5 Tips Merawat Mobil Hitam agar Awet

Memiliki & merawat mobil hitam agar cat body nya tetap mengkilap adalah suatu kewajiban bagi pemiliknya. Karena kesan bersih dan mengkilap akan memberikan sisi elegan dan mewah pada mobil hitam anda.

Tata cara merawat mobil dengan cat berwarna hitam, sebenarnya tidak rumit. Yang dibutuhkan hanya ketelatenan anda saja. Mobil berwarna hitam sangat kentara jika terkena kotoran, debu, dan juga goresan bekas gesekan akan terlihat menempel di body mobil.

Tapi jika kita hitung lagi ternyata masih mahal biaya merawat mobil ketimbang harga belinya. Kesibukan & rutinitas pekerjaan yang membuat sebagian pengguna mobil sering melupakan untuk merawat mobilnya.

Sebenarnya kurang perhatiannya pemilik mobil hitam pada perawatan cat bagian body kendaraan tersebutlah yang menyebabkan mobil – mobil hitam terlihat cepat kusam & kurang mengkilap.

Hal tersebut kelihatannya sepele, tapi jika mobil hitam anda terlihat kusam dan kurang mengkilap akan membuat siapapun yang melihatnya menjadi kurang suka.

Tips mudahnya merawat mobil hitam.

Ada beberapa cara merawat mobil hitam agar cat pada body nya tetap mengkilap. Cara yang paling sering dilakukan pemilik mobil adalah dengan cara mencuci mobil hitam nya di rumah atau membawa ke salon mobil langganannya.

Jasa pencucian mobil ataupun salon mobil sekarang sudah bertebaran mulai dari yang biasa sampai dengan yang menawarkan berbagai macam cara mencuci, seperti cuci salju ataupun yang sejenis lainnya.

Ketika kita sibuk dengan pekerjaan, terkadang kita sampai lupa untuk merawat mobil hitam kita. Keberadaan jasa mencuci mobil atau salon mobil tersebut terasa seperti angin segar bagi kita untuk merawat mobil hitam agar tetap mengkilap.

merawat mobil hitam

Merawat mobil hitam agar tetap mengkilap di saat musim hujan, biasanya menimbulkan rasa malas. Apalagi setelah seharian kita berkutat dengan pekerjaan yang menguras tenaga & pikiran.

Karena kondisi jalan saat musim hujan tiba, akan membuat mobil hitam yang sudah bersih mengkilap, terus dibawa berpergian akan kotor lagi.

Tapi anda tidak perlu khawatir dengan hal hal tersebut, coba deh simak ulasan beberapa langkah mudah merawat mobil hitam agar catnya tetap mengkilap berikut ini.

Kita sering menjumpai mobil – mobil hitam yang ber sliweran di jalanan, tapi coba perhatikan cat pada mobil – mobil hitam tersebut banyak yang sudah agak kusam dan terlihat kurang mengkilap.

1. Gunakan Shampo Cuci Mobil Ketika Mencuci Mobil Hitam Anda.

Merawat mobil hitam agar cat body nya tetap mengkilap adalah dengan mencuci bersih mobil hitam anda dengan sampo / sabun khusus cuci mobil. Lakukan hal tersebut sekurang kurang nya seminggu sekali, agar kualitas cat pada body mobil tetap terjaga.

Jika mobil hitam anda sudah terlihat banyak debu menempel tapi belum ada waktu yang cukup luang untuk mencucinya, Anda bisa langsung menggunakan lap plas chamois atau kanebo yang dapat anda beli di toko toko terdekat di sekitar rumah anda.

Karena jika debu tersebut dibiarkan menempel di mobil hitam anda, maka lama kelamaan akan sulit untuk dibersihkan & bisa merusak cat pada body mobil.

2. Lakukan Compound Pada Cat Body Mobil Hitam Anda.

Cara merawat mobil hitam agar cat body tetap terlihat mengkilap berikutnya adalah dengan cara mengoleskan cairan compound pada body mobil.

merawat mobil hitam

Meng-compound body mobil hitam hanya dilakukan jika terdapat goresan yang tidak bisa hilang dengan cara dicuci & hanya dapat hilang dengan menggunakan compound tersebut.

Pilihlah merk compound dengan kualitas baik & tidak merusak kualitas cat mobil hitam anda. Untuk amannya, Anda dapat berkonsultasi ke toko aksesoris mobil langganan anda untuk menanyakan hal tersebut.

3. Gunakan Cairan Pelindung Cat Sehabis Mobil di Cuci

Kemudian, merawat mobil hitam agar cat pada bodynya tetap mengkilap adalah dengan memberikan cairan pelindung cat atau biasa disebut kit mobil pada seluruh bagian body mobil.

Cairan pelindung cat ada baiknya digunakan setelah mobil di cuci dengan bersih dan sudah dilap dengan bersih menggunakan lap plas chamois.

Tahap selanjutnya, berikan cairan pelindung cat tersebut secara merata keseluruh bagian body mobil. Fungsi dari pemberian cairan pelindung ini adalah untuk membersihkan sisa debu yang masih menempel pada body mobil hitam setelah di cuci.

Penggunaan cairan pelindung cat pada seluruh bagian body mobil jika dilakukan dengan cara yang benar akan membuat cat pada body mobil menjadi lebih halus dan mengkilap seperti mobil baru.

4. Ketika Parkir Hindari Lokasi Yang Panas & Terik.

Parkir adalah kegiatan yang sering dilakukan pengendara, ketika berhenti di suatu tempat untuk disinggahi. Namun sebagian pengendara sering melakukan parkir di lokasi yang panas atau full sengatan sinar matahari.

Kelihatannya sepele. Hanya parkir. Tapi coba kita lihat efeknya pada cat body mobil hitam yang kita miliki. Dengan seringnya kita memarkir mobil di lokasi yang panas, akan membuat cat pada body mobil hitam semakin lama semakin terlihat kusam.

Selain itu, body mobil yang hitam sebagian besar terbuat dari seng. Dengan begitu, bakal menambah suhu panas pada body mobil dan mengakibatkan cat pada body mobil kita lebih cepat kusam.

5. Gunakan Kain Cover Mobil Ketika Mobil Benar Benar Sudah Kering

Kiat merawat mobil hitam agar cat body tetap mengkilat yang terakhir adalah jangan terburu buru menutupi mobil hitam dengan kain cover mobil apabila keadaan mobil masih basah.

Menutup mobil hitam dengan kain cover dalam keadaan mobil masih basah juga dapat merusak cat pada body mobil hitam.

Karena mengakibatkan munculnya kelembaban saat mobil di tutup dengan kain cover mobil. Hal tersebut dapat membuat cat mobil hitam anda cepat kusam. Pastikan body mobil hitam anda kering & bersih terlebih dahulu sebelum menutup seluruh mobil dengan kain cover mobil.

Beberapa cara merawat mobil tersebut jika dilakukan dengan rutin serta menggunakan cara yang benar, hasilnya bisa lebih maksimal. Dan tampilan mobil hitam yang anda miliki selain menjadi bersih juga semakin mengkilap.

Baca Juga : Merawat Mobil Diesel Ternyata Mudah! Simak 7 Tipsnya Berikut Ini

Demikianlah ulasan 5 cara merawat mobil hitam agar cat bodynya tetap mengkilap. Semoga ulasan tersebut dapat membantu anda untuk mewujudkan mobil anda selalu terlihat bersih, mengkilap, dan nyaman untuk di gunakan layaknya mobil baru. (br)

Editted by UN

Arief Hakim Prabowo

Seorang laki laki dengan 1 istri & 2 anak yang lucu lucu. Aktif di beberapa organisasi, komunitas yang berbasis kemasyarakatan. Dari kecil suka dengan eksperimen yang unik walaupun dengan hasil akhir menggemaskan. Sekarang sedang fokus di seputar bidang IT.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *