Sering dilupakan, ternya bagian jok motor juga perlu perawatan, loh. Tenang, sebab merawat jok motor tidaklah sulit. Sehingga, kalian dapat melakukannya sendiri dirumah. Selain itu, merawat jok motor juga tidak perlu mengeluarkan anggaran berlebih.

Sama dengan jok mobil, jok pada motor juga memberikan efek kenyamanan bagi penggunanya. Dalam merawatan jok motor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan harus sebisa mungkin dihindari atau bahkan ditinggalkan, dan jangan dilakukan lagi agar estetika dari jok motor tetap terjaga.

Perawatan jok motor meliputi perawatan dalam membersohkan dan juga dalam penggunaan sehari- hari. Ya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat penggunaan moto agar jok awet dan tidak kusam. Sebab, jok motor yang bersih dan terawat akan selalu terlihat menarik.

Lalu, bagaimana cara merawat jok motor? Apa hal yang harus dihindari selama penggunaan agar jok awet? Berikut adalah ulasan mengenai tips merawat jok motor agar awet dan tidak kusam.

Merawat Jok Motor: Menghindari Sinar Matahari Langsung

Tips yang pertama dalam merawat jok motor agar awet dan tidak kusam adalah dengan menghindari sinar matahari secara langsung. Jangan biarkan jok motor kalian kepanas, sehingga kalian dapat memperhatikan kondisi tempat dimana motor akan diparkirkan.

Ya, tanpa kita sadari sering kali kita menganggap remeh hal yang satu ini. Memarkirkan motor di tempat panas. Bahkan kita juga sering membiarkan motor kepanasan karena keadaan yang tidak memungkinkan. Sebaiknya hal yang seperti ini harus di hindari.

Kenapa kita harus menghindarkan jok dari paparan sinar matahari langsung? Tempat yang panas dan terpapar sinar matahari langsung dapat berakibat buruk pada motor bukan hanya pada jok motornya saja tapi juga pada cat motornya yang semakin lama akan menjadi lebih cepat pudar dan warnanya berubah menjadi lebih kusam.

Apabila memang sangat terpaksa harus parkir di tempat yang panas dalam waktu yang lama kamu bisa mengakalinya dengan menutupi motor menggunakan cover yang dijual di pasaran mulai dari harga 30 ribuan.

Merawat Jok Motor
Merawat Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Merawat Jok Motor: Memperhatikan Muatan

Tips yang kedua dalam merawat jok motor adalah memperhatikan muatan jok motor. Atur muatan motor Anda agar jok motor awet. Maksudnya memperhatikan muatan bukan beban atau berat dari mutan yang akan dibawa. Tapi perhatikan tekstur dari benda yang akan Anda bawa.

Apabila harus mengangkut benda-benda yang memiliki tekstur kasar atau tajam ada baiknya lapisi dulu jok motor dengan kardus yang sedikit tebal atau plastik. Hal ini dilakukan agar menghindarkan jok motormu tertusuk dan akhirnya berlubang.

Baca Juga: Tips Merawat Motor Harian Agar Motor Awet

Merawat Jok Motor: Membersihkan Jok

Tips yang selanjutnya dalam merawat jok motor adalah menjaga kebersihan motor. Kebersihan itu baik mencuci jok ataupun sekedar membersihkan kotoran yang menempel. Hal ini perlu dilakukan agar jok motor tidak kelihatan kusam.

Merawat Jok Motor
Merawat Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Pertama kita akan membahas mengenai menjaga kebersihan dari noda membandel yang menmpel pada jok motor. Jika, Anda melihat ada noda pada jok motor Anda, maka segera bersihkan. Namun jika noda sudah membandel jangan panik. Untuk masalah noda membandel ini ada solusi mudah dan murah untuk dilakukan.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan masih kering, juga sediakan minyak tanah. Cara membersihkan noda membandel tersebut adalah dengan menuangkan sedikit saja minyak tanah pada kain kering, lalu gosokkan pada noda membandel di jok motormu. Setelah itu kamu bisa mencucinya deh untuk menghilangkan bau minyak tanahnya.

Selanjutnya untuk merawat jok motor agar tidak terlihat kusam, Anda juga perlu mencucinya secara rutin. Ya, meskipun tidak terlihat ada noda yang membandel, Anda tetap saja perlu mencucinya secar rutin.

Untuk mencuci jok motor akan lebih baik jika menggunakan bahan pembersih atau shampo khusus agar jok motor bisa lebih mengkilap. Namun jika ada, Anda dapat menggunakan shampo yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Beberapa sampo buat mencuci sepeda motor tidak memiliki kandungan zat kimia yang berbahaya. Dengan demikian, Anda pemilik sepeda motor lebih baik jangan mencuci jok kulit di tempat cuci motor di pinggir jalan. Itu karena kita tidak tahu sampo apa yang mereka gunakan.Jangan lupa gunakan lap yang bersih dan lembut juga, jangan gunakan sikat yang kasar karena itu dapat merusak tekstur jok motor.

Selain itu jangan gunakan semir ban untuk menyemir jok motormu karena itu justru akan membuat kondisi jok motormu memburuk. Gunakanlah semir khusus untuk jok motor jika ingin membuat jok motormu menjadi lebih mengkilap.

Cara mencuci jok motor juga cukup mudah. Langkah yang pertama adalah mnyiapkan kain kering yang bersih. Selanjutnya, semprot jok dengan cairan pembersih khusus atau shampo khusus jok motor.. Cairan sejenis itu atau shampo mudah ditemukan di pasaran, tinggal pilih merek sesuai selera dan perhatikan bahan kimia yang terkandung. Setelah disemprot dengan cairan khusus atau shampo, bersihkan cairan itu dengan lap lembut yang ditambahkan sedikit air.

Merawat Jok Motor
Merawat Jok Motor (Sumber Gambar: Google)

Lalu, bersihkan permukaan jok secara merata. Selanjutnya gosok jok motor menggunakan kain bersih tadi. Jika Anda mendapati noda pada jok. Untuk hasil maksimal, segeralah keringkan jok dengan lap bersih dan kering. Jangan sampai ada cairan yang tertinggal di atas permukaan.

Selain itu, perhatikan saat mencuci jok motor. Lakukan secara rutin namun jangan terllau sering. Sebab mencuci jok motor terlalu berlebihan ditambah dengan menggunakan cairan atau shampo yang salah adalah kerusakan pada jok motor.

Baca Juga: Tips Merawat Jok Mobil Berbahan Kain

Rusaknya jok akibat keseringan dicuci atau terkena bahan kimia lainnya, pada permukaan jok akan muncul kerutan atau retakan. Busa jok juga bisa menjadi lebih keras, karena ada air yang masuk ke dalam busa jok.

Itulah tips mengenai merawat jok motor yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Perhatikan dalam penggunaan sehari-hari dan rutinlah mencuci jok motor Anda. Apabila melihat ada noda, segera bersihkan. Jangan sampai noda tersebut membandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *