Merawat gear sepeda motor adalah sebuah keharusan. Mengingat komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting. Terlebih gear adalah komponen yang bekerja keras untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang untuk menggerakan seluruh bagian motor, khususnya pada tipe bebek dan sport.

Seiring usia pemakaian, kinerja komponen ini akan berkurang. Karena itu, penting untuk melakukan perawatan agar gear dan rantai selalu dalam performa terbaiknya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya merawat dan membersihkan gear agar fungsinya tetap optimal.

Untuk itu kami sudah rangkumkan beberapa tips mudah merawat gear sepeda motor untuk Anda. Selamat membaca.

Cara Merawat Gear Sepeda Motor

Ada beberapa tips mudah untuk merawat gear sepeda motor agar awet. Cara ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Hanya cukup meluangkan waktu yang mungkin tidak lebih dari 15 menit. Namun Anda iminta untuk rutin melakukannya. Tips tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Sepele Tetapi Menyebabkan Ban Motor Cepat Rusak

Membersihkan Gear Sepeda Motor

Dengan membersihkan gear sepeda motor secara rutin merupakan tindakan sederhana untuk merawatnya. Sama dengan rantai motor, bagian gear motor juga mudah kotor. Hal ini dikarenakan posisinya yang dibawah sehingga debu, air, bahkan lumpur akan mudah menempel.

Gear yang kotor akan mengganggu performanya, dimana komponen yang satu ini kurang prima. Maka dari itu, bersihkan komponen tersebut secara rutin. Jangan lupa selalu lumasi rantai setelah dicuci dengan sabun agar sambungan mata rantai tak kering dan cepat aus.

Oh ya! Ada hal yang perlu pemilik motor tahu. Bahwa air garam sangat tidak bagus jika terkena gear. Sehingga segera bersihkan sesegera mungkin apabila gear motor terkena air garam. Namun usahakan untuk menghindari kontak dengan air garam. Ya, intinya bersihkan gear motor secara rutin. Anda tidak harus melakukannya setiap hari. Akan tetapi jika kamu melakukannya secara rutin, itu jelas lebih baik.

Merawat Gear Sepeda Motor
Merawat Gear Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Selain dengan air garam, hindari juga kontak dengan air aki atau air bateri untuk merawat gear sepeda motor. Tetap selalu berhati-hati agar kejadian seperti ini terjadi perlu dialami. Air aki dapat mengubah karakteristik logam dan memicu keretakan. Jadi jika rantai atau gear sampai terkena air aki, pastikan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Melakukan Penyetelan Secara Rutin

Gear dan rantai motor adalah hal yang sepaket. Dimana untuk perawatn gear juga akan melibatkan rantai. Termasuk dalam penyetelan. Dimana tidak hanya rantai namun juga gear. Sehingga melakukan perawatn pada rantai juga merawat gear.

Gear motor dan rantai motor yang tidak terlihat kendur cenderung memiliki gaya gesek yang lebih rendah. Sehigga, gear jadi tidak cepat aus. Selain itu putarannya juga lebih lancar. Hasilnya, masa pakainya juga lebih maksimal.
Rantai yang terlalu tegang atau terlalu kendur menimbulkan resiko rantai putus atau terlepas dari mata gear. Hal ini jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Lakukan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala. Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30mm hingga 25-35mm.

Merawat Gear Sepeda Motor
Merawat Gear Sepeda Motor

Langkah perawatan rantai di atas bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama. Perlu diingat, gaya berkendara juga akan memengaruhi usia pakai gear dan rantai motor.

Memberi Pelumas Secara Berkala

Sama dengan rantai motor, gear motor juga perlu dioelsi pelumas secara berkala. Hal ini akan membatu gear bekerja secara lancar. Sehingga, pastikan untuk memberinya pelumas secara berkala.

Umumnya, gear membutuhkan pelumas ketika sudah mencapai jarak tempuh 500 hingga 600 km. Sebab, setelah menempuh jarak sejauh itu, biasanya pelumas motor akan berkurang.

Namun, meski belum mencapai jarak tempuh sejauh 500 atau 600 km, bukan berarti kamu tidak perlu memberi pelumas pada gear dan rantai motor. Apabila memang diperlukan, tidak ada alasan untuk tidak memberikan pelumas.
Terutama jika cuaca buruk. Misalnya saja setelah berkendara dalam hujan. Pelumas bisa saja terhapus oleh air hujan. Selain itu cuaca yang buruk juga memudahkan debu, air dan lumpur menempel.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya beri pelumas pada rantai dan gear motor. Kamu bisa melakukannya setelah membersihkannya dari lumpur ataupun kotoran yang mungkin saja masih menempel.

Menggunakan Sepesifikasi Sesuai Anjuran

Gunakan gear dan rantai asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Perubahan ukuran rantai dan jumlah mata gear akan berpengaruh pada performa motor.

Merawat Gear Sepeda Motor
Merawat Gear Sepeda Motor (Sumber Gambar: Google)

Jika Anda ingin melakukan modifikasi silahkan untuk meminta saran dari ahlinya. Sebab, ukuran gear yang tidak sesuai akan menimbulkan efek atau masalah lainnya. Namun, agar gear awet dan dapat menunjang performa motor, maka tetap disarankan untuk mengganti gear dengan spesifikasi aslinya.

Mengganti Gear dan Rantai Secara Bersamaan

Tips merawat gear sepeda motor yang terakhir adalah dengan mengganti gear dan rantai secara bersamaan. Jika harus mengganti komponen tersebut, maka lakukan penggantian gear dan rantai secara bersamaan karena usia pakai ketiga komponen tersebut adalah sama.

Jika performa motor terasa mulai menurun, jangan ragu untuk melakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel resmi atau konsultasikan setiap permasalahan yang terjadi ke mekanik berpengalaman di bengkel resmi terdekat.

Gear adalah sebuah salah satu perangkat yang menyalurkan tenaga yang dihasilkan mesin. Biasanya, rasio ukuran gearnya telah disesuaikan. Gear dan rantai adalah pasangan komponen atau satu set. Sehingga, ketika membersihkan bagian gear jangan lupa untuk membersihkan bagian rantai.

Baca Juga: Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Tidak Cepat Putus

Ketika dua komponen ini terawat dengan baik, maka performa laju motor juga akan baik. Tidak memrlukan alat yang berlebihan dan dapat dilakukan dirumah. Jadi, jangan lupa untuk merawat gear sepeda motor Anda.

Motor yang terawat dengan baik tentunya memiliki masa pakai yang lebih panjang. Karena itu, pastikan supaya kamu memberi perawatan yang tepat pada kendaraan, termasuk di bagian gear dan rantai motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *