Apakah knalpot motor kalin pernah menagalami masalah? Apa masalahnya? Knalpot motor memang terlihat seperti komponen yang tidak perlu banyak perawatan. Namun, faktanya sama halnya dengan komponen lainnya knalpot juga butuh perawatan.

Memang tidak sesering komponen mesin, namun tetap saja tidak boleh diabaikan. Sebab, jika komponen yang satu ini rusak, maka tetap saja Anda akan mengalami masalah. Jadi, jangan abaikan merawat knalpot motor, ya.

Nah, jika sudah tahu jika merawat knalpot motor itu penting, sekarang apakah kalian sudah tahu bagimana cara merawat knalpot motor?

Tidak masalah jika belum mengetahuinya. Sebab, berikut adalah cara merawat knalpot motor agar awet dan tahan lama yang dapat And lakukan.

Cara Merawat Knalpot Motor

Pasti belum banyak yang belum tahu bagimana cara merawat knalpot motor agar awet dan tahan lama. Ya, meskipun sudah tahu bahwa setiap komponen pada sepeda motor harus mendapatkan perawatan.

Cara Merawat Knalpot Motor
Cara Merawat Knalpot Motor (Sumber Gambar: Google)

Cara merawat knalpot motor sangatlah mudah. Tidak membutuhkan biaya banyak apabila Ada melakukannya secara rutin. Hanya perlu meluangkan waktu untuk merawatnya. Tenang saja, tidak perlu banyak waktu untuk melakukannya.

Membersihkan knalpot adalah salah satu bentuk perawatan knalpot motor. Hanya perlu dibersihkan secara teratur. Namun, jika musim hujan datang mungkin Anda harus merawatnya lebih sering.
Berikut adalah cara merawat knalpot motor yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Membersihkan Grill Mobil: Berikut Tahapan Yang Benar

Memanaskan Knalpot Motor

Cara yang paling simple dilakukan untuk merawat knalpot motor adalah dengan memanaskan motor sebelum digunakan. Dengan melakukan hal ini secara rutin tidak hanya merawat knalpot motor namun juga merawat mesin motor agar teta prima.

Jangan lama- lama, cukup panaskan sekitar 10 menitan setiap pagi sebelum motor digunakan saat pagi hari. Jangn terlalu lama, sebab hal ini juga tidak baik. Dimana hal ini dapat mempengaruhi knlapot motor.

Sebab, ada beberapa pengujian yang sudah mencoba memanaskan motor dalam waktu yang cukup lama dan akhirnya membuat knalpot berkarat dan kekuningan karena adanya kotoran yang menempel.

Sehingga lakukan secukupnya saja setiap pagi secara rutin ya guys.

Cara Merawat Knalpot Motor
Cara Merawat Knalpot Motor (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Lubang Buang

Merawat knalpot motor yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan lubang buang. Bersihkanlah luabng buang setidaknya dua bulan sekali. Sehingga dengan Anda membersihkannya secara rutin knalpot akan lebih awet. Selain itu, dengan membersihkannya secara rutin maka dapat mencegah kebocoran pada knalpot.

Kebocoran pada kenalopt dapat terjadi dikarenakan keroposnya knalpot dibagian silincer ataupun leher knalpot. Jika hala ini terjadi maka dapat mengakibatkan kualitas suara menjadi jelek. Selain itu, knalpot menjadi rusak.

Lalu bagimana cara membersihkannya? Sangat mudah untuk membersihkan bagian ini. Cukup denganmembersihkan lubang buang yang ada pada silincer dengan menggunakan oli secukupnya.
Hal sederhana ini dapat membuat knalpot jadi lebih awet, loh.

Membersihkan Karat

Cara merawat knalpot yang selanjutnya adalah dengan membersihkan karat pada knalpot. Ya, apabila Anda telah melihat knalpot mulai berkarat. Maka segeralah bershkan jika Anda melihat karat.

Caranya adalah dengan membersihkan karat yang menempel pada knalpot dengan cara menggunakan sabun. Anda dapat menggunaka sikat agar lebih mudah. Apabila merasa kesusahan dalam membershkan karat, maka kalian dapat mencobanya membersihkannya dengan menggunakan sikat kawat.

Sebab, sikat ini akan lebih ampuh dalam membersihkan kawat. Menghilangkan karat akan membuat knalpot lebih terlihat bersih tanpa adanya noda kekuningan ataupun karat.

Apabila beberapa cara diatas belum berhasil untuk menyingkirkan karat, tenang saja! Sebab masih ada cara lain untuk menghilangkan karat. Caranya adalah Anda dapat mencoba membersihkannya dengan cairan protex.

Dengan protex ini, karat dan kotoran lain akan sangat mudah dihilangkan. Tapi kamu perlu berhati-hati ya saat menggunakan cairan ini, karena akan membuat cat luntur.

Setelah karat dibersihkan, oleskanlah oli pada leher knalpot. Setelah itu panaskanlah motor selama 1 hingga 2 menit agar memberikan sedikit panas pada bagian knalpot sehingga oli yang di oleskan pada leher knalpot tadi akan meresap dan tampilan pun akan semakin bersih.

Bersihkan Ketika Terkena Air Hujan

Cara merawat knalpot selanjutnya adalah langsung mmebersihkan knalpot setela terkena air hujan. Saat terkena air hujan biasanya kebanyakan orang malas untuk membersihkan knalpot. Padahal air hujan bisa membuat knalpot kekuningan dan akhirnya berkarat. Jika knalpot terkena air hujan, segeralah bersihkan dengan air biasa, tunggu hingga kering dan semprotkan cairan anti karat.

Cara Merawat Knalpot Motor
Cara Merawat Knalpot Motor (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Lubang Pembuangan Knalpot

Cara selanjutnya adalh dengan memastikan bahwa lubang pembuanga pada knalpot tidak tertutup. Cobalah untuk memeriksa lubang pembuangan air yang ada di bagian bawah silincer setiap knalpot motor.

Apabila saat Anda memeriksa kondisinya tertutup segeralah buka dengan menggunakan alat yang tajam seperti paku ataupun yang lainnya. Ini bertujuan agar pembuangan air menjadi lebih lancar.
Dan yang terakhir yaitu periksalah kebocoran paking pada knalpot dan jangan lupa juga untuk memeriksa kekencangan baut – baut yang ada di sekitar knalpot.

Memeriksa Baut

Cara merawat knalpot yang terakhir adalah dengan memeriksa baut pada knalpot. Cara ini dapat Anda lakukan sesering mungkin agar menghindari baut kendor yang hanya akan membuat keluaran suara menjadi tidak sempurna dan juga membuat proses pembuangan gas menjadi tidak lancar sehingga mengakibatkan bahan bakar menjadi lebih boros.

Itulah cara merawat knalpot motor yang dapat Anda lakukan dalam keseharian dan merawatnya dirumah. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa merawatan knalpot motor adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan baik oleh pengguna motor.

Baca Juga: Aksesoris Mobil: Tips Membersihkan Karpet Mobil

Hal ini karena pada bagian ini sering dilupakan.
Pada kenyataannya, bagian ini juga cukup vital untuk kendaraan bermotor yang harus tetap dijaga untuk membuat motor selalu berada dalam kondisi prima.

Perawatan knalpot tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah secara berkala. Perawatan lainnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan servis secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *