Mengganti Lampu Mobil – Bagi pecinta motomotif, memodifikasi kendaraan seperti mobil pasti menjadi hal yang menyenangkan. Berbagai bagian mobil dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan peraturan. Salah satu bagian yang sering diganti adalah lampu depan mobil.

Lampu mobil bagian depan memang sering di ganti. Entah itu dimodifikasi atau hanya sekedar mengganti daro bohlam menjadi lampu LED. Seperti belakangan ini, lampu LE memang menjadi trend sebagai lampu mobil.
Sebenarnya setiap kendaraan yang dikeluarkan oleh pabrikan telah dibekali fitur-fitur mumpuni yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kenyamanan dalam berkendara. Termasuk penggunaan jenis lampu untuk mobil.

Namun, selama penggantian lampu tidak melanggar aturan dan membahayakan itu masih dapat dilakukan. Salah satunya adalah penggantian lam[u mobil menggunakan lampu LED. Pemilik biasanya ingin mendapatkan kenyamanan lebih dalam berkendara.

Lampu LED merupakan komponen elektronik solid state, sehingga tahan terhadap guncangan dan mampu memiliki dimensi sangat kecil. Berarti praktis dari sisi penempatan yang tidak perlu ruangan besar.
Namun, tetap harus dipertimbangkan lagi ketika akan mengganti lampu mobil menjadi mengggunakan LED. Sebab, sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam mengganti lampu mobil. Kejadian terburuk, bisa menyebabkan hal yang fatal seperti terjadi korslet hingga kebakaran.

Sehingga pemilik mobil juga bisa melakukan konsultasi kepada orang yang tepat atau ahli dalam hal modifikasi lampu. Hal ini untuk menvcegah agar tidak terjadi kesalahan fatal yang dapat merugikan diri sendiri.

Teknologi LED (Light-emitting diode) sudah mulai banyak dipakai di lampu utama mobil baru atau bahkan disediakan oleh para merek aftermarket. Karena LED memiliki sejumlah keunggulan yang tidak ada di lampu halogen biasa. Sehingga tidak heran, banyak mobil yang saat ini menggunakan lampu LED.

Selain meminta saran kepada ahli, ada baiknay Anda mengetahui terlebih dahulu, sedikit mengenai kekurangan dan kelebihan lampu LED. Sehingga, Anda dapat menggunakannya untuk pertimbangan dan mendiskusikannya dengan ahlinya.

Berikut adalah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan lampu LED.

Mengganti Lampu Mobil: Kelebihan Lampu LED

mengganti lampu mobil
Tips mengganti lampu mobil-unsplash.com

Banyknya orang yang tertarik untuk menggunakan lampu LED pada mobil mereka, salah satunya adalah kelebihan yang banyak dimiliki oleh lampu LED. Beragam kelebihan yang dimiliki oleh sebuah lampu LED antara lain adalah usia pakai yang relatif lebih panjang, tahan terhadap guncangan, waktu respons lebih cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

Selain itu, masih banyak lagi keunggulannya. Keunggulan lainnya adalah harga yang terjangkau. Tentu saja dengan keunggulan yang telah disebutkan diatas, harga lampu LED yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga menjadi angin segar bagi para pemilik kendaraan untuk tetap bisa memberikan performa yang optimal pada kendaraan yang dimilikinya.

Keunggulan selanjutnya adalah konsumsi daya listrik yang kecil. Lampu LED hanya mengonsumsi daya listrik kurang lebih separuh daya dari daya yang dikonsumsi oleh Bohlam Standar. Meskipun pada dasarnya konsumsi daya yang lebih kecil, namun tingkat kecemerlangan yang dihasilkan oleh LED relatif lebih baik. Itu mengapa, lampu ini rmah lingkungan.

Lampu LED masih memiliki keunggulan lainnya. Keunggulan selanjutnya adalah cahaya yang lebih terang. Hal ini sempat kita singgung di point sebelumnya, dimana kwalitas cahaya yang dihasilkan lampu ini sangat baik. Selain itu, lampu LED juga memiliki kelebihan dimana cahaya lampu LED mampu terang maksimal seketika dalam waktu kurang dari sedetik.

Lampu LED memang relatif menghasilkan tingkat kecemerlangan yang lebih baik bila dibandingkan dengan bohlam halogen standard mobil. Berbekal cahaya lampu dengan tingkat kecemerlangan yang lebih baik, maka tentu saja akan memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam berkendara.

Keunggulan yang selanjutnya adalah tidak perlu modifikasi rumit seperti pemasangan lampu HID mobil. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para pemula untuk memodifikasi lampu mobil. Sebab, akan mudah mengganti lampu mobil.

Itulah beberapa keuntungan mengganti lampu mobil dengan LED. Namun, alangkag baiknya apabila bukan hanya keuntungannya saja yang dijadikan sebagai acuan pengambilan keputusan untuk mengganti lampu utama mobil dengan LED.

Mengganti Lampu Mobil: Kekurangan Lampu LED

Setelah mengetahui kelebihan dari lampu LED, selanjutnya adalah mengetahui mengenai kekurangannya. Sehingga, Anda akan lebih bijak dalam mengambil keputusan. Sehingga, Anda dapat mempertimbangkannya secara matang.

Kekurangan yang pertama akan kita bahas adalah cahaya putih relatif kurang maksimal saat hujan dan berkabut. Cahaya yang terang merupakan kelebihan dari lampu LED, namun akan beda lagi ketika hujan tiba. Cahaya yang dihasilkan tidak cukup kuat. Pada kedua kondisi tersebut, justru pencahayaan menggunakan LED akan membuat pandangan pengemudi menjadi bias.

Demi memberikan tingkat keselamatan dan kenyamanan berkendara yang maksimal maka hal ini perlu Anda cermati. Dan perhatikan dengan sungguh-sungguh sebelum memutuskan untuk mengganti Lampu Mobil dengan LED. Kekurangan selanjutnya adalah suhu panas.

Jadi, ketika menigkatnya suhu pada LED maka akan berdampak pada kwalitas cahaya. Dimana minerja akan menurun. Biasanya, suhu tinggi berasal dari ruang mesin atau dari LED itu sendiri. Tidak hanya mempengaruhi kinerja, umurnya pun berkurang. Jadi, kualitas LED ditentukan pada rancang bangun, material, proses produksi dan sistem kontrol kualitas pascaproduksi.

LED itu lampu tanpa gas & filament, saat ini telah mencapai 150 lumens/watt dan lampu model ini sangat sedikit menghasilkan panas searah gelombang cahaya, namun suhu panasnya timbul pada bagian belakang lampu.

Karena kinerja lampu LED akan tertanggu ketika panas., maka lampu LED dilengkapi dengan kipas. Ukuran kipas yang kecil dan mampu menjaga suhu dengan sangat baik. Namun kipas ini memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu, bilah kipas mudah kotor jika sering melewati jalan berdebu. Dari ketiga jenis ini, LED pendingin udara masih yang paling awet, tapi paling sederhana.

Baca Juga: Mobil City Car Terbaik: Bingung Memilih Mobil? Berikut Rekomendasi 2020

Namun kelemahan tersebut bisa dilangkan jika kita jeli dan tepat memilih lampu LED untuk mobil kita. Sebab, ketepatan pemilihan LED dapat dilihat berdasarkan satuan kevin.

Selain itu, kipas ini akan menghasilkan suara. Jika lampu LED dalam keadaan menyala maka dari luar mobil relatif dapat terdengar suara kipas tersebut. Terdengarnya bunyi kipas tatkala lampu LED ini tentu saja bisa memberikan efek berupa kebisingan. Yang mungkin saja bisa dirasa mengganggu bagi sebagian orang lain.

Namun bila Anda tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut, maka mengganti lampu mobil dengan LED tentu bisa Anda lakukan. Tentu sepanjang memang Anda telah mempertimbangkannya dengan masak-masak dan penuh kecermatan.

Baca Juga: Honda Astra Grand: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Motor Legend

Kelemahan selanjutnya adalah karet penutup rumah lampu belakang tidak dapat terpasang lagi atau bisa tetap terpasang dengan memperbesar diameter lubang pada karet penutup tersebut.

Kekurangan dan kelebihan lampu LED diatas dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan mengganti lampu mobil menggunakan LED. Tetap utamakan kenyamanan dan keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *