Ban mobil merupakan alah satu kunci dari perjalanan yang aman dan nyaman saat perjalanan. Maka dari itu, pemilihan ban harus benar-benar diperhatikan begitu juga perawatannya. Merawat ban mobil agar awet tidaklah sulit. Dimana, ada 4 cara yang dapat Anda lakukan secara rutin sebagai bentuk merawat ban mobil.

Merawat ban mobil agar awet tidak hanya akan berdampak pada usia pakai. Namun juga akan berpengaruh pada kenyamanan Anda selama perjalanan. Tentu, Anda tidak ingin mengalami ban bocor atau ban meletus ditengah jalan bukan?

Ya, hal ini tentu akan sangat menyebalkan jika benar- benar terjadi ketika Anda melakukan perjalanan. Sehingga, merawat ban mobil tidak dapat Anda kesampaingkan.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet

Apabila satu dari empat roda mobil Anda bermasalah maka perjalanan yang telah kamu atur sedemikian rupa bisa rusak dan akan berpengaruh pada mood Anda. Masalah yang paling sering dialami mobil adalah ban botak atau gundul dan tekanan angin yang tidak seimbang. Artikel kali ini akan mengupas tuntas mengenai tips & trik dalam merawat ban mobil agar awet. Selamat membaca!

Baca Juga: Lampu LED Untuk Mobil: Apa Keunggulannya?

Memastikan Tekanan Angin

Pastikan bahwa tekanan angin dalam ban tidak berlebihan atau kurang. Ya, hal ini adalah perawatan ban mobil agar awet paling dasar yang harus senantiasa Anda pastikan sebelum mobil digunakan.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet
Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Lakukan pemeriksaan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Pastikan tekanan angin ban mobilmu sudah sesuai dengan yang direkomendasikan. Sebab, hal ini tidak hanya berpengaruh pada usia ban, namun juga akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara.

Pasti Anda merasakan ketidaknyamana ketika tekanan angin pada ban mobil ban tidak sesuai bukan? Jadi, pastikan untuk jangan sampai kurang atau lebih angin dalam ban. Apa efek pada ban ketika tekanan angin tidak sesuai? Tekanan angin yang tidak sesuai dapat menimbulkan kerusakan pada tapak ban.

Selain itu juga dapat menyebabkan permukaan tidak merata sehingga berpengaruh pada daya kendali dan pengereman mobil. Selain itu, memastikan agar setiap ban sudah terisi dengan tekanan yang dianjurkan menjadi penting karena kamu pasti tidak ingin sisi mobil tinggi sebelah atau kurang empuk saat berjalan.

Jika tekanan terlalu rendah, maka gesekan antara ban dan permukaan jalan akan semakin kuat dan ban pun akan lebih cepat panas, sehingga kemungkinan botak pun bisa lebih cepat terjadi. Sedangkan jika ban dipompa berlebihan, maka kemungkinan slip saat berjalan mungkin terjadi, karena permukaan ban yang menyentuh jalanan lebih sedikit.

Merotasi Ban Mobil

Cara merawat ban mobil agar awet yang selanjutnya adalah dengan merotasi ban mobil. Apkah Anda pernah melakukannya? Jika belum pernah, lebih baik segera praktikan. Lakukan pergantian posisi ban guna memperpanjang umur pemakaian ban. Tukar posisi ban mobil secara berkala.

Rotasi ban sebaiknya dilakukan tiap 7.500 hingga 10.000 kilometer. Caranya, menukar posisi dari keempat ban dari depan hingga belakang dengan cara menyilang. Ban depan lebih sering terjadi gesekan akibat rem saat mobil berbelok sehingga ban depan akan cepat gundul.

Sebelum permukaan ban rata, sebaiknya ban depan sering ditukar dengan ban belakang. Sebab, ban belakang hanya mengalami gesekan ringan hanya mengikuti laju mobil saja.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet
Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Setelah melakukan rotasi, jangan lupa untuk melakukan balancing pada ban. Ban juga perlu diseimbangkan agar mobil lebih nyaman saat dikendarai. Selain itu, meningkatkan kenyamanan mengemudi juga bisa dilakukan dengan spooring dalam jangka waktu tertentu.

Perhatikan Jenis Ban dan Kondisi Jalan

Seperti yang Ada ketahui bahwa ada banyak jenis ban mobil yang ada dipasaran. Dimana masing- masing jenis ban telah disesuaikan dengan medan mobil. Nah, tips merawat ban mobil agar awet yang selanjutnya agar awet adalah memastikan bahwa jenis ban mobil Anda sesuai dengan jalan yang Anda sering lalui.

Apabila medan atau jalan memang terlalu sulit, jangan paksakan kendaraan untuk melewatinya. Akan lebih baik kalau Anda memilih jalur lain yang lebih nyaman untuk dilewati. Selain itu, usahakan untuk menghindari lubang ketika berkendara.

Ya, tidak semua jalan mulus, bahkan pada jalan yang beraspal terkadang ada lubang yang mungkin biasanya Anda terjang. Jika ada lubang, maka Anda dapat menghidarinya atau jika tidak memungkinkan maka Anda dapat mengurangi kecepatan. Sebab menerjang lubang akan memebrikan efek ban mobil cepat rusak.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet
Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet (Sumber Gambar: Google)

Jika melintasi lubang jalan dengan kecepatan yang cukup kencang, tidak hanya ban yang rusak, tapi juga velg. Bahkan, hal itu bisa menimbulkan kecelakaan. Tidak semua jalan mulus dan sesuai harapan. Terkadang jalan yang kamu lalui ada kalanya lalui rusak dan berlubang.

Anda sebaiknya menghindarinya saat ada jalanan berlubang. Atau bisa juga dengan mengurangi kecepatan. Jika tidak akan potensi besar membuat ban rusak. Selain itu apabila memiliki ban dengan ukuran dan tapak standar, jangan paksakan untuk bermanuver melebihi kapasitas.

Kebiasaan seperti ini ternyata bisa membawa pengaruh buruk karet dan masa ban. Jadi sesuaikan jenis ban mobil Anda dengan kondisi jalan. Jangan paksakan medan ataupun melebih kapasitas jenis roda.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis Ban Sepeda Motor & Fungsinya!

Melakukan Perawatan Berkala

Cara terakhir yang kami rekomendasikan untuk merawat ban mobil agar awet adalah dengan melakukan perawatan berkala. Tidak hanya bagian mesin mobil saja yang perlu mendapatkan perawatan berkala, namun ban juga perlu.

Perawatan berkala yang paling dasar selain memastikan tekanan angin adalah memastikan kebersihan ban mobil itu sendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ban supaya keindahan mobil tetap terjaga. Jangan sampai bodi mobil terlihat kinclong, sementara ban dikotori oleh lumpur.

Lakukan pengecekan untuk memastikan apakah ada batu kerikil yang terselip di celah kembangannya. Lalu cek juga cek apakah ada lumpur yang menempel pada ban maupun vleg. Selain itu, Anda juga dapat membawanya ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang lebih rutin dan teliti.

Itulah 4 cara agar merawat ban mobil agar awet dan tidak mengganggu performa mobil Anda. Selain itu, dengan memastikan ban dalam kondisi baik, maka perjalananpun akan terasa lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *