Begini Cara Merawat Mobil atau Motor Secara Mandiri

merawat mobil

Merawat mobil atau motor secara mandiri masih banyak yang ragu untuk melakukannya tentunya dengan berbagai alasan.

Ada yang takut nanti kendaraan tersebut baik itu yang roda empat ataupun yang roda dua jadi bertambah rusak.

Ada pula yang memang ngga tahu sama sekali cara merawat mobil atau motor kesayangannya tersebut.

Mudahnya merawat mobil atau motor secara mandiri

Generasi milenial saat ini sudah banyak yang difasilitasi kendaraan oleh orang tuanya, apalagi yang pergi merantau untuk mencari ilmu ke luar kota.

Tujuan dari para orang tua tersebut memfasilitasi anak nya dengan kendaraan pribadi jelas bukan untuk memanjakan nya melainkan untuk memudahkan mereka bepergian kapan saja dan ke mana saja.

Tapi di era informasi digital saat ini yang tentunya memudahkan orang untuk menemukan segala informasi termasuk cara merawat mobil atau motor secara mandiri.

Anehnya kok masih jarang ditemukan dari kaum milenial tersebut yang bisa merawat kendaraannya secara mandiri dan kebanyakan mereka hanya bisa memakai atau menggunakan nya saja.

Sebagian besar mereka tidak tahu cara merawat kendaraan pribadinya, bahkan untuk hal yang paling mudah yaitu mencucinya sendiri pun mereka jarang yang mau melakukannya.

Padahal, pengetahuan tentang merawat mobil atau motor secara mandiri itu sangat penting.

Semisal tiba tiba ada masalah dengan kendaraan anda di jalan, paling tidak bisa melakukan pertolongan pertama pada kendaraan anda.

Ok, biar ngga kepanjangan basa basinya simak yuk tips mudah merawat mobil atau mobil secara mandiri berikut ini

Mencari informasi tentang cara merawat mobil atau motor secara mandiri bisa juga menghindarkan anda dari kerusakan kendaraan terlalu dini.

1. Coba sekali waktu cuci sendiri kendaraan anda.

Tempat pencucian mobil atau motor saat ini sudah banyak bertebaran, dari yang menawarkan fasilitas biasa sampai yang menawarkan fasilitas super lengkap cukup 15 menit (kalau ngga antri) mobilmu sudah bersih dan mengkilap dari kotoran yang menempel di kendaraan.

Tapi, coba deh sekali waktu cuci sendiri mobil anda tidak usah setiap hari minimal seminggu sekali sudah cukup.

Nah di saat mencuci anda bisa sambil mengecek keadaan kendaraan semisal tekanan udara di bannya, keadaan rantai motormu, sampai kondisi mesin dan akinya.

Dengan begitu jika ditemukan ada kerusakan atau masalah pada mobil atau motor anda bisa mengetahui lebih awal.

2. Cek Fungsi Lampu di kendaraan anda (sen.lampu rem & lampu indikator lainnya)

Komponen kendaraan yang penting adalah lampu bisa anda bayangkan jika anda keluar malam hari tanpa lampu di mobil atau motor dijamin akan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Lampu kendaraan ada di beberapa bagian mulai dari head lamp, sein, lampu rem, sampai dengan lampu indikator lain.

Cek satu persatu fungsi nya dengan cara menekan tombol masing masing dari lampu tersebut tentunya ketika semua berfungsi dengan baik anda pun akan nyaman & aman di saat mengendarai kendaraan tersebut.

Sekarang kita simak beberapa langkah mudah merawat kendaraan roda empat dibawah ini:

Cara Merawat Mobil Secara Mandiri

1. Cek Kondisi Ban Mobil

Tanpa ban mobil anda tidak dapat difungsikan untuk berkendara maka dari itu cek selalu kondisi nya mulai dari tekanan angin yang ada di dalam ban & Selalu bersihkan debu dari sisa sisa pengereman di sekitar velg ban mobil secara rutin.

Jika debu dari sisa sisa pengereman tersebut tidak dibersihkan secara rutin kemudian tercampur kotoran lain seperti tanah atau pasir yang terjadi adalah velg ban mobil anda akan mudah panas efek berikutnya ban mobil akan cepat rusak.

2. Cek kondisi air dalam radiator sebelum berpergian

Fungsi air dalam radiator adalah mendinginkan mesin agar tetap bisa berfungsi dengan baik sebaiknya jangan sampai telat dalam menambah air dalam radiator mobil anda.

Kalau air dalam radiator sudah hampir habis sebaiknya jangan menunda untuk menambahkan airnya, karena jika anda menunda nya disaat mesin mobil sedang digunakan maka akan terjadi overheat kemudian mogok dan mengeluarkan asap.

3. Cek kondisi oli mesin mobil anda, gantilah sesuai di buku petunjuk penggunaan

Merawat mobil secara mandiri bisa dengan cara cek kondisi oli mesin mobil anda agar tidak merusak dan mengganggu kerja mesin bekerja dengan halus dan maksimal.

Mesin mobil perlu oli untuk melapisi setiap komponennya dan oli ini tidak bisa dipakai selamanya perlu dilakukan penggantian secara berkala untuk menjaga performa mesin mobil anda.

Cara mengetahui kapan oli harus diganti bagaimana ya? Mudah aja kok pertama, lihat kondisi warna oli nya kalau sudah mulai menghitam itu artinya sudah waktunya untuk segera diganti.

Cara lain dengan cek stik yang biasanya ada di tempat oli mobil kalau terlihat pada stik sudah mendekati LOW, anda perlu segera untuk mengganti oli nya.

Cara yang paling mudah adalah melihat jarak yang sudah anda tempuh jika angka sudah mendekati 10.000 km oli mobil harus segera diganti dengan yang baru.

4. Gunakan Kuas atau sikat gigi untuk membersihkan filter karburator.

Jam sudah menunjukkan waktunya berangkat beraktifitas ehh tiba tiba mobil ngga bisa di hidupkan tenang jangan buru buru panggil teknisi.

Mobil tidak bisa di hidupkan belum tentu rusak coba cek dulu filter karburatornya mungkin agak sedikit kotor oleh debu dan kotoran yang kemudian mengakibatkan suplai bahan bakar atau udara ke karburator tidak tercukupi saat mobil di starter.

Jika anda ada dalam kondisi seperti ini segera buka kap mesin dan cek filter karburator, cabut filter karburator, kemudian bersihkan kotoran dan debu yang menempel menggunakan kuas atau sikat gigi.

5. Penting!! 3 barang ini harus ready di dalam mobil.

Pernah mengalami bocor ban di jalan yang tidak ada manusia di situ ?? jika pernah lalu apa yang akan anda lakukan ??

Sebelum anda bepergian menggunakan mobil siapkan tiga barang ini karena vital sekali yaitu dongkrak, kunci roda, dan ban serep.

Ketiga barang tersebut harus tetap ada di mobil anda untuk antisipasi jika di perjalanan nanti mengalami ban mobil kempes atau bocor dan anda sudah tidak lagi kebingungan dan bisa menggantinya sendiri.

6. Ban mobil kempes atau bocor di tengah jalan? Begini yang harus anda lakukan!

Ban mobil yang kempes atau bocor bisa anda rasakan pertama kali dari kemudi yang terasa lebih berat.

Saat anda merasa bahwa ban mobil kempes atau bocor, jangan paksakan untuk tetap berjalan, segera parkirkan mobil anda ke tepi jalan.

Walaupun jarak tujuan anda sudah dekat jangan dipaksakan karena keadaan ban seperti ini bisa membahayakan jika dipaksa karena bisa meledak dan membuat kemudi tidak stabil.

Arahkan tuas transmisi mobil dengan tepat jika mobil matic segera arahkan tuas transmisi ke “P”.

Jika mobil manual arahkan tuas ke posisi gigi 1 atau “R” kemudian tarik rem tangan.

Langkah berikutnya ganjal seluruh ban dengan batu atau kayu, kenapa harus diganjal batu atau kayu? Tujuan nya supaya mobil tetap pada tempatnya, terutama saat anda berada di jalan tanjakan atau turunan.

Selanjutnya nyalakan lampu hazzard (tombol segitiga merah) dan segera ambil dari bagasi kemudian pasang tanda segitiga sebagai peringatan ke pengendara lain.

Kemudian yang terakhir pasang dan taruh dongkrang di dekat ban yang akan di ganti agar terangkat semua dengan sempurna.

7. Pastikan Persneling N ketika mobil matic akan di dorong.
merawat mobil

Pengguna mobil matic masih banyak yang beranggapan jika mobil matic itu tidak boleh didorong atau diderek karena dapat merusak sistem transmisi.

Sebenarnya mobil matic itu boleh didorong atau diderek tapi hanya untuk membawanya ke tepi jalan atau dengan jarak maksimal 15 km.

Sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya persneling atau gigi harus berada pada posisi N supaya tidak merusak transmisi.

8. Jangan Abaikan servis rutin untuk mobil anda.

Servis mobil sangat penting untuk menjaga kesehatan performanya dan jangan servis hanya ketika terjadi kerusakan.

Lakukan servis menyeluruh secara rutin setiap 3 bulan sekali di bengkel langganan anda.

Mulai dari mesin, oli, freon AC, hingga keadaan ban mobil supaya mobil anda selalu berada dalam keadaan yang baik dan kalau ada masalah bisa cepat terdeteksi.

Jika anda merencanakan bepergian jauh menggunakan mobil sebaiknya servis mobil dahulu agar selama anda bepergian tersebut perjalanannya lancar tanpa hambatan.

Berikutnya kita simak lagi tips mudah merawat kendaraan roda dua di bawah ini:

Cara merawat motor secara mandiri

1. Servis lah motor anda secara rutin

jika jarak tempuh sudah mencapai 2.000 km atau sekitar 3 bulan segera lakukan servis motor.

Merawat motor secara mandiri memang tidak sebanyak dan seribet merawat mobil tapi bukan berarti merawat mesin motor lebih mudah.

Kualitas dan performa mesin motor perlu untuk tetap dijaga supaya motor anda bisa gunakan dengan aman dan nyaman.

Segera bawa motor ke tempat servis resmi secara rutin mulai dari mesin, rantai, oli, sampai dengan keadaan ban motornya.

2. Minimal 1 bulan sekali cek kelayakan busi motor anda.

Busi penting ? sudah pasti karena jika motor busi nya tidak berfungsi secara normal yang terjadi adalah motor tidak akan bisa menyala.

Busi berfungsi untuk mengeluarkan percikan api guna menghantarkan panas keluar dari ruang pembakaran.

Singkatnya busi ini adalah pemantik api pembakaran bensin untuk menggerakkan mesin motor anda.

Oleh sebab itu kelayakan busi sangat penting untuk selalu diperhatikan walaupun busi mampu hidup sampai jarak tempuh 8.000 km.

Tidak ada salahnya untuk selalu memeriksa kelayakan busi maksimal setiap bulannya jika kepala busi sudah menghitam seperti gosong lebih baik busi diganti yang baru saja.

3. Cek selalu rantai motor jangan sampai kendor ataupun kering
merawat motor

Fungsi rantai pada motor adalah untuk menggerakkan roda belakang. jika kondisi rantai motor anda kendor atau kering tentu nya tidak nyaman saat digunakan.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat berkendara menggunakan motor sebaiknya biasakan diri untuk mengecek keadaan rantai sebelum dipakai bepergian.

Jika terjadi rantai motor anda kendor cukup anda setel rantai dalam keadaan mesin mati.

Tapi jika rantai motor anda kering yang perlu anda lakukan adaah nyalakan motor kemudian masukkan ke gigi 1 lalu semprot rantai motor menggunakan chain lube atau oli rantai.

4. Ganti Belt Motor Matic Jika Sudah 25.000 Km

Merawat motor manual tentu beda dengan merawat motor manual yang menggunakan rantai.

Motor matic menggunakan belt untuk menggerakkan roda belakangnya belt memang jarang kendor dan tidak perlu diberi oli.

Tapi belt ada usia nya karena lama kelamaan belt ini akan aus dan kalau dipaksa terus digunakan padahal kondisi nya sudah aus bisa putus di tengah jalan.

Maka dari itu wajib baggi anda untuk memperhatikan dan mengganti belt motor matic anda setiap sudah menempuh jarak 25.000 km.

5. Perhatikan tekanan angin ban motor anda.

Sebenarnya, tekanan udara di dalam ban motor tidak terlalu spesifik seperti mobil hanya saja anda sebagai yang pemilik kendaraan perlu tahu tekanan yang pas dan nyaman untuk dibawa berpergian.

Tekanan angin pada ban motor diusahakan jangan terlalu keras dan jangan pula terlalu lembek karena akan berpengaruh pada suspensi motor anda.

“Baca Juga : Lebih Murah Mana Merawat Mobil Matic Atau Mobil Manual?, Berikut Penjelasannya

Merawat mobil atau motor secara mandiri itu hampir sama seperti merawat pasangan hidup.

Sebaiknya anda jangan hanya mau memiliki karena suka dan butuh saja, tetapi juga harus di jaga serta dirawat dengan baik supaya nyaman & kerasan saat bersama anda.

Demikian sedikit ulasan tentang cara merawat mobil atau motor secara mandiri, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda & menjadikan kendaraan yang anda miliki nyaman untuk di kendarai. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.