena itu, sangat disarankan kamu mengisi bahan bakarnya sesuai dengan anjuran yang ada.

Minimal, kamu harus memakai bahan bakar dengan oktan 95 ke atas agar proses pembakaran selalu berjalan sempurna.

Secara kualitas mesin, Harley Davidson memang berada di atas rata-rata motor secara umum. Dia termasuk tahan banting dan tahan terhadap cuaca.

Tapi siapa yang bisa jamin, ketika cara merawat moge Harley Davidson justru semaunya sendiri? Manusia yang sangat kuat pun bakal tewas kalau setiap harinya diisi minuman keras.

Itulah pentingnya memperhatikan BBM untuk moge Harley Davidson. Sekali mungkin enggak apa-apa. Tapi kalau sudah terlalu sering diberi minuman berupa BBM oplosan, nanti terpengaruh juga.

Pengaruhnya bisa menyebar, terutama pada bagian yang terkomputerisasi. BBM yang paling baik itu beroktan tinggi, seperti pertamax Plus.

Karena itu, sangat disarankan supaya mengisi bahan bakar sesuai dengan rekomendasi yang tersedia.

3. Lakukan perawatan busi dan oli

Sama seperti motor lainnya, merawat moge Harley Davidson wajib mengganti oli secara rutin sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Biasanya, setiap 8000 KM moge ini harus ganti oli sembari melakukan servis berkala.

Lalu, bagaimana jika anda hanya mengendarai Harley Davidson di waktu tertentu saja, misalnya touring? Tetap wajib rajin ganti oli, tetapi hitungannya bukan lagi jarak melainkan hitungan bulan (tergantung kualitas oli).

Bila moge jarang ditungganggi, pastikan setidaknya mengganti oli setahun dua sampai 3 kali, agar oli lama tidak mengendap.

Inilah yang di maksud dengan simpel nya merawat moge Harley davidson. Bukankah caranya sama dengan perawatan pada motor biasa?

Tanpa melihat seberapa jauh motormu pernah melaju, rajin saja ganti olinya. Misalnya 2 minggu sekali. Bisa pula 1 minggu sekali.

Oli itu ibarat darah pada manusia. Ketika kekurangan, maka lajunya jadi enggak maksimal.

Merawat motor kesayangan memang sudah menjadi kewajiban setiap biker jika ingin tunggangannya selalu dalam keadaan prima. Apalagi jika motornya sekelas moge Harley Davidson yang harganya relatif mahal.

Berbeda dengan motor harian yang biasa ditemui di jalanan perkotaan, moge Harley Davidson cenderung menuntut biaya servis yang cukup mahal apabila ada masalah yang harus diperbaiki.

Merawat moge itu nggak sulit, kan? Bahkan bagi anda sebagai pemula pun bisa menerapkan cara yang sudah dijelaskan di atas. Kuncinya adalah sabar, telaten, dan selalu ingat kebutuhan terpenting dari moge anda.

Yang wajib anda perhatikan, walaupun Harley Davidson adalah motor kelas atas dengan bodi bongsor dan mesin yang besar, perawatannya sehari-harinya ternyata kurang lebih sama dengan motor kebanyakan.

Untuk sebagian pemilik Harley tua yang sudah rusak sekarang makin mudah diperoleh karena banyaknya jaringan komunitas.

Akan tetapi ada beberapa seri yang bagian-bagiannya masih sulit ditemukan di dalam atau luar negeri, lho. Maka dari itu, oli harus diganti jika sudah mencapai angka 80.000 kilometer.

Yaitu, dua bulan sekali. Karena, jika terlalu lama tidak digunakan dan tidak diganti, oli akan mengendap dan imbasnya ke mesin.

Jadi, jika ada kebocoran segera perbaiki, jangan tunda. Jangan biarkan juga baut longgar, jika sudah longgar segera kencangkan kembali.

4. Sistem kelistrikannya jaga selalu

Moge Harley Davidson sudah menggunakan sistem yang terkomputerisasi, khususnya pada model-model terbarunya. Karena itu, anda wajib menjaga sektor kelistrikan misalnya aki. Selalu pastikan aki masih dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan jauh.

Beda dengan motor biasa, Moge Harley Davidson itu sudah memiliki sistem yang terkomputerisasi. Dengan kata lain, walaupun keluaran lama, tapi pada dasarnya didesain secanggih mungkin.

Sistem ini ada kaitannya dengan tenaga listrik yang berasal dari aki. Sangat tidak disarankan mengendarainya ketika hujan lebat.

Begitu pula ketika dipakai untuk melintasi medan yang berair tinggi. Bagian sistem komputernya terganggu. Hampir sama dengan elektronik lainnya, bahwa air merupakan sosok yang perlu dihindari.

Ganti akinya sih enggak mahal. Tapi kalau sampai sistem komputernya terganggu, bisa-bisa tabungan anda habis untuk memperbaiki organ vital itu.

5. Nggak kalah penting! Periksa tekanan ban dan rantai

Rata-rata, motor Harley Davidson keluaran tahun berapa pun memiliki kekuatan yang besar.

Ketika dilajukan, ia sanggup berlari kencang hanya dengan tarikan yang ringan. Itulah kenapa motor jenis ini sangat digandrungi oleh kaum muda maupun para penyuka motor berkonsep klasik dan vintage.

Dua tips berikut ini wajib anda lakukan ketika akan berangkat touring ke luar kota.

Perlu anda ingat bahwa mengendarai Moge Harley Davidson tidak semudah mengendarai motor biasa. Perlu keterampilan khusus untuk bisa menguasai motor ini.

Karena itu, jangan sampai sensasi berkendara anda terganggu hanya karena tekanan angin pada ban yang tidak sesuai.

Apalagi moge Harley Davidson tidak dipakai setiap hari, yang artinya sangat berpotensi tekanan anginnya kurang.

Setiap ban yang dipakai memiliki standar tekanan ban angin berbeda-beda. Namun yang pasti, kalau tekanan bannya kurang, maka kinerjanya juga akan terpengaruh.

Pada awalnya mungkin tidak begitu terlihat dampaknya. Katakakanlah setiap akhir pekan anda sering touring dengan Moge Harley Davidson.

Fatalnya, tanpa mengecek tekanan angin pada ban sama sekali. Baik ban depan ataupun ban belakang, kalau sampai tekanannya kurang pas, bagian peleknya gampang rusak. Nanti kelihatan jelek kalau sudah diservis.

Bukan cuma ban, rantai juga menjadi komponen yang sangat vital untuk diperiksa sebelum anda melakukan perjalanan jauh.

Selalu sempatkan waktu untuk mengecek ketegangan rantai motor, jangan sampai terlalu kendur atau sebaliknya.

6. Cara memakainya jangan asal

Jangan mentang-mentang menggunakan motor gede legendaris, lantas memakainya serampangan. Namun, perlakukanlah Harley Davidson kesayangan dengan cara yang “lemah-lembut”.

Sebagai contoh, jika menarik gas, jangan disentak atau memainkan gas dengan ngegeber. Intinya adalah menggunakan perasaan.

Nah, mudah bukan? Jadi, intinya jangan sampai terlambat menanganinya jika terjadi masalah dan kerusakan supaya perawatannya lebih gampang lagi.

Terdengar mudah, tapi bila kamu tidak rajin, bisa jadi tips-tips standar ini banyak yang terlewat. Hasilnya, kondisi moge kamu menjadi kurang prima atau bahkan harus masuk bengkel dengan biaya yang tidak murah.

Baca Juga : “6 Tips merawat motor sport yang tidak pakai ribet!

Nah, itulah enam tips simpel merawat moge Harley davidson yang bisa anda terapkan untuk merawat moge Harley Davidson kesayangan anda.

Semoga ke enam tips tersebut dapat menambah wawasan anda tentang cara merawat moge Harley Davidson.

Jika informasi diatas bermanfaat juga untuk orang di sekitar anda silahkan share ke orang orang di sekitar anda tersebut, Sekian & Terimakasih. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.