Tips Merawat Interior Mobil Agar Terlihat Baru

  • by
  • 6 min read

Merawat Interior Mobil – Siapa yang tidak ingin interior mobil selalu terlihat sperti baru. Interior mobil yang bersih dan terawat tidak hanya akan enak dipandang oleh mata, namun juga akan menimbulkan rasa nyaman ketika berada di dalam mobil.

Kenyaman saat berkendara tidak melulu tentang kondisi mesin yang baik, namun kebersihan interior mobil juga dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Membersihkan interior mobil bukan hanya membawa kenyamanan tetapi Anda yang menggunakannya juga terjaga kesehatannya.

Interior mobil yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik akan banyak menyimpan debu, kotoran, bahkan dapat menimbulkan bau yang kurang sedap selama di kabin. Hal ini tentu tdak baik untuk pernafasan. Apalagi jika kita sering berada di dalam mobil dalam waktu yang lama.

Ya, untuk itu kita harus merawat interior mobil. Sebab, sebagus dan sebaik apapun fitur pada kendaraan, apalagi jika sudah memodifikasi interior mobil tetapi tidak dibarengi perawatan berkala, kondisi interior mobil akan cepat rusak.

Sebab, komponen yang ada dalam interior pun akan terjaga keawetannya. Hanya saja Anda perlu tahu bagaimana cara merawat interior mobil yang benar. Mengingat setiap komponennya sangat bervariasi sehingga cara membersihkannya pun bisa berbeda-beda.

Merawat Interior Mobil

Merawat interior mobil dengan rutin tidak hanya membuatnya bersih dan terasa lebih nyaman, namun juga dapat menimbulkan kesan seperti baru. Lalu perawatan apa yang diperlukan agar interior terlihat seperti baru?

Berikut ulasan lengkap mengenai cara merawat interior mobil agar terlihat selalu baru.

Terkait:  Balik Nama Mobil: Berapa Estimasi Dana yang Harus Disiapkan?

Baca Juga: Kenali Jenis Filter Udara Mobil dan Harganya

Membersihkan Plafon Mobil

Membersihkan plafon mobil juga merupakan cara merawat interior mobil. Eum, kira- kira seberapa sering Anda membersihkan plafon mobil? Sama seperti bagian mobil lainnya, langit-langit mobil juga perlu mendapatkan perlakuan khusus. Sebab, sisi atas bagian dalam mobil ini cenderung menyimpan debu.

Untuk membersihkan bagian plafon mobil, maka caranya disesuikan dengan bahan plafon mobil Anda masing- masing. Sebab, masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Bahan yang digunakan adalah bahan beluduru atau fabric.

Apabila plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka Anda harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus. Sedangkan untuk plafon berbahan beludru Anda perlu menggunakan air terlebih dahulu.

Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih. Jangan langsung menggunakan air karena akan membuat lapisan bludru menyerap air dan menjadi bau.

Merawat Interior Mobil
Merawat Interior Mobil (Sumber Gambar: Google)

Merawat Bagian Jok Mobil

Merawat bagian interior maka Anda tidak dapat terlepas dari merawat bagian jok mobil. Mengingat akan banyak kotoran pada jok mobil jika jarang dibersihkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa jok mobil juga terbuat dari berbahan yang berbeda.

Sehingga Anda perlu memberhatikan jenis bahannya. Pastikan membersihkan bagian-bagian jok yang agak sulit dijangkau seperti sudut-sudutnya agar jok bersih tanpa kotoran kecil apapun.

Bersihkanlah dengan kemoceng atau lap kering untuk menghilangkan debu atau remahan makanan yang jatuh. Apabila bagian jok terdapat noda Anda harus membersihkan dengan cairan sabun kemudian menggosok perlahan dan keringkan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jok menggunakan lapisan vinyl.

Apabila jok mobil menggunakan bahan yang sulit dibersihkan seperti kulit maka Anda harus menyediakan cairan pembersih khusus. Hindari membersihkan jok kulit dengan air deterjen karena akan merusaknya.

Terkait:  Cara Mengenali Shockbreaker Mobil Rusak

Membersihkan Bagian Dashboard

Meskipun terlihat sepele namun Anda tetap perlu membersihkan bagian dashboard mobil. Ya, merawat interior mobil berarti bagian dashboard juga termasuk. Cara membersihkannya juga tidak sulit, kamu bisa menggunakan kemoceng atau kain lap.

Saat menggosok, tidak perlu keras-keras, gosokan yang keras akan menimbulkan baret di dashboard. Jangan lupa bersihkan juga bagian setir mobil yang menempel di dashboard. Setir harus selalu dijaga kebersihannya karena mudah terpapar bakteri melalui tangan.

Merawat Interior Mobil
Merawat Interior Mobil (Sumber Gambar: Google)

Membersihkan Kaca Jendela

Merawat interior mobil yang selanjutnya adalah dengan memastikan kebersihan kaca jendela mobil. Ya, pastikan bagian luar dalam maupun luar jendela selalu dalam keadaan bersih. Cara membersihkannya adalah menggunakan air dan juga kain lap.

Khusus bagian depan Anda dapat membersihkannya ketika mencuci mobil. Sedangkan bagian dalam Anda dapat membersihkannya dengan cairan khusus pembersih kaca. Gunakan juga kain yang halus sehingga tidak menimbulkan goresan yang merusak kaca.

Cek juga apakah wiper bekerja dengan baik dan air wiper dapat membersihkan kaca depan. Selain kaca samping dan depan, Anda juga harus membersihkan kaca spion dalam mobil. Kaca ini berfungsi untuk melihat area belakang mobil jadi fungsinya harus setiap saat dicek dan juga dibersihkan.

Membersihkan Karpet Mobil

Merawat interior mobil yang selanjutnya adalah dengan memastikan karpet mobil juga bersih. Menggunakan karpet mobil tidak hanya mempercantik kabin, namun karpet juga memiliki fungsi untuk kotoran seperti pasir, air, sisa-sisa makanan tidak langsung jatuh dan mengotori mobil Anda, tapi dihalau dulu oleh karpet mobil.

Cara membersihkannya yaitu mengeluarkan karpet kemudian mencucinya secara terpisah. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan semua lumpur yang berkerak. Kemudian pada bagian bawah karpet gunakan mesin vakum untuk menyedot semua debu bahkan kerikil.

Terkait:  Lamborghini Huracan Performante Spyder 2018! Peraih Supercar of the Year!

Jangan lupa juga untuk membersihkan pedal di tempat pengemudi. Gunakan sikat gigi sebelum Anda menggunakan mesin vakum. Sikat area yang berkerak sampai bersih kemudian keringkan. Baru setelah itu pasang kembali karpet yang sudah kering.

Merawat Interior Mobil
Merawat Interior Mobil (Sumber Gambar: Google)

Memastikan Kebersihan Ventilasi AC

Agar mobil terasa nyaman, maka Anda juga perlu memastikan kebersihan lubang ventilasi AC. Ya, hal ini dapat Anda lakukan sekaligus membersihkan dashboard mobil. Sebab, Ventilasi AC yang kotor dapat menyebarkan virus dan bakteri jika tidak dijaga kebersihannya.

Cara membersihkan lubang ventilasi AC bisa menggunakan kemoceng. Bisa juga menggunakan kanebo yang yang telah dibasahi dan diperas. Tujuannya agar kotoran yang berkerak dapat terangkat.

Menggunakan Pengharum Mobil

Menggunakan pengharum mobil juga merupakan salah satu cara merawat interior mobil. Pilihlah pengharum ruangan yang sesuai dengan selera Anda atau selera yang umum disukai. Letakkan pewangi ini di atas dashboard atau digantung di kaca spion dalam.

Gantilah pengharum mobil ini ketika sudah tidak lagi mengeluarkan aroma yang wangi. Selain pengharum mobil, Anda juga bisa menggunakan aksesori mobil penjernih udara. Dimana penjernih udara mampu menetralisir partikel debu kecil seperti alergen, serbuk sari, dan virus pada udara.

Selain itu, terdapat juga deodorizing filter dan plasma lonizer yang berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Baca Juga: Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Benar

Itulah tips merawat interior yang dapat Anda lakukan agar kabin mobil selalu nyaman. Ketika Anda tidak merawat interior mobil dengan baik, tentu kerugian akan dirasakan. Kerusakan yang terjadi pada bagian interior mobil membutuhkan perbaikan yang cukup mahal. Jadi pastikan bahwa Anda sudah rutin membersihkannya dengan baik dan benar.

Jadi, jangan abaikan merawat interior mobil, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *