Mengusir cicak dari rumah? Mungkin untuk sebagian orang, mengusir cicak dari rumah begitu mengelikan. Bagi sebagian orang memang cicak adalah hewan yang menggelikan. Untuk itu, mungkin daripada disuruh mengusir cicak –cicak dirumah, lebih baik menyewa jasa untuk mengusir cicak dan mengeluarakn biaya.

Namun, ada sebagian orang yang juga tidak masalah ketika ada banyak cicak dirumahnya. Kalau kamu tim mana? Tim yang akan mengusir cicak dari rumah atau membiarkannya saja?.

Mungkin jika jumlah cicak di dinding rumah sudah terlalu banyak dan mengganggu pemilik rumah, cicak tersebut baru di usir. Tapi taukah kalian bahwa cicak mempunyai dampak buruk bagi kesehatan?. Cicak mempunyai beberapa dampak buruk bagi kesehatan manusia. Untuk itu, lebih baik mengusir secepatnya dari dinding –dinding rumah sebelum semakin banyak. Jangan tunggu sampai banyak baru diusir dari rumah.

Mengusir cicak dari rumah dapat dilakukan dengan cara alami. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, bahan –bahan dari cara alami ini juga mudah ditemukan. Kamu juga tidak perlu bersinggungan dengan cicak secara langsung. Jadi, bagi yang geli dengan cicak tidak perlu khawatir. Sebab cara alami mengusir cicak dari rumah ini tidak mengharuskan kamu memgang cicak.

Namun, sebelum membahas mengenai cara alami mengusir cicak dari dinding rumah, ada bainya mengetahui dampak negatif cicak pada kesehatan manusia.

Mengusir Cicak dari Rumah: Dampak untuk Kesehatan

mengusir cicak dari rumah

Meskipun dapat membantu mengurangi populasi nyamuk dan serangga, tapi keberadaan cicak di dalam rumah dianggap mengganggu oleh sebagian orang. Sebab, cicak seringkali mengeluarkan kotoran yang bisa saja jatuh di mana saja, termasuk furnitur rumah hingga di atas makanan.

Selain mengganggu ternyata cicak juga dapat menimbulkan penyakit. Karena cicak akan berkeliaran di berbagai tempat, termasuk tempat yang kotor, dan bukan tak mungkin setelah itu berkeliaran di meja makan. Sehingga, cicak dapat dengan mudah menularkan bakteri. Hal ini karena tubu dan air liur cicak menggandung bakteri.

Cicak membawa bakteri Escherichia coli atau lebih sering disebut dengan bakteri E.colidi dalam tubuhnya yang kemudian dapat membuat manusia terkena penyakit jika masuk ke dalam tubuh. Bakteri E-coli yang terkandung di dalam cicak, ketika masuk ke tubuh manusia maka akan berubah menjadi virus yang akan mengganggu kesehatan manusia.

Adanya bakteri E-coli dapat menyebabkan manusia mengalami gangguan pencernaan. Gejala yang terjadi biasanya perut terasa mual yang disusul dengan muntah, dan hilangnya nafsu makan. Bakteri ini ditularkan melalui makan yang telah disentuh oleh cicak dan dimakan oleh manusia.

Sehingga, kamu harus menutup atau menyimpan makanan dengan baik jika dirumah banyak cicak. Selain menimbulkan gangguan pencernaan, bakteri E-coli juga dapat menimbulkan gangguan kemih.

Gangguan yang bisa berakibat infeksi pada saluran kemih ini biasanya menyerang bagian kandung kemih dan urtera. Gejalannya dimulai dengan rasa demam dan buang air kecil yang terus menerus yang dapat berakibat menjadi dehidrasi. Selanjutnya biasanya orang akan mengalami rasa sakit di bagian kelamin ketika buang air kecil dan selalu merasakan buang air kecil yang tidak tertahankan.

Hal yang lebih parah lagi adalah bakteri E-coli juga dapat mengakibatkan radang selaput otak. Biasanya hal ini akan terjadi pada manusia dengan sistem imun lemah. Misalanya adalh seorang bayi. Jika menyerang bayi, dampaknya akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang bayi tersebut.

Gejalanya adalah kejang dan hilangnya nafsu makan pada bayi. Hal ini juga dapat terjadi pada orang dewasa yang mempunyai imun tubuh lemah. Walaupun presentasenya lebih kecil dibanding dengan bayi.

Dampak terakhir yang dapat ditimbulkan oleh cicak adalah gangguan pernafasan. Efek satu ini sedikit berbeda dari tiga efek sebelumnya. Perbedaanya ada pada cara penyebarannya. ika ketiga efek negatif sebelumnya tersebar melalui makanan yang manusia konsumsi, efek ini tersebar melalui hirupan udara.

Sisa air liur cicak yang tertinggal dan kemudian terhirup oleh manusia dapat berakibat terjadinya infeksi di bagian paru-paru. Gejala awal dari infeksi paru-paru biasanya adalah sulit bernafas, menggigil, dan tarikan nafas yang mendadak menjadi cepat dari biasanya.

Cara Mengusir Cicak dari Rumah

mengusir cicak dari rumah

Adanya dampak buruk bagi kesehatan membuat kita harus waspada. Jangan sampai makanan yang akan kita konsumsi disentuh oleh cicak. Jika jumlah cicak dirumah mulai banyak, sebaiknya mulai diusir dari rumah.
Banyak cara alami untuk mengusir cicak dari rumah. Selain itu, cara ini juga mudah dilakukan. Yang paling penting, kamu tidak perlu memegang cicak.

Bawang Putih & Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang bombay menjadi cara mengusir cicak dengan cara alami. Caranya, Anda cukup meletakkan beberapa butir bawang putih di beberapa area rumah. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan bawang putih dan bawang boombay jusa lalu menempatkannya pada botol dan menyemprotkannya ke area rumah.

Lada, Cabai Bubuk, & Cabai Kering

Selanjutnya kamu dapat menggunakan lada, cabai bubuk, dan cabai kering. Kamu bisa menggunakan salah satu dari ketiga hal tersebut untuk mengusir cicak dari rumah. Untuk lada caranya adalah taburkan bubuk lada hitam dan cabai bubuk di pinggir lantai atau dinding tembok. Selain itu kamu dapat menyemprotkan campuran lada atau cabai bubuk dengan air secukupnya.

Sedangkan untuk cabai kering kamu dapat menaruh beberapa buah cabai kering di beberapa area rumah.

Bubuk Kopi

Untuk mengusir cicak dari rumah, bubuk kopi perlu dicampur dengan tembakau. Fungsinya adalah sebagai racun untuk cicak. Campuran ini dapat berubah menjadi racun yang mematikan bila dikonsumsi oleh cicak. Kombinasi bubuk kopi dan tembakau ini sangat ampuh untuk mengusir cicak. Caranya adalah menaburkan bubk kopi yang telah dicampur tembakau ke ruangan.

Baca Juga: Jenis Rambu Lalu Lintas: Macam dan Makna Setiap Warna

Cangkang Telur

Cara mengusir cicak selanjutnya adalah menggunakan cangkang telur. Bau telur yang amis ternyata bisa membuat cicak menjauh. Selain itu, cangkang telur juga dapat memberikan kesan menakutkan bagi cicak karena dianggap lebih besar dari tubuhnya.

Gunakanlah cangkangnya saja, isinya dapat kamu gunakan untuk dimasak. Carannya adalah letakkan cangkang telur di bagian rumah yang sering didatangi cicak. Tak perlu mencucinya atau membersihkan sisa telur lebih dulu, biarkan bau telur menyeruak keluar. Cara ini akan membuat cicak menjauh, karena cicak sangat tidak menyukai bau telur.

Kapur Barus

Cara yang kelima adalah dengan menggunakan kapur barus. Selama ini kapur barus terkenal untuk mengusir serangga kecil dan hama. Namun ternyata, kapur barus juga ampuh mengusir cicak. Aroma aneh dari kapur barus akan mengalihkan perhatian dan pada akhirnya mengusir cicak.

Baca Juga: Memilih Masker Kain: Tips Menentukan Jenis Bahan yang Baik untuk Masker

Itulah tips untuk mengusir cicak yang dapat kamu lakukan dirumah. Sehingga tidak akan cicak yang menempel pada dinding rumah kamu. Sehingga, tidak akan ada yang buat kotoran sembarangan serta makanan juga aman ketika di simpan. Jadi, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *