Mengganti plat motor adalah rutinitas lima tahunan bagi pemilik kendaraan. Hal ini karena Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ( STNK ) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) hanya berlaku selama lima tahun. Setiap kita membayar pajak tahunan, akan ada pengesahan pada STNK dan TNKB.

Sehingga, ketika kolom pengesahan penuh maka saatnya untuk mengganti STNK dan TNKB. Dalam penggantian plat motor harus dilakukan secara rutin. Jika, tidak dilakukan penggantian dalam waktu lama, kepolisian akan menghapus data kendaraan tersebut. Ketika data sudah di hapus maka tidak dapat diregistrasi kembali yang berarti tidak dapat dioperasionalkan.

Prosedur dan syarat mengganti plat motor cukup mudah. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah adanya cek fisik kendaraan. Sehingga, Anda perlu membawa kendaraan Anda ke kantor Samsat.

Lalu, apa saja syarat dan prosedurnya ketika mengganti plat motor? Kira – kira berapa biaya dalam penggantian plat motor lama hingga dapat yang baru? Berikut adalah informasi yang mungkin Anda butuhkan sebelum datang ke Samsat terdekat untuk mengurus penggantian plat motor Anda.

Syarat Mengganti Plat Motor

Hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali ketika mengganti plat motor adalah syarat – syaratnya. Ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi. Dokumen adalah syarat mutlaknya, pertama adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi.

Selanjutnya yang perlu di persiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi. Pastikan bahwa nama pada KTP sama dengan nama yang tertulis pada STNK. Jika tidak sama, maka tidak dapat melakukan penggantian plat motor. Jika, pemilik kendaraan tidak dapat mengurusnya sendiri maka boleh di wakilkan. Dengan syarat harus ada surat kuasa yang resmi.

mengganti plat motor
Syarat Mengganti Plat Motor

Syarat selanjutnya ketika hendak melakukan penggantian plat motor adalah Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi. Membawa BPKB asli ini adalah hal yang sangat penting karena jika kamu tidak dapat menunjukkan BPKB asli, motor dapat dicurigai sebagai motor curian.

Selanjutnya, Anda harus membawa motor yang akan diganti plat nomornya. Karena nantinya akan dilakukan cek fisik motor. Jadi, harus diperhatikan juga fisik motor sebelum mengganti platnya. Patikan kondisi motor harus lengkap sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Itulah syarat – syarat yang perlu diperhatikan ketika mengganti plat motor. Jangan sampai tidak membawa dokumen tersebut ya, karena pasti pengajuan Anda akan ditolak.

Prosedur Mengganti Plat Motor

Tadi kita sudah bicara soal syarat, sekarang kita akan lanjut ngomongin soal prosedurnya. Sebenarnya, prosedur penggantian plat motor juga sangat mudah. Mungkin yang menjadi kendala adalah antrian yang panjang. Sehingga, perlu meluangkan waktu sebaik mungkin.

Hal pertama saat tiba di lokasi samsat adalah mendaftar di loket cek fisik kendaraan. Pastikan dalam tahap ini dokumen telah disipakn, sehingga akan mempermudah untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Ikuti arahan petugas untuk apa yang akan di lakukan selanjutnya.

Biasannya petugas akan memanggil untuk sama-sama melakukan gesek nomor mesin dan nomor rangka motor di kertas gesek yang sudah kamu bawa. Perlu diperhatikan, Anda tidak perlu memberikan uang saat proses pemeriksaan fisik ini berlangsung karena proses ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Prosedur selanjutnya mengganti plat motor adalah legalisir dan mengisi formulir. Terlebih dahulu Anda menyerahkan bukti pemeriksaan fisik. Setelah itu Anda akan di minta untuk mengisi formulir.

Pastikan mengisi formulirr dengan lengkap dan pastikan juga data yang Anda masukan benar. Karena, petugas akan melakukan pencocokan data pada tahap verifikasi. Jika sudah lengkap mengisi formulir, kamu bisa mengikuti proses berikutnya. Kamu juga tak perlu mengeluarkan uang di proses legalisir dan pengisian formulir ini, karena biayanya gratis.

Melakukan pembayaran adalah prosedur selanjutnya. Serahkan seluruh dokumen serta berkas cek fisik yang telah dilegalisir ke loket pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Perlu di perhatikan pula, bahwa Anda akan mendapatkan dua bukti pembayaran. Yaitu lembar putih dan lembar biru. Gunakan lembar putih untuk mengambil plat nomor baru dan lembar biru untuk mengambil STNK baru.

Setelah melakukan pembayaran, prosedur selanjutnya adalah mengambil STNK dan plat motor yang baru. Ketika megambil STNK dan plat motor yang baru, kita harus meneliti. Patikan Pastikan plat nomor sesuai dengan yang tertera di STNK baru kamu.

Itulah, prosedur dalam mengganti plat motor. Tidak ada yang rumit dalam prosedur mengganti plat motor. Kita hanya memerlukan kesabaran, karena banyak sekali orang yang mengganti plat motor, Sehingga, akan ada antrean di setiap prosedurnya. Biasannya antrean juga tidak sedikit. Jadi, luagkan waktu Anda jika ingin mengganti plat motor.

Biaya Mengganti Plat Motor

Biaya pergantian plat pada dasarnya berbeda – beda seperti halnya membayar pajak motor. Aplagi jika ada keterlambatan dalam mengganti plat motor. Akan ada denda yang akan di dapatka ketika terlambat mngganti plat motor.

Biaya tambahan juga di kenakan jika ingin mngganti plat motor dengan nomer yang unik atau cantik. Mengganti plat motor dengan nomer yang cantik dan unik biasa di lakukan. Namun, hal ini juga berimbas pada biaya yang di keluarkan.

mengganti plat motor
Mengganti Plat Motor

Selain mengganti menjadi nomer cantik, Anda juga bisa mengganti nomer dari genap ke ganjil atau sebaliknya. Untuk prosedur ini bisa ditanyakan kepada petugas. Karena banyak sekali permintaan mengenai hal ini di kota yang mempunyai kebijakan ganjil genap.

Anda juga bisa melakukan balik nama di Samsat tanpa tambahan biaya. Apabila membeli motor bekas maka dapat melakukan panggilan nama ini untuk mempermudah pembayaran pajak motor.

Meskipun biaya mengganti plat motor berbeda, Anda tetap dapat memperkirakannya. Biaya untuk STNK Baru sama seperti dengan biaya perpanjang STNK atau lima tahunan yaitu sebesar Rp. 100.000,00.

Selanjutnya ada biaya ganti plat nomer biayanya sebesar Rp. 60.000,00. Biaya BPKB baru sebesar Rp. 225.000,00. Namun ada hal yang perlu di perhatikan, yaitu biaya tersebut belum termasuk iuran SWDKLLJ atau asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja.

Bisakah Mengganti Plat Motor Di Luar Kota?

Meskipun tidak ada layanan online seperti membayar pajak tahunan di karenakan adanya tes fisik. Plat motor tetap bisa di ganti meskipun berada di luar kota. Syarat dan prosedurnyapun sangat mudah. Anda hanya perlu pergi ke kantor Samsat terdekat. Penuhi syarat dan prosedur yang telah di sebutkan di atas. Bedanya, Anda tidak dapat mendapatkan nomer plat motor baru Anda.

Anda hanya dapat melakukan pengecekan fisik dan dokumen. Setelah itu, Anda perlu mengirimkan dokumen tersebut ke tempat motor tersebut di daftarkan. Sehingga, Anda harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan nomer plat baru.

Hal ini karena Anda memerlukan waktu pengiriman dokumen serta pengurusan plat nomer motor di domisili Anda. Untuk pembayaran biaya mengganti plat motor pun dilakukan di domisili Anda. Sehingga, Anda benar – benar hanya melakukan tes fisik dan dokumen.

Syarat dan prosedur mengganti plat motor sangatlah mudah. Sehingga Anda dapat melakukannya sndiri tanpa menggunakan jasa calo. Selain itu, biaya mengganti plat motor juga sangat terjangkau. Justru akan semakin besar ketika telat mengganti plat motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *