Merawat Cat Mobil Tetap Bagus – Tidak hanya mesin mobil yang mengalami penurunan performa ketika usia mobil semakin bertambah, cat mobil juga semakin pudar ktika usia mobil semakin bertambah. Sehingga pemilik mobil perlu memperhatikan sejumlah hal agar warna cat mobil tidak cepat memudar. Sebab, warna mobi dengan kwalitas terbaikpun akan cepat pudar apabila tidak diperhatikan secara khusus oleh pemilik kendaraan.

Ada dua faktor yang menyebabkan warna cat mobil cepat mengalami pudar. Faktor yang pertama kusam atau kotor karena belum dicuci dan faktor yang kedua adalah memang tampilan cat mobil yang sudah pudar sehingga tampak kusam. Akibat dari warna mobil yang memudar akan sangat berpengaruh terhadap tampilan mobil. Selain itu, kita Anda akan menjual mobil, dapat menyebabkan penurunan harga.

Bagi Anda yang memiliki anggaran lebih mungkin dapat melakukan cat ulang atau perawatan ke bengkel. Lalu bagaimana jika tidak ada anggaran untuk perawatan body mobil untuk cat?. Tenang, Anda dapat menjaga cat body mobil Anda tetap cantik tanpa mengeluarkan biaya. Yaitu, dengan cara memperhatikan saat penggunaan sehari- hari.

Hal- hal yang harus diperhatikan ketika penggunaan sehari- hari untuk mejaga cat mobil sangatlah mudah dan tanpa biaya. Sehingga, hanya diperlukan kemauan untuk melakukannya. Berikut adalah cara menjaga cat mobil agar tetap bagus.

Merawat Cat Mobil Tetap Bagus

Cara paling mudah untuk melakukan perawatan adalah dengan rutin mencuci atau mengelap sebelum mobil akan digunakan. Jika memiliki uang lebih, Anda dapat secara rutin mendatangi penyedia jasa pencucian. Namun, masih ada beberapa hal yang harus Anda hindari atupun lakukan agar cat mobil Anda tetap awet. Berikut adalah hal- hal yang harus dilakukan untuk merawat cat mobil tetap awet.

Perhatikan Tempat Parkir

Hal sederhana untuk merawat cat mobil adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang terkena sinar mathari atau UV dalam waktu yang lam dan sering juga dapat menyebabkan cat mobil pudar. Jadi, usahakanlah untuk tidak memarkirkan mobil secara sembarangan. Carilah tempat parkir yang teduh. Jika tidak menemukan tempat parkir yangteduh, Anda dapat menggunakan penutup atau sarung mobil untuk menutupi mobil Anda.

Memarkir mobil di tempat terbuka berisiko membuat warna mobil gampang memudar. Selain sinar matahari, faktor lain seperti kotoran, debu, hingga ranting pohon yang jatuh menimpa mobil bisa mempengaruhi kualitas cat. Jika terpaksa memarkir kendaraan di tempat terbuka dalam waktu cukup lama, sebaiknya gunakan sarung mobil.

Selain memperhatikan parkir pada siang hari, parkir mobil pada malam hari juga perlu diperhatikan. Bukan soal agar mobil Anda tidak dicuri, namun parkir sembarangan pada malam hari juga dapat menyebabkan cat mobil cepat pudar. Sehingga, Anda perlu memperhatikannya untuk merawat cat mobil Anda. Jauhkan memarkir kendaraan di tempat yang terbuka karena air embun dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat mengakibatkan body mobil Anda mengalami retak-ratak kecil. Pasang sarung mobil saat parkir untuk menjaga dari benda-benda yang dapat memudarkan cart mobol.

Baca Juga: Membeli Mobil Matic Bekas: 7 Tips Membeli Mobil Matic Bekas Yang Berkwalitas

Bersihkan Mobil Secara Rutin

Selanjutnya untuk merawat cat mobil agar tetap bagus adalah dengan rajin membersihkannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mencuci mobil secara rutin juga merupakan salah satu cara menjaga warna mobil tetap bagus. Bagi Anda yang mempunyai anggaran lebih, tentu dapat membawanya ke tempat khusus pencucisn mobil. Namun, apabila tidak ada anggaran maka mau tidak mau Anda harus mencucinya sendiri dirumah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda mencuci mobil sendiri. Seperti sabun yang digunakan maupun kain lap untuk membersihkan mobil. Sebab, hal ini juga dapat mempengaruhi warna mobil. Tips untuk mencuci mobil yaitu cucilah secara teratur. Mencuci mobi secara tertaur akan mencegah kotoran yang menempel terlalu lama. Sebab, kotoran yang terlalu lama menempel dapat mengurangi kilau cat mobil Anda.

Selain itu, cucilah mobil ketika sudah terlihat kotor. Hal ini akan seringterjadi ketika musim hujan datang. Apabila mobil Anda terkena air hujan jangan dibiarkan, langsung siram dengan air bersih lalu keringkan atau anda bisa mencucinya. Ternyata air hujan mengandung asam yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan cat mobil jika dibiarkan.

Selanjutnya perhatikan pula sabun maupun shampoo yang dignakan untuk mencucui mobil. Usahakanlah untuk menggunakan sabun maupun shampoo khusus mencuci badan mobil. Sebab, sahmpo mobil memiliki kadar yang telah disesuaikan untuk merawat cat mobil. Sehingga akan membantu menjaga warna mobil tetap bagus. Sebab, sabun atau shampoo tersebut telah disesuaikan kadarnya.

Jangan menggunakan deterjen dan sabun colek untuk mencuci mobil. Sebab, jika dilakukan dalam waktu terus menerus maka akan mengakibatkan body mobil semakin tipis dan menjadikanya kasar. Selain itu, apabila menyuci mobil menggunakan sabun colek dan deterjen berdampak pada warna mobil yang tidak merata dan tidak terlihat bersih. Hal ini disebabkan karena kadar yang ada pada ditergen maupun sabun colek tidak dibuat untuk membersihkan mobil. Sehingga, akan menimbulkan efek tidak maksimal pada saat membersihkan mobil.

Selanjutnya untuk merawat cat mobil adalah perhatikan pula kain yang digunakan untuk membersihkan mobilPerlu diperhatikan bahwa pastikan bahwa kain yang digunakan untuk mengelap mobil harus memiliki tekstur yang halus atau tidak kasar. Kain yang memiliki tekstur kasar bisa merusak dan menggores kap mobil, sehingga catnya terkelupas. Sama seperti dengan sabun maupun shampoo mobil, kain membersihkan mobil juga telah tersedia secara khusus. Kain tersebut seperti chamois atau kanibo.

Apabila Anda tidak memiliki kain Chamois Otolovers, Anda dapat menggunakan kain lain yang berbahan halus dan lembut. Saat membersihkan body dengan kain lap Anda harus mongondisikan kain tersebut dalam keadaan bersih. Apabila kain tersebut kotor dapat mengakibatkan bekas-bekas noda dan bembuat warna cat terlihat tidak bersih. Sehingga, hasilnya tidak maksimal.

Baca Juga: Merawat AC Mobil Agar Tetap Menghasilkan Suhu Dingin Maksimal

Tips membersihkan mobil dengan kain lap selanjutnya yaitu memperhatikan body mobil. Jika body mobil dalam keadaan kering maka anda harus menyiramnya terlebih dahulu, banyak yang tidak mengetahui jika melap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Partikel debu dan kerikil yang menempel pada body mobil dapat menggores cat mobil. Memberi pelumas khusus body saat melakukan pengelapan dan tidak mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih, lakukan dengan teknik searah jarum jam atau memutar dari sebelah kiri ke kanan.

Itulah tips yang dapat Anda lakukan dalam keseharian Anda untuk merawat cat mobil tetap bagus. Tidak ada biaya perawatan berlebihan yang akan Anda keluarkan. Namun, butuh kerajinan dan konsisten dalam melakukannya. Sehingga, cat mobil Anda akan bertahan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *