Komponen kaki kaki mobil merupakan salah satu yang harus diperhatikan perawatannya. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi kesetabilan, kemanan dan kenyamanan saat berkendara dengan mobil.

Kaki – kaki pada mobil adalah sebuah rangkaian yang rumit namun di sederhanakan oleh sebagian ahli saat akan di aplikasi pada sebuah mobil, setiap tipe dan merek mobil memiliki rangkaian kaki – kaki yang berbeda, namun fungsi dari kaki kaki mobil itu sendiri tetap sama untuk menstabilkan, menjaga kenyamanan dan keamanan saat akan berkemudi.

Ternyata kebanyakan mobil mengalami penyakit untuk komponen kaki kaki mobil biasanya pada bagian Rack Steer. Sehingga bagian ini wajib diperiksa karena memang paling rentan mengalami kerusakan, terutama untuk kendaraan yang berusia tidak terlalu tua yang sudah menggunakan sistem elektrik.

Selain Rack Steer, bagian komponen kaki kaki mobil yang sering mengalami kerusakan terdapat pada Tie Rod serta long tie rod. Sehingga, untuk bagian ini Anda perlu menyiapkan anggaran untuk suatu waktu dibutuhkan melakukan servis.

Merawat Kaki Kaki Mobil

Sebab bagian kaki kaki mobil merupakan hal yang sangat penting, diharapkan pemilik kendaraan tidak luput untuk merwat kaki- kaki mobil tersebut. Terlebih, untuk mobil yang bagian kaki- kakinya sering mendapatkan tekanan yang besar.

Sebab, jika mengalami kerusakan akan menyebabkan mobil tidak bisa berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu saja kaki mobil yang bermasalah akan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu bahkan bisa menyebabkan kecelakaan.

Biasanya kaki kaki mobil jika mengalami kerusakan dapat merembet ke komponen lainnya. Sehingga, pengecekan dan perawatan ini harus dilakukan secara berkala terutama jika usianya lebih dari 5 tahun. Merawat kaki- kaki mobil secara rutin dapat menjaga kwalitas komponen tersebut tetap baik dan memperpanjang umur penggunaan.

Berikut adalah tips merawat kaki- kaki mobil yang paling mudah. Ya… sebab Anda dapat melakukannya secara mandiri dan juga dalam keseharian.

Perhatikan Kecepatan Melaju Mobil

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat kaki kaki mobil Anda adalah dengan memperhatikan kecepatan saat melaju. Perhatikan kondisi jalan yang Anda lalui. Apabila menumukan jalan yang rusak maka, Anda harus mampu mengendalikan diri.

Dengan cara tidak memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Paculah mobil dengan kecepatan sedang, ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu kita melihat jalanan berlubang, agar kita bisa menghindari lubang tersebut.

Usahakan jangan terlalu menghentakkan kaki-kaki pada jalan yang rusak, karena bisa berdampak buruk alias dapat merusak komponen kaki kaki mobil anda. Selain itu, berhati-hatilah dengan polisi tidur karena menerjang polisi tidur dengan kecepatan tinggi hanya akan membuat kaki mobil menjadi cepat rusak. Jadi menjaga kecepatan laju mobil dapat membantu merawat kaki- kaki mobil tetap prima. Terutama untuk bagian tie road, ball joint dan bushing.

Perhatikan Ukuran Vleg

Merawat Kaki- Kaki Mobil (Sumber Gambar: Google)
Merawat Kaki- Kaki Mobil (Sumber Gambar: Google)

Cara merawat kaki – kaki pada mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran vleg mobil yang digunakan. Biasanya para pecinta modifikasi mobil, akan memodifikasi vleg asli dari mobil. Nah, dalam mengganti veg mobil ini tidak bisa sembarangan. Tetap ada hal- hal yang harus diperhatikan. Pperlu anda ketahui bahwa sebagian mobil punya standarisasi sendiri untuk ukuran velg, tidak semua mobil cocok dengan velg ring yang telalu besar.

Jika di paksakan, maka dapat merusak komponen kaki-kaki pada mobil anda dengan cepat.sebagai saran alangkah baiknya kita tetap menggunakan velg standar perusahaan. Selain itu, hindari menggunakan velg variasi yang spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan mobil. Yang sering dilakukan adalah menggunakan velg besar dari ukuran yang ditentukan. Velg yang berukuran besar akan menyebabkan komponen kaki mobil lainnya juga menjadi rusak.

Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat kaki – kaki pada mobil selanjutnya ialah tidak parkir sembarangan. Hal ini sama halnya dengan memperhatikan kecepatan laju mobil untuk menghindari lubang pada jalan yang tidak rata atau polisi tidur. Carilah tempat parkir yang permukaannya rata.

Jika anda memaksakan parkir dengan tempat yang permukaan tidak rata maka bisa di pastikan kaki-kaki pada mobil akan memiliki tekanan yang tidak merata dan dapat dengan cepat merusak komponen kaki-kaki mobil.

Baca Juga: Membersihkan Kaca Mobil: Tips & Trik Agar Kinclong

Kemudian, hindari juga parkir dengan ban atau stir dalam keadaan belok dan usahakan sebelum parkir kondisi stir dalam keadaan yang lurus. Nah, sudah tau kan sekarang akibat dari salah memilih tempat parkir? Jadi sebaiknya janagn sepelekan lagi dalam memilih tempat parkir.

Meski terlihat remeh namun dapat merusak komponen mobil dan komponen mesin mobil secara perlahan selain itu parkir disembarang tempat akan mengganggu pengguna jalan lainnya. Maka dari itu hindari parkir disembarang tempat dan juga hindari parkir pada tempat yang tidak rata.

Periksa Secara Rutin Bagian Kaki Kaki Mobil

Bagian kaki- kaki pada mobil tidak hanyalah terdiri dari ban mdan vleg, namun masih ada beberapa bagian. Dimana setiap bagian- bagian ini perlu mendapatkan perawatan tersendiri. Apa saja bagian kaki kaki mobil?

Kaki – kaki pada mobil terdiri dari ban mobil, suspensi, tie road, ball joint, bushing, dan bearning. Dimana masing- masing dari bagian kaki pada mobil ini memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga perawatan dan perhatian juga berbeda. Selain itu, masa prima setiap bagian kaki juga berbeda.

Misalnya saja untuk menjaga bagian suspensi awet dengan cara meperhatikan mengurangi muatan berlebihan pada mobil, mengurangi kecepatan saat berada dijalan rusak atau berlubang, pastikan bahwa tekanan angin pada ban cukup ideal, memarkir mobil di tempat datar atau rata, dan selalu memperbaiki kerusakan minor.

Itulah beberapa cara merawat kaki – kaki pada mobil, rawatlah komponen – komponen pada bagian kaki mobil sebelum terjadi kerusakan, karena merawat lebih baik daripada memperbaiki. Jika kaki – kaki pada mobil terawat dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi mobil dan performanya pun akan awet.

Apabila Anda memiliki anggaran lebih Anda harus memastikan ban mobil dalam keadaan baik. Sebab ban mobil perlu dilakukan perawatan seperti pengecekan kondisi ban setidaknya pada saat servis rutin agar menghindari kebotakan, dan kebocoran ban. Jika ban luar sudah mengalami kebotakan maka harus segera diganti dengan ban baru.

Baca Juga: Menghilangkan Bau Apek Pada Kabin Mobil: 3 Tips & Triks Sederhana

Semoga tulisan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara merawat kaki – kaki pada mobil mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi dalam upaya menjaga peforma mobil secara keseluruhan. Kita sebagai pengendarapun akan merasa nyaman jika kondisi mobil dalam keadaan baik, apalagi jika kita sedang melakukan perjalanan jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *