Interior mobil sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Bahkan beberapa pemilik mobil rela melakukan modifikasi untuk interior mobil mereka agar semakin menarik. Slah satu yang tidak luput dari modifikasi adalah jok mobil.

Ya, ada beberapa yang mengganti bahan jok mobil agar semakin nyaman. Salah satu bahan yang sering digunakan yaitu jok berbahan kulit. Sebagai salah satu bahan yang sering digunakan untuk jok mobil, tentu bahan kulit mempunyai keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Untuk itu merawat jok mobil berbahan kulit agar awet dan tidak rusak sangat diperlukan. Sehingga, mau tidak mau Anda harus sedikit memahami cara merawat jok mobil berahan kulit agar kenyamanan tidak terganggu.

Sebelum kita membahas bagaimana cara merawat jok mobil berbahan kulit, ada baiknya jika kita mengetahui apa sih kelebihan dari jok berbahan kulit?

Jadi. Ada beberapa keunggulan dari jok mobil berbahan kulit. Pertama jok yang berbahan kulit tidak panas jika kita duduki. Dimana akan lebih memberikan kesan dingin. Selain itu, cepat melepas panas dibandingkan dengan bahan sintetis sehingga terasa lebih sejuk dalam keadaan bagaimanapun juga.

Keunggulan lainnya adalah jok berbahan kulit ini cenderung lebih awet. Namun, hal ini dengan catatan juga di ikuti dengan perawatan yang baik. Lalu, bagaimana cara merawat jok mobil berbahan kulit agar awet dan tidak rusak? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Cara Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit

Seperti kulit manusia agar selalu sehat selain makan-makanan yang bergizi dan pemakaian bodycare, jok yang terbuat dari bahan kulit juga membutuhkan beberapa perawatan. Perawatan jok berbahan kulit tidaklah susah, namun butuh dilakukan secara rajin dan juga hati- hati. Hati-hati disini seperti hati-hati dalam memilih cairan pembersih, hati-hati dalam penggunaan sehari-hari dan banyak lainnya.

Ya, ada metode yang praktis dan mudah dalam merawat jok mobil kulit yang bisa Anda praktikkan di rumah. Dengan cara perawatan seperti ini, tampilan permukaan jok kulit tetap terjaga dan tidak mudah rusak. Menariknya lagi, Anda juga tak perlu membawa kendaraan ke salon mobil untuk memperoleh perawatan khusus.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit
Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit (Sumber Gambar: Google)

Berikut adalah tips dari kami untuk merawat jok mobil berbahan kulit yang dapat Anda lakukan.

Memilih Cairan Pembersih Yang Tepat

Cara pertama dalam merawat jok mobil berbahan kulit adalah dengan menggunakan pembersih yang tepat. Pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta.

Hal ini disebabkan dalam penggunaan pembersih berbahan air dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar. Selain berbentuk pasta, pilihkah pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit tetap terlindungi dari resiko getas atau pecah – pecah.

Selain itu pilihlah cairan pembersih untuk jok kulit, usahakan merupakan bahan yang memiliki Ph rendah. Kesalahan dalam memilih cairan pembersih, bisa berakibat pada tampilan jok yang pudar dan jelek.

Menggunakan sabun bayi merupakan opsi yang terbaik dan bisa diperoleh dengan harga murah. Anda bisa memotong sabun bayi dan mencampurnya dengan air. Selanjutnya, cairan sabun bayi dapat digunakan secara langsung untuk membersihkan dan merawat jok mobil kulit.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit
Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit (Sumber Gambar: Google)

Menghindari Penggunaan Kain Kasar

Perawatan selanjutnya yaitu dengan menghindari penggunaan kain kasar. Menggunakan kain dengan permukaan halus merupakan cara merawat jok berbahan kulit yang harus Anda perhatikan. Kain yang mempunyai tekstur kasar dapat mengabrasi kulit atau merusak permukaan kulit itu sendiri.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda dapat menggunakan kain berbahan microfiber. Selain itu agar lebih maksimal jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu.Leather coating digunaka sebagai bentuk perlindungan tambahan. Saat ini sudah tersedia produk leather coating di pasaran, tapi sayangnya baru untuk kulit baru atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

Baca Juga: Tips & Trik: Dashboard Mobil Tetap Bersih Selama Tidak Digunakan

Cara Pembersihannya

Cara merawat jok mobil yang selanjutnya adalh dengan memperhatikan cara pembersihan jok tersebut. Selain memperhatikan pemilihan cairan dan kain, caranyanya pun tidak bisa sembarangan.

Untuk waktu perawatannya, Anda cukup membersihkan jok kulit jika kondisinya kotor saja, karena kalau cukup sering dibersihkan beresiko membuat warna kulit kusam. Sedangkan untuk peralatannya, Anda memerlukan vacuum cleaner, kain kering, serta kain lap yang biasa dipakai untuk membersihkan jok mobil. Tak lupa, Anda juga perlu menyediakan cairan pembersih khusus untuk jok mobil kulit.

Caranya adalah dengan membersihkan dengan vacuum cleaner. Tahapan ini diperlukan untuk menghilangkan kotoran yang ada di permukaan jok kulit. Apalagi, di area yang sulit terjangkau oleh tangan.

Lakukan proses pembersihan secara bertahap. Anda tidak harus menuangkan cairan pembersih ke seluruh bagian jok mobil, tetapi hanya pada area yang tengah dibersihkan. Hal ini sangat penting karena cairan pembersih yang mengering dan tak segera diseka, bisa menimbulkan noda.

Proses pembersihan harus dilakukan dengan cara yang lembut. Jangan terlalu keras menekan permukaan jok kulit. Cara merawat jok mobil kulit yang terakhir adalah dengan melakukan pengeringan. Anda dapat menggunakan kain kering untuk membersihkan cairan yang ada di permukaan jok mobil kulit.

Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit
Merawat Jok Mobil Berbahan Kulit (Sumber Gambar: Google)

Perhatikan Barang Yang Ditaruh Diatas Jok

Cara merawat jok mobil berbahan kulit selanjutnya adalah dengan cara memperhatikan barang-barang yang ditaruh diatas jok. Artinya, jangan sembarangan meletakan barang-barang diatas jok.

Sepintas terlihat sepele tetapi jika ini dilakukan ketika jok kulit dan kertas brosur terpapar sinar matahari dan terkena panasanya matahari tulisan atau gambar yang tercetak pada brosur dapat berpindah di jok, dan membuat kabin mobil menjadi tidak sedap dipandang mata. Selain itu, jika brosur atau kertas itu basah, tulisan yang ada di brosur atau kertas tersebut pindah dan tercetak di jok kulit.

Baca Juga: Mengenal 7 Komponen Alternator dan Fungsinya

Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat jok mobil berbahan kain selanjutnya adalah untuk mengusahakan memarkirkan mobil di tempat yang tertutup atau tidak terkena sinar matahari langsung. Pengaruh sinar matahari langsung karena efek panas matahari dapat membuat jok kulit menjadi lebih cepat kering, getas dan pecah permukaan kulit joknya.

Itulah cara merawat jok mobil berbahan kulit yang perlu Anda ketahui. Lakukan perawatn secara rutin atau setidaknya jangan banyak debu yang menempel, sehingga usia jok lebih tahan lama. Selamat mempraktikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *