Merawat mobil Calya tidaklah rumit. Merawat Mobil Cayla tidak hanya dilakukan di bengkel namun juga dilakukan dirumah dalam penggunaannya sehari – hari. Lakukanlah servis berkala di bengkel resmi Toyota. Sehingga pihak bengkel lebih tau servis yang pas untuk mobil yang satu ini.

Mobil Calya merupakan salah satu mobil entry segment favorit pilihan masyarakat Indonesia. Mobil ini dikenal memiliki kenyamanan yang lebih dan hemat BBM. Selain itu, harga mobil ini juga tergolong murah. Ahkan keunggulan lain dari mobil ini adalah memiliki tingkat keamanan terbaik dikelasnya.

Dilengkapi dengan Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan untuk semua tipe mobilnya. Tidak lupa juga terdapat 3-point seatbelt-nya yang dapat menambah rasa aman bagi pengemudi dan seluruh penumpang. Membuat mobil ini semakin menjadi pilihan untuk dibeli.

Dikenal dengan harga beli yang tergolong murah dan fitur keamaman yang tinggi. Bagaimana dengan biaya perawatan mobil?. Apakah semurah harga belinya?. Berikut adalah informasi tentang perawatan mobil Calya yang perlu Anda ketahui.

Merawat Mobil Calya

Mobil Calya adalah mobil ynag dilengkapi dengan fitur modern. Tidak hanya fiturnya namun juga desain fisik yang modern. Tujuan dari semua ini adalah agar mobil nyaman saat dikendarai. Namun, perlu dilakukan perawatan secara rutin pula agara performa dan kenyamanan mobil tetap terjaga.

Merawat mobil Calya dimulai dari perawatan dalam pemaikaian sehari- hari. Perawatan tersebut adalah selalu menjaga kebersihan mobil. Baik itu secara ekterior maupun interior. Hal ini untuk menghilangkan debu yang menempel pada mobil.

Cucilah fisik mobil secara rutin. Tidak hanya bagian atas mobil, namun juga cucilah bagian bawah mobil. Mengingat posisinya di bawah jadi bagian tersebut mudah sekali kotor. Jika lama tidak dibersihkan cata akan mengelupas dan akan berubah warna menjadi kuning.

Sedangkan untuk interior mobil gunakan vacum cleaner untuk membersihakn debu pada jok, karpet, dan lantai mobil. Hal ini akan berpengaruh pada kenyaman saat didalam mobil.

Perawatan sehari – hari lainnya yang dapat Anda lakukan sendiri adalah selalu memanaskan mobil sebelum digunakan. Tanpa disadari kita sering melupakan hal sederhana ini. Namun, jika kita rajin melakukannya maka akan sangat berdampak pada performa mesin dalam jangka panjang.

Mobil Calya merupakan mobil dengan mesin 3NR. Dimana masyarakat belum terbiasa dengan mesin ini. Sehingga perlu diperhatikan penggunaan kopling mobil. Banyak pemilik mobil datang ke bengkel karena keusakan pada kopling.

Salah satunya adalah pengguna Calya sering melakukan setengah kopling, dan saat di tanjakan lebih menjaga jarak.
Merawat Mesin Mobil Calya

Selain merawat fisik mobil untuk menjaga cat mobil tidak pudar dan mengelupas, kita sebagai pemilik juga perlu memperhatikan mesin mobil. Anda dapat melakukan servis rutin untuk menjaga performa mesin mobil. Namun, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menjaga performa mesin tanpa harus prgi ke bengkel.

Pertama adalah pengisan bahan bakar mobil. Pastikan mengisi bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan. Namun, faktanya masih banyak yang tidak mengindahkan himbauan ini. Padahal hal ini sangat berpengaruh pada kwalitas mesin mobil.

Selain itu rajinlah mengecek kondisi radiator mobil. Pastikan kondisi air pada radiator penuh. Jangan samapi air tersebut habis. Selain itu, pastikan tidak ada kebocoran pada radiator. Apabila Anda menemukan kebocoran, segera bawa ke bengkel tempat Anda melakukan servis rutin.

Perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan air kran, lebih baik gunakan air radiator dalam kemasan. Hal ini dapat merusak radiator. Selanjutnya tips merawat Mobil Calya adalah membersihkan filter udara. Filter yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab mobil sulit dinyalakan, jadi rutinlah membersihkan bagian-bagian ini.

Merawat Mobil Calya dengan Servis

Servis rutin dilakukan untuk mengecek bagian mesin yang tidak bisa dilakukan sendiri. Sehingga butuh ahli untuk menanganinya. Lakukan servis secara rutin dan di bengkel yang telah direkomendasikan. Jadwal servis biasaya tertera di buku panduan.

merawat mobil calya
tips merawat mobil calya

Namun, jika Anda merasa ada mesin atau komponen lain yang harus diperbaiki, segera lakukan servis. Hal ini untuk menghidari kerusakan yang lebih parah. Saat servis hal yang harus dilakukan adalah mengganti oli.

Pilih oli dengan SAE-nya sesuai standar mesin yang direkomendasikan untuk merawat Mobil Calya, jangan terlalu kental atau terlalu encer. Karena oli sendiri berfungsi untuk menjaga kualitas gesekan piston terhadap rongga mesin mobil.

Satu bulan setelah penggunaan pertama dianjurkan untuk mengganti oli mobil. Atau jika mobil sudah menempuh jarak 1.000 km. Namun, untuk pergantian oli selanjutnya dapat dilakuakn jika mobil telah menempuh jarak kurang lebih 3.000 sampai 5.000 km.

Servis selanjutnya adalah mengganti shockbreaker mobil. Sudah menjadi rahasia umum bahawa shockbreaker mobil Calya mudah ambles. Bahkan banyak konsumen yang mengeluhkan hal ini.

Sejenis mobil Calya memang didesain dengan kapasitas untuk lima penumpang. Hanya dimensinya saja sedikit dipanjangkan agar bisa ditambah bangku baris ketiga. Kalaupun mau dimanfaatkan bangku baris ketiga, sebaiknya diisi oleh anak anak. Kalau dipaksakan dengan penumpang dewasa dan berbobot besar, akan berdampak pada shockbreaker yang ambles.

Namun Anda dapat mengganti shockbreaker mobil agar fungsinya optimal. Gantilah jika Anda mempunyai anggaran keuangan lebih.

Selain itu lakukan juga servisa untuk suku cadang selain filter, spar plug, fuse, rubbber wiper blade, brake pads, kuning, V-Belt, bulb, tyre, fluid, Grease. Sehingga monil tetap nyaman digunakan meskipun usia mesin semakin lama.

Biaya Merawat Mobil Calya

Ketika membeli mobil baru dengan harga yang terjangkau, tentu berharap pula perawatan mobil juga sama terjangkaunya. Lalu bagaimana dengan biaya servis rutin mobil Calya?. Apakah sama terjangkaunya dengan harga belinya?.

merawat mobil calya
merawat mobil calya

Biaya servis Mobil Calya mempunyai nominal yang berbeda – beda. Hal ini disesuaikan dengan jarak yang telah ditempuh dan juga jenis mobil (manual atau matic). Namun, jika Anda melakukan servis pada bengkel resmi Toyota, Ada beberapa keuntungan ketika Anda melakukan servis pada Mobil Calya.

Toyota memiliki ptogram untuk menggratiskan biaya jasa servis berkala hingga 50 ribu km atau 3 tahun (mana yang tercapai lebih dulu). Jadi, Anda akan mendapatkan harga servis yang lebih murah pada tahap ini.

Selain itu, penggantian suku cadang selain filter, spar plug, fuse, rubbber wiper blade, brake pads, kuning, V-Belt, bulb, tyre, fluid, Grease mendapatkan garansi 1 tahun/20.000 km, mana yang tercapai lebih dulu. Sementara itu, untuk tahapan selanjutnya biaya akan akan sedikit lebih mahal.

Baca Juga: Merawat Mobil Bekas: Risiko Jika Tidak Merawat dengan Baik

Untuk estimasi biaya perawatan mulai dari service 10.000 km-100.000 km (1-5 tahun). Biaya perawatan 10.000 km-30.000 km dan 50.000 km-60.000 km, berkisar Rp 434.000.

Sedangkan untuk biaya service di 40.000 km dan 90.000 km harga yang perlu Anda bayarkan berkisar Rp 896.500. Kemudian untuk di 70.000 km biaya service mencapai Rp 2.613.340 dan biaya service di 80.000 km berkisar Rp 3.178 .440. Yang terakhir, besaran biaya service di 100.000 km mencapai Rp 1.239.500.

Uang yang Anda keluarkan tersebut juga meliputi penggantian komponen suku cadang yang habis pakai seperti oli, filter oli, gasket dan lain-lain. Harga tersebut hanya gambaran secara umum dan harga dapat beruah sewaktu – waktu.

Baca Juga: Merawat Mobil Tua, Sulitkah Melakukannya?

Lakukanlah servis mobil secara rutin. Agar menghidari kerusakan yang berlebihan. Dengan melakukan perawatan secara rutin makan performa mobil juga akan tetap bagus. Selain itu, harga jual mobil juga tidak akan terlalu murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *