Mengganti Lampu Motor – Lampu merupakan komponen penting dalam motor. Lampu motor berfungsi memberi penerangan dan juga tanda. Sehingga, akan sangat baha ketika lampu motir mati. Selain itu, Anda tentu akan terkena pelanggaran lalu lintas jika lampu motor mati.

Sehingga, pastikan bahwa lampu motor Anda menyala. Jika mati segera lakukan pengecekan. Apakah perlu diganti atau dapat diperbaiki. Selain lampu mati, lampu yang redup juga perlu mendapatkan perhatian. Sebab, Anda juga bisa mendapat teguran dari polisi lau lintas.

Jenis lampu motor sangat banyak. Salah satunya adalah lampu LED. Belakang lampu LED sangat populer digunakan pada motor. Bahkan, hampir semu motor mempunyai lampu LED bawaan dari pabrik.

Dengan menggunakan lampu jenis ini, kendaraan Anda akan terlihat lebih stylish, futuristik, dan menarik untuk dilihat terutama saat melakukan perjalanan di malam hari. Lampu LED umumnya akan memancarkan sinar berwarna putih, sehingga penerangan dari lampu kendaraan akan jauh lebih terang serta optimal. Lampu ini pun jauh lebih hemat listrik. Sehingga akan mengurangi beban penggunaan aki kendaraan.

Cara mengganti lampu motor dapat Anda lakukan sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti lampu LED yang mati. Sebab banyak komponen yang harus diperhatikan.

Sehingga Anda harus teliti untuk setiap komponen listrik yang ada. Jika ada yang salah ketika memasang lampu LED yang baru, maka dapat menimbulkan masalah. Seperti masalah terjadinya konslet, kerusakan, dan permasalahan komponen listrik lainnya.

Berikut adalah pembahasan mengenai hal- hal yang harus diperhatikan dan cara mengganti lampu LED.

Mengganti Lampu Motor LED

Adanya banyak komponen lstrik yang harus diperhatikan saat mengganti lampu motor model LED. Sehingga harus teliti saat menggantinya. Apa saja hal yang harus diperhatikan saat mengganti lampu LED?.

Mengganti Lampu Motor (Sumber Gambar: Google)
Mengganti Lampu Motor (Sumber Gambar: Google)

Hal yang pertama adalah pastikan menggunakan produk yang original. Produk yang original biasanya sudah sesuai standar yang telah diterapkan. Sehingga, akan terjamin kwalitasnya. Hal ini dapat mencegah umur lampu yang pendek dan juga konsleting pada lampu LED karena sandar dan kwalitas yang terjamin.

Selain itu, perhatikan pula daya lampu. Jika, akan mengganti lampu maka gunakan daya lampu yang sama ukurannya dengan lampu asli dai pabrik. Dengan daya yang berlebihan, akan menimbulkan panas dan berisiko mika (rumah lampu) serta reflektor meleleh. Jadi, ini akan sangat berbahaya jika kita menggantinya dengan daya yang lebih besar.

Hal yang harus diperhatikan adalah masih berhunbungan dengan daya lampu. Pahami juga pahami sistem kelistrikan dan kondisi aki yang prima serta siap menghadapi risikonya. Sebab, Aki bisa cepat soak karena beban penggunaan lampu LED yang terlalu besar. Proses modifikasinya pun kian rumit, sebab lampu LED cenderung punya ruang lebih kecil dibanding dengan bohlam biasa.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah perhatikan titik cahaya lampu. Hal ini agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Penerangan memang penting bagi pegendara. Terlebih saat mengendarai di malam hari.. Lampu yang redupakan akan mengundang bahaya saat perjalanan. Namun, cahaya yang terlalu terang juga akan membahayakan.

Untuk itu, saat hendak mengganti variasi lampu motor, ada baiknya perhatikan pengaturan titik cahaya lampu. Jangan sampai saat digunakan, justru mengganggu pengguna jalan lain. Itu sebab, pengaturan titik cahaya ini sebaiknya menyesuaikan versi pabriknya.

Cara Mengganti Lampu Motor LED

Setelah memastikan beberapa hal yang diatas, selanjutnya adalah cara mengganti lampu LED motor. Dalam prosesnya kalian juga perlu teliti. Berikut cara mengganti lampu motor.

Perlu diketahui bahwa biasanya kerusakan lampu LED terjadi pada LED SMD. Sehingga, lampu LED harus diganti dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya, Anda dapat mengecek solder bagian positif dan negatif. Siapa tahu lampu dapat menyala kembali.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah membukannya. Langkah pertama adalah bongkar lampu LED yang mati total tersebut. Eits… jangan asal bongkar. Ada tekniknya untuk membogkar. Untuk teknik pembongkarannya adalah dengan mencongkel body lampu. Lakukan dengan menggunakan obeng min atau langsung diputar dengan kuat maka body lampu bisa langsung terbuka.

Langkah selanjutnya jika lampu LED terbuka adalah perhatikan bagian dalam lampunya. Perhatikan apakah ada yang putus di bagian dalamnya. Jika ada yang putus maka itu adalah penyebab lampu LED mati total . Bagian alam lampu LED yang menyebabkan lampu tidak menyala. Biasanya LED itu diserikan artinya setiap LED saling terhubung satu sama lain. Jadi, jika LED putus satu maka LED lain tidak akan menyala.

Namun ada penyebab lainnya lampu LED mati. Penyebab lain lampu mati total adalah bagian driver atau mesin dalam lampu yang rusak karena suatu hal. Untuk tahap selanjutnya, anda lepaskan bagian LED nya dari lampu untuk memudahkan langkah perbaikan. Anda bisa menggunakan tang untuk menyabut LED dari lampu.

Kemudian anda harus mencari bagian LED yang sudah rusak atau terputus. Cara mencarinya adalah melihat tanda hitam yang berada pada LED. Jika sudah ketemu, anda lepaskan LED yang gosong atau rusak dengan menggunakan tang yaitu dengan menggoyang – goyangkan LED, jangan langsung mencabut LED untuk mencegah kerusakan lebih parah pada lampu.

Langkah selanjutnya adalah solder bagian kedua sisinya yaitu positif dan negatif. Setelah kedua sisi teegabung maka lampu bisa menyala kembali karena fungsinya sebagi jalur untuk menghidupkan sisi lain dari LED.
Terakhir, silahkan anda pasang kembali LED yang sudah diperbaiki ke body lampu. Anda harus hati – hati ya karena terdapat kutub negatif dan positif yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Jangan dulu pasang body lampu, sebaiknya anda tes lampu terlebih dahulu.

Baca Juga: Honda Astra Grand: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Motor Legend

Itu adalah jika lampu mati atau bagian driver atau mesin dalam lampu yang rusak karena suatu hal. Selanjutnya adalah jika lampu redup. Biasanya lampu redu padahal belum waktunya, maka biasanya ada masalah pada kabelnya.

Kabel mempunyai fungsi untuk menyalurkan daya dari sumber listrik ke lampu motor. Bila saluran kabel bermasalah, maka akan menimbulkan masalah pula pada lampu motor, seperti terlalu redup, atau mati. Kabel terkadang putus, meleleh, atau lapisan pelindungnya terkelupas. Periksa dengan seksama saluran kabel yang menyambung ke lampu depan, apakah ada saluran yang bermasalah atau tidak.

Baca Juga: Mengganti Lampu Mobil: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Bila ditemukan lokasi kabel yang memburuk, maka potong bagian kabel tersebut dan ganti dengan kabel khusus motor, dan yang berukuran sama. Bila kabel mengelupas, maka lepas pelindung kabel beberapa sentimeter lebih panjang. Lalu, gunakan pita listrik yang aman untuk membungkus kembali kabel tersebut. Usahakan untuk membungkus serapi mungkin agar tidak mudah kembali mengelupas. Selain itu, pertimbangkan untuk mengubah rute kabel agar tidak menggesek tempat yang sama dan membuat kabel kembali terkelupas.

Jangan mengendarai motor jika lampu mati terutama malam hari. Sebab ini sangat berbahaya. Tidak hanya berbahaya untuk Anda, namun juga untuk pengendara lain di jalan raya. Jadi, jangan lupa untuk mengganti lampu motor jika mati maupun redup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *