Langkah- Langkah Merakit PC Gaming Untuk Pemula!

Merakit PC gaming saat ini menjadi pilihan para gamers agar memiliki PC yang sesuai dengan spesifikasi mereka. Namun, merakit PC gaming utuh ketelitian, loh. Bagi pemula pasti akan sedikit membingunkan.

Perlu diketahui bahwa PC untuk bermain game memang didesain berbeda daripada PC biasa. Beberapa piranti memiliki spesifikasi khusus agar dapat memenuhi kebutuhan grafis yang diharapkan agar saat bermain game dapat berjalan lancar.

Merakit PC gaming menjadi solusi untuk Anda para gamer yang ingin mencoba game- game next game. Seperti yang kita ketahui, game-game keluaran 2020 ke atas memiliki grafis yang kualitasnya luar biasa banget.

Sehingga, Game baru ini perlu diimbangi dengan kualitas hardware yang setara pula. Maka dari itu, merakit PC gaming menjadi sebuah kebutuhan penting untuk para gamers saat ini.

Sayangnya, banyak yang belum terlalu familiar mengenai bagaimana cara merakit PC. Padahal PC gaming yang murah saja masih dapat mendukung keperluan game sampai beberapa tahun ke depan.

Merakit PC Gaming

Artikel kali ini akan memberikan tips untuk Anda para gamers dalam merakit PC gaming. Jadi, bagi Anda yang belum bisa membeli PS5, PC rakit yang murah dapat menjadi pilihan. Nah, agar Anda tidak bingung untuk merakit, berikut adalah langkah- langkah merakit PC gaming.

Baca Juga: Rekomendasi Seat Cushion Mobil Terbaik

Memasang Prosesor

Memasang prosesor adalah langkah pertama untuk merakit PC gaming. Jadi, tentukan terlebih dahulu prosesor yang Anda inginkan. Sebab dapat dikatakan bahwa komponen yang satu ini merupakan komponen paling penting di dalam sebuah komputer.

Untungnya, varian merek dari prosesor untuk dipertimbangkan hanya 2 yaitu Intel dan AMD. Anda harus memperhitungkan dengan jeli berdasarkan target dan bujet yang dimiliki. Nah, selanjutnya adalah cara memasangnya.

Pertama untuk memasang processor ke motherboard, Anda harus menentukan dulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard. Pada umumnya, patokan untuk memasang prosesor terletak di pojok yang ditandai dengan tanda titik atau lekukan.

Selanjutnya, angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka. Juga sudah berikan Thermal Paste secukupnya pada lapisan atas prosesor. Langkah selanjutnya adalah mnyesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, kalau sudah lalu tekan processor ke dalam socket hingga rapat. Terakhir dalam proses ini adalah memasang kipas atau fan di atas prosesor lalu kencangkan.

Merakit PC Gaming
Merakit PC Gaming (Sumber Gambar: Google)

Memasang RAM

Langkah selanjutnya dalam merakit PC gaming adalah dengan memasang RAM. Hampir sama dengan prosessor, Anda juga harus menentukan berapa besar RAM yang di butuhkan, clockspeed yang sesuai dengan motherboard, dan juga merek yang Anda pilih.

Mungkin RAM memang mudah untuk di-upgrade, tetapi kalau kamu sudah memperhitungkan dengan seksama RAM yang sudah dibeli bisa dipertahankan hingga bertahun-tahun lamanya. Bagimana cara memasang komponen yang satu ini?

Pertama Anda perlu membuka tuas penguncinya, lalu sesuaikan posisi lekukan pada modul memori dengan lekukan pada slot. Apabila sudah terasa pas lalu tekan dan pasang kembali tuas pengunci RAM tersebut.

Pasang Power Supply

Langkah selanjutnya dalam merakit PC gaming adalah dengan memasang power supply. Untuk komponen yang satu ini, Apabila Anda membeli power supply sendiri, maka Anda juga harus memasangnya di casing terlebih dahulu sebelum motherboard.

Langkah ini akan sangat memudahkan Anda ketika akan memasang motherboard nanti. Sedangkan cara untuk merakitnya yaitu meletakkan power supply pada tempatnya yang ada di belakang casing, lalu kencangkan posisi power supply dengan sekrup.

Nah, langkah selanjutnya tinggal merapikan setiap kabel konektor dari power supply agar mudah diatur.

Memasang Motherboard ke Casing

Langkah selanjutnya dalam merakit PC gaming adalah memasang motherboar ke dalam casing. Ya, dapat dikatakan bahwa pada tahap ini mungkin bagi pemula akan mengalami kesulitan. Jadi, perhatikan dengan betul arahan dari buku petunjuk yang ada pada pembelian motherboard agar tidak keliru pada saat akan memasang port.

Tahap pertama dalam merakit bagian ini adalah menghubungkan kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard. Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan paralel pada konektor di motherboard.

Merakit PC Gaming
Merakit PC Gaming (Sumber Gambar: Google)

Letaknya ada pada bagian belakang casing, dima ada lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Lalu selanjutnya adalah buka sekrup pengunci pelat tertutup lubang port lalu masukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekrup kembali.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah pasang kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard. Hal ini agar tombol power, reset, dan lampu indikator berfungsi maka Anda harus menyambungkan kabel konektor yang tersedia di casing komputer.

Motherboard atau yang lebih sering disingkat dengan MoBo ini juga cukup sulit untuk dipilih. Setelah menentukan prosesor yang sesuai pilih MoBo yang selaras dengan prosesor tersebut.

Untuk memilih moterboard diataranya adalah tersedia fitur overclock atau tidak, berapa banyak slot RAM dan VGA yang tersedia, include fan PC atau tidak, dan sebagainya.

Memasang HDD atau SSD

Proses selanjutnya dalam merakit PC gaming adalah memasang HDD atau SSD. HDD atau SSD yang akan sangat berperan penting dalam menyimpan semua file yang Anda miliki. Jika Anda menginginkan PC gaming murah, maka HDD saja sudah cukup karena akan menekan bujet yang kamu perlukan dengan lumayan banyak.

Selain itu Anda juga dapat mengkombinasikan HDD + SSD untuk mendapatkan performa maksimal. Namun jika ada budget lebih, maka Anda dapat memilih SSD. Nah, selanjutnya adalah cara merakitnya.

Pertama dengan meletakan HDD dan SSD pada tempat yang telah disediakan di casing, alu pasang sekrup supaya drive tidak lepas. Selanjutnya hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard.

Merakit PC Gaming
Merakit PC Gaming (Sumber Gambar: Google)

Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai secondary drive. Sedangkan Untuk konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan. Caranya dengan menyambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

Baca Juga: Siapa Takut Beli Mobil Warna Putih! Berikut Tipsnya Agar Mengkilap

Memasang Card Adapter

Langkah selanjutnya adalah memasang card adapter. Card adapter yang dimaksud adalah sound card, video card, modern, dan lain sebagainya. Untuk proses pemasangannya cukup mudah.

Yaitu dengan memasukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

Merapihkan

Langkah terakhir adalah merapihkan, yaitu dengan memastikan smeua komponen telah terpasang dengan baik. Pastikan juga bahwa setiap sokter dan kabel memang telah terpasang dengan baik agar aliran daya dari power supply akan dapat mengalir ke seluruh komponen.

Itulah langkah- langkah dalam merkit PC gaming. Ya, meskipun sedikit ribet, namun setidaknya Anda dapat memiliki PC gaming dengan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.