Aki merupakan bagian motor yang memiliki fungsi penting. Sehingga, perawatan pada aki sangat diperlukan. Termasuk perawatn untuk aki jenis kering.

Cara merawat aki kering perlu diketahui oleh pemilik kendaraan. Sebab, perawatn aki tidak hany pada servis rutin, namun juga saat penggunaan keseharian. Sehingga, Anda harus mengetahui cara merawat aki kering pada motor pada keseharian.

Tujuan perawatan baik aki kering maupun aki basah sama. Dimana menjaga umur aki agar lebih panjang. Sebab, aki normalnya bertahan hingga dua tahunan. Namun, semakin bertambah usia aki maka performa motor akan semakin menurun.

Aki kering sendiri mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah.

Oleh karena itu aki kering dapat dikatankan bebas perawata dan tahan lama. Saat ini, kebanyakan motor sudah menggunakan aki kering. Namu, bukan berarti Anda hanya mebiarkannya begitu saja.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan motor. Sehingga, usia aki kering pada motor Anda akan lebih awet. Berikut adalah cara merawat aki kering untuk motor Anda.

Baca Juga: Persiapan Road Trip: 5 Tips Untuk Perjalanan Menyenangkan

Cara Merawat Aki Kering: Perhatikan Penggunaan Motor

Cara merawat aki kering pada motor yang paling dasar adalah dengan rutin menggunakan motor sebut. Maksudnya, jangan ada suatu waktu dimana motor tersebut digunakan terus- menur, namun ada suatu waktu juga motor tersebut tidak digunakan sama sekali.

Gunakanlah secra rutin. Meskipun Anda tidak menggunaknnya, Anda bisa gunakan sebentar sekitar 10 menitan untuk perawatan aki. Sebab, aliran listrik yang dihasilkan oleh aki berasal dari reaksi antara cairan elektrolit dengan pelat elektroda yang ada di dalamnya.

Apabila motor lama tidak digunakan akan menimbulkan reaksi antara cairan dengan elektroda tidak akan terjadi, dan aki tidak bisa menyuplai listrik untuk komponen motor. Sehingga, gunakanlah motor minimal 10 menitan agar hal ini tidak terjadi.

Cara Merawat Aki Kering
Cara Merawat Aki Kering (Sumber Gambar: Google)

Sebab motor yang sering digunakan maka secara otomatis kondisi aki akan lebih stabil. Namun, apabila memang motor jarang digunakan sebaiknya lakukan pemanasan mesin motor setiap harinya. Luangkan waktu sekitar 10 menit per hari untuk melakukan hal ini agar kinerja mesin dan aki tetap optimal.

Selain itu, saat pertama kali menyalakan motor dipagi hari, direkomendasikan untuk menyalakan motor dengan starter elektrik. Namun, jika kesusahan dalam menggunakan starter elektrik, jangan terlalu memaksakan pemakaiannya dan pilih menyalakan motor dengan kickstarter.

Cara Merawat Aki Kering: Perhatikan Pemasangan Aksesoris

Cara merawat aki kering yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan pemasangan aksesoris pada kendaraan kalin. Maksudnya tidak hanya pemasang aksesoris yang sesuai dengan kemampuan motor namun juga jangan berlebihan.
Sebab aksesoris yang menimbulkan beban listrik terlalu banyak akan merusak aki. Jadi, sangat disarankan untuk tidak menambahkan aksesori motor yang terlalu banyak. Apalagi, ketika aksesori-aksesori tersebut membutuhkan suplai listrik secara terus-menerus dari aki motor.

Oleh karena itu, ketika kamu ingin melakukan modifikasi tampilan motor, lakukan seperlunya. Pastikan bahwa penambahan aksesori tidak menimbulkan beban suplai listrik tambahan yang bisa mengganggu sistem kelistrikan motor. Bukannya memperbaiki, modifikasi seperti ini malah memperburuk performa motor.

Apabila Anda memang ingin menambahkan aksesoris yang membutuhkan daya listrik besar, ganti aki dengan edisi terbaru serta memiliki kapasitas lebih tinggi lagi. Namun, ada baiknya konsultasikan kepada teknisi yang ahli. Sehingga, tidak menimbulkan kerusakan.

Cara Merawat Aki Kering: Perhatikan Terminal Aki

Cara merawat aki kering yang selanjutnya adalah dengan melakukan cek rutin terhadap kedua terminal aki. Pastikan bahwa kedua terminal aki tersbut tidak memiliki kerak. Aki motor memiliki dua terminal yang berperan sebagai elektroda positif dan negatif.

Pastikan bahwa kedua terminal itu tidak memiliki kerak putih yang menutupinya. Sebab, jika sampai berkerak dapat menimbulkan gangguan pada suplai listrik dari aki menuju ke berbagai komponen lain. Apa penyebabnya munculnya kerak putih?

Cara Merawat Aki Kering
Cara Merawat Aki Kering (Sumber Gambar: Google)

Munculnya kerak putih pada terminal aki dapat muncul karena sambungan aki yang longgar. Apabila muncul kerak putih di terminal aki, perlu membersihkannya. Caranya mudah, cukup dengan menyiram air panas dan menyikatnya dengan sikat kawat.

Jadi jaga kebersihan aki pada motor Anda. Sebab kerak yang muncul diakibatkan kondisi aki yang tidak bersih.

Cara Merawat Aki Kering: Perhatikan Alternator

Melakukan pengecekan pada bagian alternator juga meruapakn salah satu cara merawat aki kering pada motor. Apa sih fungsi dari alternator dan apa itu alternator? Alternator pada motor biasa pula disebut dengan spul. Kegunaan utamanya adalah untuk menyuplai kebutuhan listrik AC.

Selain itu, alternator juga punya fungsi menyuplai listrik ke aki ketika pada tahapan pengisian. Apa masalah yang terjadi pada bagian ini? Biasanya alternator yang bermasalah adalah ketika aliran arus listrik tersebut tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan listrik motor saat dinyalakan. Hal ini terjadi baik saat dinyalakan dengan elektrik starter ataupun kickstarter.

Cara Merawat Aki Kering
Cara Merawat Aki Kering (Sumber Gambar: Google)

Permasalahan pada komponen alternator dapat diketahui ketika kamu menemukan adanya kondisi arus listrik yang tak stabil dari aki motor. Akibat dari komponen ini jika rusak adalah maka ada pengisian yang tidak normal. Aki akan bekerja ekstrak hingga lebih cepat soak.

Baca Juga: Merawat Aki Pada Mobil Yang Jarang Digunakan

Cara Merawat Aki Kering: Kebocoran Pada Aki

Cara merawat aki kering pada motor yang selanjutnya adalah dengan memSebab, eriksa ada tidaknya kebocoran pada aki. Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan secara rutin. Sebab, ketika aki bocor, problem yang dihadapi tidak hanya terkait sistem kelistrikan, tetapi juga menimbulkan permasalahan lain.

Cairan elektrolit yang ada di dalam aki kering merupakan cairan yang berbahaya dan bersifat korosif. Ketika terdapat kebocoran, cairan ini bisa terkena pada bagian rangka motor yang selanjutnya bisa berpengaruh pada kemunculan korosi.

Itulah beberapa cara perawatn aki kering pada motor yang perlu Anda perhatikan terhadap penggunaan sehari- hari. Hal- hal sederhana diatas jika dilakukan secara rutin dapat membantu menambah usia aki motor dan menjaga stamina motor agar tetap prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *