6 Manfaat Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil

Ban merupakan salah satu komponen mobil yang ternyata perawatannya susah susah gampang. Nah, salah satu perawtan pada ban mobil adalah dnegan menjaga tekanan angin pada ban. Seperti yang kita ketahui, bahwa tekanan angin pada ban tidak boleh berlebihan, namun juga tidak boleh kurang.

Namun, hal ini ternyata masih dibaikan oleh beberapa pemilik mobil, loh. Bahkan ada beberapa pengendara mobil yang tidak bisa merasakan jika mobilnya kekurangan angin, namun juga tidak rajin untuk mengeceknya setiap sebelum digunakan.

Padahal tekanan angin pada ban mobil sangatlah penting. Sebab, jika tekanan angin tidak sesuai hal ini dapat menimbulkan masalah, loh. Tidak hanya untuk pengendara namun juga pengendara di sekitarnya.

Manfaat Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil

Dikarenakan sangat penting untuk menjaga tekanan angin pada ban mobil, maka jangan sampai Anda mengabaikannya. Untuk tekanan ban yang ideal dapat dilihat di buku panduan kendaraan. Biasanya, tekanan ban depan mobil lebih tinggi daripada tekanan ban belakang mobil, karena ban depan mobil terlebih dulu menerima guncangan di jalan daripada ban belakang.

Dikarenakan sangat penting, produsen juga snagat memperhatikan hal ini, loh. Dimana tidak jarang pula produsen ban yang mengisi produknya dengan nitrogen, atau mencampurkan keduanya. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tekanan angin pada mobil stabil.

Baca Juga: Tips Agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh

Ada banyak manfaat dari menjaga tekanan angin pada ban mobil. Nah, artikel kali ini akan mengupas manfaat tersebut secra mendetail. Apa saja manfaat dari menjaga tekanan angin pada mobil? Berikut adalah ulasan lengkapanya!

Mencegah Pecah Ban Secara Tiba- Tiba

Manfaat menjaga tekanan angin pada ban yang pertama adalah dapat mencegah pecah ban secara tiba- tiba. Pecah ban secara tiba- tiba dapat terjadi jika tekanan angin pada ban kurang. Jadi, ketika kondisi ban dengan tekanan angin yang kurang akan menyebabkan defleksi atau perubahan bentuk.

Dimana perubahan bentuk akan terjadi dengan cepat dan berlangsung cukup lama, sehingga menyebabkan panas berlebih pada ban. Nah, apabila hal itu terjadi terus menerus, dapat mengakibatkan pemisahan pada lapisan ban, sehingga ban bisa pecah secara tiba-tiba.

Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil
Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Pengereman Lebih Baik

Manfaat selanjutnya dari menjaga tekanan angin pada ban mobil adalah dapat membantu pengereman lebih baik. Jadi, ban juga memiliki pengaruh dalam pengereman mobil. Dengan tekanan angin yang sesuai dengan beban, akan menghasilkan kontak area permukaan ban dengan jalan yang lebih luas, sehingga daya cengkeram dan kemampuan pengereman menjadi lebih baik.

Nah, lagi- lagi apabila tekanan angin rendah maka ini dapat mempengaruhi kinerja pengereman. Hal ini dapat terjadi karena tekanan angin yang terlalu rendah membuat daya cengkeram ban ke aspal ikut rendah.

Sebab tekanan angin yang tidak sesuai dengan beban akan menghasilkan kontak area yang sempit, pengurangan daya cengkeram, sehingga akan mengurangi kemampuan pengereman. Dampaknya, membuat proses pengereman akan jaul lebih panjang. Tentu hal tersebut sangat berbahaya ketika terjadi pengereman darurat yang bisa.

Usia Ban Akan Lebih Lama

Manfaat selanjutnya dari menjaga tekanan angin pada ban mobil adalah mempengaruhi usia ban mobil. Tentu, ketika tekanan angin sesuai dengan standar maka usia pakai ban mobil dapat bertahan lebih lama.
Jadi, ketika tekanan angin yang sesuai dengan beban akan menyebabkan telapak ban yang bergesek dengan permukaan jalan menjadi lebih merata pada semua bagian, sehingga memaximalkan umur pemakaian ban.

Sedangkan, tekanan angin yang kurang akan mengakibatkan keausan telapak ban terjadi lebih cepat pada bagian ujung telapak ban, sehingga umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh gesekan yang tidak merata di permukaan ban, ditambah lagi dengan beban dari kendaraan yang ada.

Tekanan angin lebih akan menyebabkan gesekan telapak ban dengan permukaan jalan hanya terjadi pada bagian tengah telapak ban, sehingga umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusnya.

Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil
Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Lebih Stabil Saat Mengemudi

Manfaat selanjutnya dari menjaga tekanan angin pada ban mobil adalah kesetabian saat mengemudikan mobil. Hal ini akan semakin terasa ketika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi atau saat melewati tikungan.

Jadi, ketika tekanan angin sesuai dengan beban, maka akan membuat dinding samping pada ban menjadi kuat untuk menahan gaya pada saat kendaraan menikung atau berpindah lajur. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan dinding samping pada ban menjadi lemah, sehingga pada saat menikung atau berpindah lajur, kendaraan menjadi kurang stabil.

Menambah Kenyamanan

Manfaat selanjutnya dari menjaga tekanan angin pada ban mobil adalah akan semakin membuat nyaman ketika mengemudikan mobil. Jadi, tekanan angin yang tidak sesuai, akan menyebabkan keausan tidak merata pada telapak ban.

Sehingga akan menimbulkan suara mendengung pada telapak ban. Hingga getaran kendaraan yang berlebihan yang pada akhirnya mengurangi kenyamanan mengemudi. Bila tekanan angin sesuai, tentunya gangguan tersebut tidak akan terjadi.

Memengaruhi Kecepatan Mobil

Manfaat selanjutnya dari menjaga tekanan angin pada ban mobil yang selanjutnya yaitu dapat memepngaruhi kecepatan mobil. Jadi, tekanan angin yang kurang atau berlebih akan membuat dapur pacu bekerja lebih keras untuk mencapai kecepatan sesuai keinginan pengemudi. Mempengaruhi perputaran ban dan cendrung melambat.

Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil
Menjaga Tekanan Angin Pada Ban Mobil (Sumber Gambar: Google)

Apabila kondisi ini dibiarkan, konsumsi bahan bakar pun akan berpengaruh. Mesin yang tidak berakselerasi secara optimal akan memerlukan lebih banyak pasokan bahan bakar. Tanpa disadari, mobil pun menggunakan lebih banyak bahan bakar dibandingkan biasanya.

Baca Juga: 5 Tanda Transmisi Mobil Matic Bermasalah!

Yups, beberapa manfaat menjaga tekanan angin pada ban mobil akan berdampak jangka panjang. Jadi, pastikan tekanan angin pada ban mobil sesuai, ya. Anda dapat melakukan pengecekan secara rutin.
Kondisi ban yang baik pada sebuah mobil, sebenarnya tidak hanya diperoleh manfaat keselamatan saja, tetapi juga manfaat ekonomis, serta manfaat kenyamanan.

Tekanan angin adalah merupakan faktor yang sangat penting yang perlu diperhatikan, karena tekanan angin mempunyai peranan tingkat pertama dari segi keselamatan. Tekanan angin yang tidak sesuai terutama jika kurang akan memepngaruhi kenyamanan saat berkendara. Nah, jadi jaga tekanan angin, ya.

Lia

Menulis pertama kali di orapada dimulai tangga 3 Juni 2020. Fokus penulisannya seputar informasi dunia otomotif. Khususnya Mobil, Motor dan life plus. Termasuk tips dan kiat aplikasi berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.