Merawat mobil Avanza pada dasarnya sama dengan perawatan mobil lainnya. Merawat mobil Avanza juga tidak hanya melakukan servis secara rutin. Merawat juga berarti memperhatikan dalam penggunaanya. Sehingga, performa mobil akan bertahan lama.

Avanza sendiri merupakan mobil yang diproduksi oleh Daihatsu. Di Indonesia mobil ini juga dijuluki mobil sejuta umat. Mobil ini tersedia dalam jenis mobil manual dan matic. Sehingga, masing – masing membutuhkan perawatan yang berbeda.

Selain harga belinya yang terjangkau, mobil ini juga memiliki banyak keunggulan. Avanza dinilai memiliki desain yang sesuai dengan orang Indondesia. Selain itu mobil ini memiliki mesin irit tetapi bertenaga. Avanza juga dikenal dengan harga jual yang cukup menjanjikan.

Namun, tetap saja keunggulan tersebut perlu didukung oleh perawatan yang baik juga terhadap mobil. Sehingga, mobil akan selalu nyaman ketika dikendarai. Perhatikanlah hal – hal kecil mobi, sehingga akan mencegah kerusakan yang parah pada mobil.

Berikut adalah tips untuk merawat mobil Avanza Anda, baik perawatan yang dilakukan sendiri maupun servis di bengkel.

Kerusakan Pada Mobil Avanza

Jika sebelumnya sudah disebutkan keunggulan mobil Avanza sehingga mobil ini sangat banyak peminatnya. Disisi lain, para pemilik Avanza pasti sudah merasakan kerusakan yang sering terjadi pada mobil ini. Kerusakan ini muncul akibat umur mobil yang semakin menua atau pemilik kendaraan tidak melakukan perawatan dengan baik.

Masalah yang sering dihadapa oleh pemilik mobil Avanza adalah mesin yang kadang susah dihidupkan. Sehingga, Anda harus mengecek aki mobil. Selain itu, mesin mobil yang mudah panas. Apabila Anda melakukan perjalanan jauh, maka harus berhenti untuk mendinginkan mesin mobil.

Selain itu sering mengalami akselerasi terhalang disebabkan mesin tersendat saat pedal gas di injak. Biasanya masalah ini muncul pada mobil yang bersua lebih dari 5 tahun. Sehingga Anda perlu tajin membersihkan injektor ataupun mengecej bagian lainnya.

Hal ini biasanya karena injektor bahan bakar kotor, kebocoran intake manifold atau bisa juga karena busi aus. Atau bisa juga penggunaan oli yang tak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan.

Merawat Mobil Avanza: Jenis Manual

Mobil Avanza jenis manual tentu muncul lebih dulu dibandingkan mobil matic. Melalukan perawatan pada mobil Avanza manual maupun matic pada dasarnya sama. Namun, ada bagian mesin masing- masing jenis yang perlu diperhatikan. Tidak banyak berbedaan merawat kedua jenis mobil Avanza.

Seperti pada mobil umumnya, ada beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk mobil manual Avanza. Perawatan tersebut berupa perawatan oleh pemilik dan dilakuakn setiap hari. Maupun perawatan di bengkel untuk diservis.

Tidak semua perawatan mobil harus mengeluarkan uang. Namun, ada pula perawatan yang akan mengurus kantong Anda. Berikut adalah perawatan yang harus dilakukan untuk mobil Avanza manual.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Matic: Perhatikan Cara Perawatannya Agar Tetap Prima

Perawatan Eksterior

merawat mobil avanza
tips merawat mobil avanza

Perawatan eksetrior tidak hanya berlaku untuk mobil Avanza manual namun juga mobil Avanza matic. Perawatn eksterior bisa dimulai dengan selalu menjaga kebersihan mobil. Rajinlah mencuci mobil. Apalagi jika mobil terkena lumpur atau sangat berdebu. Anda bisa mencuci mobil dirumah untuk menghemat biaya.

Disarankan supaya pemilik mobil menggunakan busa dan kain berbahan microfiber supaya permukaan cat tidak tergores atau lecet. Jika cat mulai pudar disarankan untuk melakukan cat ulang pada mobil Anda.

Selanjutnya, jangan memarkirkan mobil dengan langsung terpapar sinar matahari atau langsung terkena air hujan. Gunakan cover mobil atau parkirkan mobil ditempat yang tertutup atau beratap.

Kedua perawatan sederhana ini jika dilakukan dengan teratur maka dapat menjaga warna cat mobil. Tidak hanya cat mobil tua yang warnanya dapat memudar bahkan mengelupas. Mobil yang barupun dapat mengalami ini jika tidak dirawat. Jadi jagan malas untuk mecuci mobil dengan cara yang benar.

Baca Juga: Merawat Mobil Tua, Sulitkah Melakukannya?

Perawatan Interior

Perawatan interior hampir sama dengan perawatan eksterior. Dimana kebersihan menjadi kuncinya. Rajin – rajinlah membersihkan interior mobil. Tanpa kita sadari, debu dalam mobil sangatlah banyak. Gunakan vacum cleanner untuk membersihakan debu. Jika Anda mempunyai baiya lebih, Anda dapat menggunakan jasa pembersih jok mobil yang banyak tersedia.

Selain itu, gunakan pengharum mobil. Sehingga bau dalam mobil tetap segar. Anda juga bisa menambahkan interir lain yang membuat Anda semakin nyaman ketika berkendara dengan mobil Anda. Tapi yang paling perlu diperhatikan adalah kebersihan dan juga aroma dalam mobil.

Perawatan Mesin

Sebelum kita membahas tentang perawatan mesin melalui servis rutin di bengkel resmi. Kita akan membahas merawat mesin yang bisa Anda lakukan secara mandiri dan dilakukan setiap hari. Perawatan tersebut adalah selalu memanaskan mesin sebelum menggunakannya.

Hal ini mungkin jarang dilakukan oleh pemilik mobil. Apalagi jika dalam kondisi terburu- buru. Hal sederhana ini dapat berdampak pada mesin mobil. Jika dilakukan secara rutin bisa menjaga mesin dalam kondisi prima.

Perawatan yang harus dilakukan selanjutya jika bicara mesin adalah melakukan servis rutin. Lakukan servis mobil dibengkel resmi. Seperti pada perawatan mobil yang lain mengganti oli adalah hal yang harus dilakukan. Gunakan oli yang telah direkomendasikan untuk mobil Anda. Selain tu, periksa juga filter oli.

Lakukan pemeriksaan pada komponen mobil lainnya. Apalagi jika mobil Avanza Anda tergolong tua. Komponen yang harus Anda periksa ketika servis rutin adalah sistem bahan bakar, timing belt, oli roda gigi, minyak rem, dan masih banyak lagi. Jika mobil Anda tergolong tua Anda perlu juga melakukan cek pada baterai dan aki mobil.

Gantilah baterai mobil jika ditemukan terminal yang berkarat, sambungan longgar, kabel yang retak, putus, bocor, dan krem yang longgar.
Selanjutnya lakukan perawatan juga pada filter udara AC. Tanpa disadari AC mobil juga banyak kotoran tertimbun di fiter. Sehingga dapat megganggu fungsi AC mobil. Jika mobil suda tua, hal ini dapat berdampak langsung ke bagian mesin mobil itu sendiri.

Perawatan selanjutnya dilakukan jika mobil semakin tua atau sering digunakan yaitu ganti ban mobil. Gantilah ban luar dilakukan setelah mobil berkendara sejauh 50.000 km hingga batas maksimal 80.000 km. Perawatan ban mobil juga dapat dilakukan dalam kesaharian Anda dengan cara rajin mengecek volume angin ban.

Merawat Mobil Avanza: Jenis Matic

Pada umumnya perawatan mobil Avanza matic sama dengan mobil Avanza manual. Bahkan tidak ada perbedaa untuk bagian interior dan eksterior mobil. Perbedaannya hanya terletak pada bagian mesin mobil.

Lakukan servis secara rutin oli transmisi mobil. Lakukan jika mobil telah menempuh jarak 20.000 – 25.000 km. Gunakanlah oli transmisi yang telah direkomendasikan. Selanjutnya adalah perawatan persneling. Gunakan persneling secara teliti.

Sebagai pengguna mobil matic, penting mengetahui beberapa hal yang harus dihindari dalam menggunakan persneling. Gunakan persneling sesuai dengan fungsinya. Apabila terdengar suara brisik saat memindahkan prsneling atau terjadi guncangan pada mobil. Anda harus segera melaukan servis pada mobil Anda. Hal ini karena sistem transmisi menjadi bagian vital dari sebuah mobil matic.

Biaya Merawat Mobil Avanza

merawat mobil avanza
tips merawat mobil avanza

Biaya untuk servis Avanza maticdiperkirakan sedikit lebih mahal dibandingkan Avanza manual. Sebenarnya hal ini juga terjadi pada merk mobil yang lain. Hal ini karena mobil matic harus mengeluarkan biaya lebih pda pengantian oli transmisi. Selain itu, mobil matic juga lebih banyak memiliki komponen dalam mesin.

Untuk Avanza manual misalnya, perlu mengganti saringan oli, 4 buah busi, saringan udara, filter bensin, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, gasket, berikut proses balancing ban. Sedangkan mobil Avanza matic seperti filter oli, 4 buah busi, saringan udara dan bensin, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, gasket, dan balancing ban.

Perawatan untuk mobil Avanza hampir sama engan perawatan pada mobil umumnya. Namun, jika tidak dilakukan perawatan dengan baik mobil Avanza pada umumnya akan menimbulkan gejala yang sama sebagai tanda terjadi kerusakan mesin mobil. Gejala tersebut seperti mesin mobil yang susuah dihidupkan dan mesin yang mudah panas. Jadi, jagan malas untuk merawat mobil Avanza milik Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *