Biar Mobil Makin Nyaman! Simak Yuk 6 Cara Merawat Jok Mobil Sesuai Jenis nya!

merawat jok mobil
Cara Merawat Jok Mobil

Cara merawat jok mobil merupakan salah satu kewajiban yang harus anda lakukan. Dalam perawatan mobil tidak selalu tentang komponen mesin didalamnya.

Selalu menjaga kebersihan interior mobil juga menjadi salah satu cara untuk merawat mobil kesayangan anda. Bagian dari interior mobil yang juga harus diperhatikan kondisinya adalah jok mobil.

Jika anda membiarkan kondisi jok mobil kotor dalam waktu yang lama, maka hal tersebut akan membuat interior mobil menjadi kusam dan kotoran yang menempel akan semakin sulit dibersihkan.

Selain itu bila anda yang sering berada didalam mobil, tentunya keadaan jok yang kotor dapat mempengaruhi kesehatan dan ketenangan pikiran anda.

Merawat Jok Mobil Merupakan Kewajiban Pemilik Mobil

Oleh sebab itu sangat penting untuk merawat jok mobil anda secara teratur. Nah berikut beberapa tips cara merawat jok mobil dengan tepat dan sesuai.

Berikut cara merawat jok mobil sesuai dengan jenis bahan joknya :

1. Jok berbahan tenun

Bagi anda yang ingin merawat jok mobil anda yang terbuat dari tenun namun tidak ingin mengeluarkan biaya berlebih untuk membeli pembersih komersial, anda dapat membuatnya sendiri.

Campurkan air dengan cairan pencuci piring kedalam ember. Kemudian aduk merata dan masukkan ke dalam botol penyemprot. Lalu semprotkan cairan tersebut pada jok sekitar 15-20 cm dari jok.

Langkah berikutnya adalah gosok dengan lembut menggunakan sikat berbulu lembut dan bilas di bagian yang terkena noda dengan lap bersih dan air hangat.

Lakukan pembilasan sesering mungkin, Bersihkan noda secara satu persatu dan kemudian bilas secara menyeluruh. Bisa juga anda gunakan kain berserat mikro untuk mengeringkan jok mobil tersebut.

Cara lainnya parutlah sabun kurang lebih 6 sendok makan dan tambahkan 2 sendok boraks ke dalam ember. Aduk perlahan dan tambahkan dua cangkir air hangat.

Anda juga dapat menambahkan aroma seperti minyak lavender sebagai pewangi. Tunggu hingga dingin dan aduk cepat hingga berbusa.

Kemudian anda dapat sapukan pembersih tersebut ke bagian jok mobil dan sikat buihnya dengan sikat berbulu halus. Setelah itu bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih dan air hangat. Bilas dan bersihkan noda satu persatu pada setiap wilayah secara menyeluruh sebelum pindah ke bagian lainnya.

Bila anda terlalu malas membuat pembersih sendiri, anda dapat menggunakan pembersih komersial. Anda dapat menemukannya di toko-toko peralatan rumah tangga.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pembersih seperti ini tentu memiliki bahan kimia yang cukup keras. Sehingga ikuti aturan dan petunjuk pakai yang tertera.

Alat lainnya yang dapat anda gunakan untuk merawat jok mobil berbahan tenun adalah Lint Roller (Pembersih bulu). Alat ini menggunakan kertas lengket yang berfungsi menangkap benda-benda kecil seperti bulu halus, sisa makanan dan rambut. Alat tersebut juga dapat membersihkan kotoran-kotoran di bagian yang sulit terjangkau.

Gunakan kain berbahan serat mikro untuk menyerap noda atau menyeka jok berbahan tenun, Sehingga nantinya tidak akan meninggalkan serpihan lain di jok mobil anda.

2. Jok berbahan vinil

Cara yang paling mudah untuk merawat jok mobil berbahan vinil adalah dengan menggunakan pembersih kaca. Pada jok yang berbahan vinil termasuk jenis jok yang mudah dibersihkan.

Semprotkan pembersih kaca pada bagian jok yang terkena noda dan kemudian lap menggunakan kain lembut. Bersihkan noda secara satu persatu agar pembersih kaca tidak meleleh dan menetes ke lantai.

Bisa juga anda gunakan baking soda dan air sebagai pembersih lainnya, cara nya seperti ini :

Campurkan soda dan air hingga menyerupai pasta. Kemudian anda dapat gosok pada bagian jok yang terkena noda satu persatu.

Sebagai pembilas, gunakan sabun lembut dan air. Bersihkan jok hingga kering dengan menggunakan kain lembut, anda juga dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi.

Pada bagian dudukan jok biasanya terdapat banyak kotoran dan debu yang sulit dijangkau. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan pada bagian yang sulit dibersihkan.

Yang paling harus anda ingat adalah jangan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk merawat jok mobil berbahan vinil. Menggunakan pembersih berbahan minyak akan mengeraskan jok vinil mobil anda.

3. Jok berbahan kulit

Untuk merawat jok mobil berbahan kulit diperlukan alat khusus untuk membersihkannya. Dikarenakan jok yang berbahan kulit membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati dibandingkan dengan jok berbahan tenun atau vinil. Sebaiknya gunakan pembersih dan kondisioner khusus untuk bahan kulit.

Selain itu, bahan kulit akan bereaksi terhadap panas. Sehingga akan lebih baik jika dibersihkan dalam lingkungan yang hangat.

Jika anda tinggal di daerah berhawa panas, anda tak perlu menyalakan pemanas. Namun bila anda tinggal didaerah dingin, sebaiknya nyalakan pemanas selama beberapa menit sebelum melakukan merawat jok mobil anda. Hal ini berfungsi untuk menghangatkan mobil.

Untuk masalah noda, lakukan pra perawatan dengan kondisioner caranya oleskan pembersih khusus pada noda yang ada pada jok lalu gosok perlahan. Biarkan menjadi dingin selama beberapa saat lalu lap bekas pembersih noda tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah lap yang anda gunakan. Gunakan lap lembut untuk menggosokan pembersih ke jok. Fokus pada satu bagian setiap kalinya. Kemudian bilas pembersih dengan air bersih.

Jika kondisi jok mobil sudah bersih, pastikan agar kering maksimal sebelum akan digunakan kondisioner. Walaupun bahan kulit dapat menepis air namun tentunya tidak akan menahan kondisioner dalam kondisi basah.

Fungsi kondisioner disini akan membuat jok berbahan kulit terasa mulus dan mengkilap. Sebaiknya gunakan kondisioner khusus jok kulit yang berbahan dasar air dengan pH normal. Kondisioner berbahan minyak akan cenderung menempel di bahan kulit dan berpindah ke pakaian anda.

4. Jok berbahan beludru

Bila jok mobil anda berbahan dasar beludru, maka cara yang tepat untuk merawat jok mobil nya adalah dengan melepas jok mobil anda. Lalu semprotkan cairan pembersih pada bagian jok mobil anda yang terkena noda. Sikat bagian tersebut secara searah.

Lakukan pembersihan secara satu persatu pada bagian yang terkena noda secara bergantian. Setelah selesai, anda dapat membersihkan bagian tersebut dengan menggunakan lap kering. Lalu jemur jok mobil di bawah terik matahari.

Bila anda terlalu repot untuk melepas jok, anda dapat membuka semua pintu mobil setelah selesai membersihkannya. Bisa juga anda gunakan vacum cleaner (penyedot debu) untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada pada jok mobil anda.

Disarankan agar ber hati hati dan menghindari kotoran atau noda yang berasal dari tinta ataupun makanan berpengawet di jok mobil beludru anda. Noda jenis tersebut akan susah untuk dihilangkan dan butuh ekstra kerja keras untuk membersihkannya.

5. Membersihkan Debu Pada Jok Mobil

Cara merawat jok mobil yang berdebu yaitu dengan menghisap debu kering/basah pada jok mobil, anda dapat menggunakan alat Shop-Vac.

Mesin ini sangat kuat dan mampu menangani berbagai macam pekerjaan menghisap debu. Alat ini biasanya memiliki pipa panjang agar mudah digunakan ke bagian bagian yang sulit dijangkau dalam mobil.

Anda juga dapat menggunakan alat lepas-pasang yang terbuat dari plastik. Kebanyakan alat seperti ini memiliki bagian lepas-pasang yang terbuat dari plastik. Sehingga tidak akan menimbulkan resiko tergores dibandingkan jika anda menggunakan alat yang terbuat dari bahan metal.

Apalagi jika anda gunakan pada jok berbahan kulit atau vinil. Alat penghisap debu lepas-pasang ini sangat bermanfaat dan dapat digunakan menyikat dengan bukaan lebar berbentuk kotak.

Alat tersebut juga dapat menghisap debu di bagian celah sempit jok mobil anda sehingga debu yang melekat pada celah celah sempit jok mobil anda akan mudah dibersihkan secara maksimal.

6. Membersihkan Noda Bintik

Untuk membersihkan noda yang berasal dari tinta, anda dapat menggunakan hairspray atau obat gosok berbahan dasar alkohol yang dicampur air. Lalu semprotkan bahan ini ke noda dan serap dengan hati-hati menggunakan kain lembap. Usahakan agar tinta jangan sampai meluas ke bagian jok lainnya.

Untuk membersihkan noda minyak dan lemak, anda dapat menggunakan cairan pengencer cat dan kain katun. Tuangkan sedikit pengencer cat ke dalam cangkir dan tambahkan air selanjutnya celupkan ujung lap katun ke dalam cangkir dan gosokkan pada bagian yang terkena noda.

Cara lainnya taburkan sedikit garam atau cornmeal pada noda tersebut dan diamkan selama semalam. Kesokkan harinya, anda dapat membersihkan bagian ini dengan menghisap debunya.

Untuk noda kopi, encerkan dengan air dingin dan serap nodanya menggunakan handuk kertas. Oleskan sedikit pembersih lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit. Kemudian serap noda tersebut menggunakan kain, jangan menggosoknya agar tidak lebih meresap ke dalam jok mobil.

Anda juga dapat merawat jok mobil berbahan kain tenun anda dengan menggunakan sabun, Boraks, dan Pembersih berair hangat.

“Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Komponen Kaki kaki Mobil: Fungsi dan Tips Analisa Kerusakannya

Nah itu tadi berbagai cara merawat jok mobil yang dapat anda gunakan untuk membersihkan pada berbagai jenis jok mobil. Semoga informasi di atas dapat membantu anda. Selamat mencoba. (br)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.