Sebagai pemilik kendaraan, terkadang kita meninggalkan kendaraan kita dalam waktu yang cukup lama. Ya, misalnya meninggalkan motor dalam waktu lama di garasi rumah untuk pergi liburan. Namun, taukah kalian jika ada hal- hal yang perlu kita lakukan sebelum meniggalkan motor dalam waktu lama?

Sepeda motor yang terparkir lama di rumah, tidak menjamin bebas dari masalah. Setidaknya bakal kotor, karena debu akan menempel makin banyak. Apalagi jika motor yang diparkir kerap terkena air hujan, maka dapat membuat beberapa komponen berkarat.

Dimana garam yang terkandung dalam air hujan dapat menyebabkan korosi. Untuk itu Anda perlu tahu bagaimana menjaga motor tetap bersih dan aman selama bepergian.

Persiapan Sebelum Meniggalkan Motor Dalam Waktu Lama

Hal- hal yang perlu dipersiapkan nantinya berhubungan dengan kualitas sepeda motor. Ya, ibaratnya barang- barang kita harus menyimpannya dengan baik, di tempat yang tepat agar awet meskipun tidak digunakan atau disimpan dalam wkatu yang lama.

 Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama
Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama (Sumber Gambar: Google)

Nah, hal ini juga berlaku bagi yang akan meninggalkan motor dalam waktu lama. Hal yang harus disiapkan dapat menjaga keawetan mesin, kondisi pengamanan bodi dan rangka, dan juga menjaga ban motor supaya tidak rusak selama ditinggal dalam waktu yang lama.

Berikut adalah ulasan kami mengenai hal- hal yang harus Anda persiapkan sebelum meninggalkan dalam waktu lama. Selamat membaca!

Baca Juga: Jenis Pelanggaran Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilakukan

Jaga Kebersihan Motor

Ketika akan meniggalkan motor dalam waktu yang lama, maka pastikan jika Anda telah membersihkan sepeda motor tersebut. Jadi, tinggalkan dalam keadaan bersih. Sebab, meniggalkan motor dalam kedaan yang kotor dapat menimbulkan korosi dan karat yang memicu adanya kerusakan pada beberapa komponen bodi motor.

Hal yang paling penting ialah dengan mencuci motor terlebih dahulu, pastikan kondisi dalam keadaan kering dan bersih ketika hendak bepergian. Gunakan produk pembersih yang memang dirancang khusus untuk permukaan sepeda motor.

Dan jangan gunakan semprotan air bertekanan tinggi, karena hal ini dapat merusak beberapa komponen. Selain itu, diselingi dengan memeriksa bagian-bagian motor yang mungkin mengalami keausan dan kebocoran oli atau kondisi rem yang mungkin bermasalah.

Melepaskan Aki Motor

Selanjutnya ada beberapa komponen yang perlu Anda lepaskan sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama. Komponen yang dimaksud adalah aki motor. Ketika motor tidak dinyalakan dalam waktu lama, maka secara tidak langsung pengisian listrik pada aki pun tidak terjadi. Sebab, apabila terus terpasang, listrik dari aki tetap akan terus tersedot.

Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama
Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama (Sumber Gambar: Google)

Pada beberapa jenis motor tertentu, akan akan tetap terkuras lantaran masih ada perangkat elektronik yang akti. Sehingga bisa saja aki tekor atau bahkan yang terparah bisa soak.

Jadi, usahakan untuk melepas aki supaya lebih hemat. Serta bisa di pasang kembali jika motor sudah hendak digunakan.

Cara melepasnya cukup mudah, tapi harus-hati-hati supaya terhindar dari tersetrum. Pertama copot dulu kutub negatif dengan menggunakan obeng. Kemudian disusul dengan mencopot kutub positif.

Jika aki sudah dilepas, jangan lupa untuk menyimpannya pada tempat dengan suhu ruang plus ventilasi udara yang baik. Tapi jika tidak ingin melepasnya, minimal melepas terminal negatif dari aki.

Periksa Kondisi Tangki Bensin

Sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama, Anda juga harus memriksa kondisi tangki bensin. Usahakan untuk meninggalkan motor dalam keadaan tangki bensin yang benar-benar penuh atau sama sekali kosong.

Jika menyisakan ruang yang cukup kosong pada tangki bensin, bensin akan menguap dan menimbulkan korosi apabila mesin jarang dihidupkan. Sebab ketika mesin motor tidak pernah dinyalakan, maka bensin pada tangki akan menguap serta menimbulkan dampak korosi atau berkarat.

Dampak yang paling umum ialah muncul karat didalam tangki, atau bahkan yang terparah hingga keropos. Jadi untuk menghindari hal tersebut, maka pilihannya dua yaitu isi full bensin atau habiskan bensin hingga benar- benar kering.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka anda pun akan lebih nyaman untuk berpegian atau meninggalkan motor.

Mengganti Oli Mesin

Sama dengan halnya bodi motor yang harus dipastikan kebersihannya, hal ini juga berlaku untuk oli mesin. Ya, sebeleum meninggalkan motor dalam waktu lama ada baiknya ganti oli dengan yang baru.

Meskipun mesin motor tidak menyala dalam waktu lama, akan tetapi semua komponen yang terdapat didalam mesin memerlukan perlindungan penuh.

Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama
Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama (Sumber Gambar: Google)

Bisa saja jika oli yang mengendap akan mengurangi tingkat kekentalan, sehingga bisa saja menjadi pemicu dari kerusakan komponen yang dimaksud. Sebagai salah satu tipsnya, ialah dengan mengganti oli mesin sebelum digunakan. Tujuannya dari mengganti olei menjadi yang baru adalah agar motor lebih mudah untuk dihidupkan kembali.

Perhatikan Tempat Parkir

Sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama selanjutnya adalah memperhatikan tenmpat parkir. Bisa dibilang bahwa tips yang satu ini paling sederhana dibanding yang lain. Pasalnya anda hanya dituntut untuk memperhatikan lokasi motor ketika hendak ditinggal.

Parkir atau simpan sepeda motor di tempat yang teduh dan beratap. Ini untuk menghindari cat motor terpapar langsung dengan sinar matahari. Jika ditempat terbuka, bisa menyebabkan pudarnya warna bodi motor.

Jika sudah demikian, sia-sia perawatan yang sudah Anda lakukan tadi. Kalaupun tidak punya tempat parkir tertutup, selimuti tubuh motor Anda dengan kain atau cover motor. Selain itu, tempat teduh dan beratap dapat menghindarkan motor dari air hujan yang bisa membuat bagian motor berkarat.

Akan lebih baik jika anda meninggalkan motor dibawah atap (bagasi), sehingga aman dari beberapa hal yang tidak di inginkan. Selain itu pastikan posisi parkir. Dimana ada baiknya jika Anda memparkirkan motir dengan standar tengah Hal ini untuk menjaga tekanan ban seimbang dan tidak berat sebelah jika di standar samping.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk Saat Berkendara Yang Perlu Ditinggalkan

Menggunakan Cover Motor

Terakhir sebelum meninggalkan motor dalam waktu lama adalah usahakan untuk menggunakan cover motor. Seperti yang kita ketahui, bahwa cover untuk kendaraan penting. Sebab, Cover ini mempunyai peranan yang cukup lengkap. Dari mencegah erpappar secara langsung dari matahari, mencegah dari debu, hewan seperti tikus, dan juga lebih aman dari sisi maling.

Sehingga cover membantu mencegah motor tetap bersih, atau untuk mencegah menarik perhatian orang. Akan lebih baik jika motor ditutup dengan cover kain atau yang lainnya. Dengan begitu, anda bisa meninggalkan motor tanpa harus berpikir yang tidak-tidak.

Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama
Meninggalkan Motor Dalam Waktu Lama (Sumber Gambar: Google)

Hal- hal diatas merupakan usaha menjaga motor Anda tetap baik selamana meninggalkan motor dalam waktu yang lama. Sehingga, saat akan digunakan kembali, motor Anda akan tetap terasa nyaman. Jadi, janggan asal meninggalkan motor dalam waktu lama tanpa persiapan apapun, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *